Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
33.541 views

Mustofa Nahra: Islam Jelas Tidak Dirugikan oleh Murtadnya Lukman Sardi

JAKARTA (voa-islam.com) - Kabar murtadnya Lukman Sardi, putera almarhum Idris Sardi yang juga aktor pemeran film tokoh pendiri Muhammadiyah berjuluk 'Sang Pencerah', film tersebut menggambarkan KH Ahmad Dahlan. 

Terkait murtadnya Lukman Sardi tentu ditanggapi beragam oleh beberapa pihak, baik keluarga maupun dari aktivis muda Muhammadiyyah, Mustofa Nahrawardaya.

Bahkan sang ayah Idris Sardi pun kecewa, sebagaimana diungkapkan istri almarhum Idris Sardi, Ratih Putri, menyatakan ayah Lukman sempat terpukul.

"Kecewa...wajar sebagai manusia biasa...mas Idris sedih karena Lukman adalah anak lelaki satu-satunya. Sebagai orang tua, tetap Lukman adalah pelita hati dan kami sayang sama Lukman," kata Ratih kepada BBC Indonesia.

Melalui akun Twitter Mustofa angkat bicara, ia membeberkan sikap dan kronologisnya terkait pemilihan aktor Lukman Sardi dalam film yang sejatinya menggambarkan tokoh besar Muhammadiyah ini.

Mustofa menyatakan peran Lukman Sardi cukup baik dalam film tersebut, "Lukman Sardi memang pernah jadi Pemeran KHA Ahmad Dahlan. Cukup baik saat jadi “Ahmad Dahlan”, Judul Filmnya “Sang Pencerah” besutan sutradara Hanung Bramantyo. Wajahnya bisa mirip sama KH Ahmad Dahlan." kicaunya.

Ia kemudian menambahkan bahwa pihak PP Muhammdiyah tidak ikut dalam seleksi casting artis, meski ia sempat mendengar kabar selentingan murtadnya Lukman Sardi, "Ketika ikut dalam seleksi Pemeran KH Ahmad Dahlan, sudah beredar kabar santer bahwa Lukman Sardi memang bukan muslim. Tetapi pihak @muhammadiyah tidak ikut cawe-cawe dalam menunjuk atau memilih atau menentukan aktor “Sang Pencerah”, Karena itu hanya Film. Dan dalam Film, yang penting pesannya sampai. Mungkin itu yang ada di pikiran Hanung." urainya lagi.

tetapi pihak @muhammadiyah tidak ikut cawe-cawe dalam menunjuk atau memilih atau menentukan aktor “Sang Pencerah”

Ia pun menjelaskan, "Maka dari itu, kami pun tidak pernah ngecek KTP Lukman Sardi apakah dia Islam, Kristen, Majusi atau Yahudi. Cuma Film. Namun ketika Film jelang Final, saya bersama Ketum PP Muhammadiyah pernah diundang untuk Preview dan lakukan banyak editing. Beberapa adegan dalam scene tertentu, terpaksa “diamputasi” karena tidak sesuai Nilai Islam yang dianut Muhammadiyah."

Beberapa Adegan Film Diamputasi Karena Tak Sesuai Dengan Nilai Muhammadiyah

Beberapa adegan dalam scene tertentu, terpaksa “diamputasi” karena tidak sesuai Nilai Islam yang dianut Muhammadiyah.

Mustofa kembali nge-twit soal adegan apa saja yang dianggap tak sesuai nilai Islam, "Namun ketika Film jelang Final, saya bersama Ketum PP Muhammadiyah pernah diundang untuk Preview dan lakukan banyak editing, Misal adegan Nyai Ahmad Dahlan berduaan sekamar dan bersentuhan dengan KH Ahmad Dahlan, terpaksa diamputasi."

Alasan editing adegan tersebut karena dinilai tidak syar'i, "Ya. Karena dalam kehidupan nyata, Lukman Sardi (Pemeran KHA Dahlan) dan Zaskia Mecca (Pemeran Nyai Ahmad Dahlan), bukan pasutri. Beberapa adegan lain, juga diamputasi. Misalnya KHA Ahmad Dahlan minum menggunakan tangan kiri. dihilangkan", terangnya.

Mustofa juga berkicau tentang banyaknya editing yang disinyalir akibat sutradara tidak paham nilai-nilai islam, "Dan banyak editing terkait film tersebut yang disebabkan karena sutradara tidak hati-hati dalam memahami nilai Islam di film,"

Polemik murtadnya Lukman Sardi

Mustofa Nahrawardayayang juga Koordinator Indonesian Crime Analyst Forum (ICAF) ini turut mengomentari polemik awal ramadhan terkait murtadnya Lukman Sardi.

Ia menegaskan bahwa Islam agama yang sempurna dan tak dirugikan dengan murtadnya Lukman Sardi, "Islam jelas tidak dirugikan oleh murtadnya Lukman Sardi, seandainya dia benar-benar Murtad. Silahkan saja. Lukman Sardi manusia biasa. Bisa sehat, bisa sakit, bisa tertawa, bisa menangis. Terserah dia mau memeluk agama apa. Jangankan Lukman Sardi. Presiden/Panglima TNI/Kapolri/Ketua DPR dll kalo mau murtad sekalipun, silahkan! gak akan dihalangi. " tegasnya.

Islam jelas tidak dirugikan oleh murtadnya Lukman Sardi, seandainya dia benar-benar Murtad. Silahkan saja

Islam menurut Mustofa Nahra terlalu besar jika disandingkan dengan Lukman Sardi, "Islam terlalu besar jika dibanding2in sama Lukman Sardi. Gak ada apa-apanya. Nanti kalau Lukman Sakit, paling juga ingat Islam. Belajarlah pada beberapa Public Figure yang lain, yang sudah wafat yang semasa hidup sok nyleneh, gak mau diingetin."

Kemudian ia mengutip ucapan Rasulullah SAW, "Rasulullah sudah menjamin bahwa Umat Islam (Umat Terakhir) adalah Umat Terbaik. Jika ada yang murtad, berarti itu pilihan dia. Di mata Allah, Artis, Pejabat, Ekonom, Panglima, Presiden…atau Pengamat, sama saja! tapi kalau murtad, jadi berbeda." imbuh dia lagi.

Ia pun menyindir melalui twitternya @mustofanahra, "Gak ada ceritanya, ada orang murtad trus dijamin masuk surga gara-gara pernah main di Film Sang Pencerah. NO!! Umat Muhammad ini akan menghuni Surga terlebih dahulu dibanding Umat yang lain. Kalau murtad, ya semoga masih ada tempat. Lukman Sardi, sebentar lagi ulangtahun. Usianya 44 tahun jika Allah SWT beri dia umur pada 14 Juli 2015 nanti."

Sebelum menutup kulwitnya, Mustofa meninggalkan pesan yang mendalam.

Ia mengatakan agar Lukman Sardi menengok rahasia ilahi di makam.  "Untuk Mas Lukman Sardi, selamat memeluk agama baru. Tetapi coba sekali-sekali pergilah ke makam. Ada rahasia di sana. Lihatlah di batu nisan, kenapa banyak yang hari lahir & hari kematian berdekatan. Kenapa bulan lahir & bulan kematian itu dekat. Bahkan ada beberapa batu nisan di makam, ternyata baik tanggal, bulan, dan tahun kematian itu sama persis." jelasnya.

"Hare gene kok masih ada orang murtad, berarti dia benar-benar tidak tahu sedang bermasalah dunia akherat. Salam. #Murtad."

Ia kemudian menutup kultwit dengan memberikan wejangan, "Banyak orang sadar tersesat dan mualaf ketika menjelang kematiannya. Namun ada pula yang tersesat justru di usia uzur. #Murtad. Saya dan keluarga patut bersyukur, karena menjadi Muslim sejak lahir. Insya Allah anak cucu nantinya juga tidak akan tersesat" tutupnya.

Banyak yang menyayangkan, namun ada pula yang membandingkan dengan masuk Islamnya Tyrese Gibson, rekan akting Paul Walker "Fast and Furious', Tyrese aktor mancanegara yang masuk Islam. [adivammar/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Bebas dari penjara ia taubat dan hijrah, tapi kesulitan pekerjaan. Saat ekonomi terjepit, datang tawaran bisnis haram dari sesama mantan napi. Ia butuh dana 7,5 juta rupiah untuk modal usaha...

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Latest News
Peneliti UNEJ: Melinjo Berpotensi Jadi Suplemen Cegah Covid

Peneliti UNEJ: Melinjo Berpotensi Jadi Suplemen Cegah Covid

Jum'at, 23 Oct 2020 14:14

Setahun Penuh Gaduh dan Demo yang Dirindukan

Setahun Penuh Gaduh dan Demo yang Dirindukan

Jum'at, 23 Oct 2020 13:30

Lima Cara Agar Generasi Bisa Berkualitas

Lima Cara Agar Generasi Bisa Berkualitas

Jum'at, 23 Oct 2020 11:55

Antisipasi Kriminalisasi, Dai Perlu Perhatikan Basis Data hingga Peraturan Perundangan

Antisipasi Kriminalisasi, Dai Perlu Perhatikan Basis Data hingga Peraturan Perundangan

Jum'at, 23 Oct 2020 11:32

5 Hal Untuk Diketahui Tentang Konflik Terakhir di Nagorno-Karabakh

5 Hal Untuk Diketahui Tentang Konflik Terakhir di Nagorno-Karabakh

Jum'at, 23 Oct 2020 11:00

Tanggapi Hasil Survey Indikator, Anis: Catatan Buruk Kinerja Pemerintah

Tanggapi Hasil Survey Indikator, Anis: Catatan Buruk Kinerja Pemerintah

Jum'at, 23 Oct 2020 10:56

Vaksinasi Dipercepat November, Politisi PKS Minta Seluruh Prosesnya Transparan

Vaksinasi Dipercepat November, Politisi PKS Minta Seluruh Prosesnya Transparan

Jum'at, 23 Oct 2020 10:38

Pasukan Azerbaijan Tembak Jatuh 7 Drone Armenia Dalam Tiga Hari

Pasukan Azerbaijan Tembak Jatuh 7 Drone Armenia Dalam Tiga Hari

Kamis, 22 Oct 2020 21:00

Seorang Imam dan 11 Anak Tewas Dalam Serangan Udara di Sebuah Masjid di Takhar Afghanistan

Seorang Imam dan 11 Anak Tewas Dalam Serangan Udara di Sebuah Masjid di Takhar Afghanistan

Kamis, 22 Oct 2020 20:15

Polisi Yang Memukul Polisi Dipukul Polisi #MumetKan

Polisi Yang Memukul Polisi Dipukul Polisi #MumetKan

Kamis, 22 Oct 2020 17:00

Serangan Udara Rusia di Idlib Suriah Tewaskan 5 Warga Sipil

Serangan Udara Rusia di Idlib Suriah Tewaskan 5 Warga Sipil

Kamis, 22 Oct 2020 16:15

Istighfar Membersihkan Hati dan Menyucikannya

Istighfar Membersihkan Hati dan Menyucikannya

Kamis, 22 Oct 2020 16:00

Wapres Azerbaijan Sebut Armenia Gunakan Teroris PKK di Garis Depan Nagorno-Karabakh

Wapres Azerbaijan Sebut Armenia Gunakan Teroris PKK di Garis Depan Nagorno-Karabakh

Kamis, 22 Oct 2020 14:45

Dewan Da'wah: Masa Depan Kejayaan Pendidikan Indonesia di Tangan Pesantren

Dewan Da'wah: Masa Depan Kejayaan Pendidikan Indonesia di Tangan Pesantren

Kamis, 22 Oct 2020 06:53

25 Pasukan Keamanan Afghanistan Tewas Dalam Penyergapan Taliban di Provinsi Takar

25 Pasukan Keamanan Afghanistan Tewas Dalam Penyergapan Taliban di Provinsi Takar

Rabu, 21 Oct 2020 21:15

Suriah Tuntut Keringanan Sanksi dan Penarikan Pasukan AS Untuk Pembebasan Tawanan Amerika

Suriah Tuntut Keringanan Sanksi dan Penarikan Pasukan AS Untuk Pembebasan Tawanan Amerika

Rabu, 21 Oct 2020 21:05

Islamic State Bobol Penjara di Kongo, Bebaskan Setidaknya 1300 Narapidana

Islamic State Bobol Penjara di Kongo, Bebaskan Setidaknya 1300 Narapidana

Rabu, 21 Oct 2020 19:15

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Pimpinan Ponpes Gontor KH. Abdullah Syukri Zarkasyi Wafat

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Pimpinan Ponpes Gontor KH. Abdullah Syukri Zarkasyi Wafat

Rabu, 21 Oct 2020 19:06

Turki Akan Kirim Bantuan ke Warga Sipil Azerbaijan Terdampak Pertempuran di Nagorno-Karabakh

Turki Akan Kirim Bantuan ke Warga Sipil Azerbaijan Terdampak Pertempuran di Nagorno-Karabakh

Rabu, 21 Oct 2020 18:55

Dilihat Sebagai Oposisi Terkuat, KAMI Akan Ditekan Terus

Dilihat Sebagai Oposisi Terkuat, KAMI Akan Ditekan Terus

Rabu, 21 Oct 2020 17:45


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X

Selasa, 20/10/2020 17:59

PKS: Setahun Jokowi, Semua Ambyar!