Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.132 views

Mungkinkah Indonesia Akan Bernasib Seperti Yunani Bangkrut?

ATHENA (voa-islam.com) - Mungkinkah Indonesia menjadi Yunani? Karena banyak faktor kesamaan antara Yunani dan Indonesia. Yunani bangkrut akibat utang menggunung, dan tidak mampu bayar.

Kondisi ekonomi Yunani saat ini punya total utang sekitar 360 miliar euro (Rp 5.000 triliun) dengan rasio utang pemerintah Yunani terhadap PDB negaranya adalah 155,3% .  

Indonesia juga memiliki hutang yang cukup besar, lebih dari Rp 3.000 triliun. Utang Indonesia cenderung terus naik, dan Indonesia semakin terbebani oleh utang.

Setiap tahun APBN Indonesia terus mengalami defisit, sekalipun pemerintah sudah menghapus subsidi BBM, yang mengakibatkan rakyat menjerit,  dampak dari kenaikan BBM.

Yunani tak bisa membayar hutang-hutangnya, bahkan puncaknya Selasa 30 Juni kemarin tidak mampu memenuhi deadline pembayaran hutang yang sudah jatuh tempo sebesar 1,54 miliar euro (Rp 22 triliun) ke IMF. Kemudian Yunani dinyatakan 'bangkrut'. 

Penyebab Krisis Yunani? 

Sebenarnya bagaimana krisis ini bermula ? Bagaimana Yunani bisa menumpuk hutang sebesar itu? Munculnya krisis ekonomi di Yunani ini, yang sebagian besar dimulai dari belasan tahun yang lalu. Karena terbukti sejak tahun 1993 sebenarnya, rasio hutang Yunani terhadap PDB sudah mencapai kisaran 100%. 

Tentu, faktor penyebab kehancuran ekonomi Yunani adalah korupsi. Siapa yang memberantas korupsi? Mengingat hampir semua aparat negara dan lembaga publik semuanya terkena getah korupsi. Tak yang kalis dari korupsi. Budaya sogok dan suap sudah seperti wabah.  Semua lapisan terkena wabah korupsi.

Yunani masih dipenuhi dengan  KKN sangat menggurita, dan tak tahu bagaimana ujungnya. Di Yunani terkenal  'sogok dan suap' uang pelicin saat ingin mendapatkan pelayanan ekstra dalam pengurusan ijin tertentu atau pelayanan publik. 

Hal ini diperparah lagi dengan orang-orang kaya yang menjadi pengemplang pajak begitu banyak, mereka beralasan karena korupsi masih banyak terjadi dimana-mana. Memang sektor pajak diindikasi paling banyak dikorupsi, bahkan sampai pada kisaran 30% dari total penerimaan pajak.  Persis seperti di Indonesia.

Renungkan dengan kondisi di Indonesia saat ini. Korupsi sudah sistemik, dan tidak ada yang kalis dari korupsi. Semuanya lembaga negara  terlibat dalam korupsi. Bahkan, elite partai politik menjadi 'biang' korupsi.

Sementara itu, supra struktur negara juga sangat korup. Krisis Yunani yang mengakibatkan negar itu bangkrut pasti berdampak secara global, termasuk Indonesia. Karena kasus dan fenomenanya sama.

Korupsi sudah menjadi wabah yang sangat membahayakan bagi negara Indonesia, dan tidak ada yang bisa menyembuhkannya. Semua terlibat dalam korupsi. Mereka yang menjadi pejabat berkolaborasi denga pengusaha, kemudian melakukan penjarahan uang rakyat. Rakyat dibiarkan mati secara perlahan-lahan demi kepentingan para pengusaha sebagai pemilik modal. (dita/dbs/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X