Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.032 views

Peduli Muslim Aleppo, Mahasiswa & Ormas Islam Yogyakarta Gelar Aksi Penggalangan Dana

YOGYAKARTA (voa-islam.com) - Gabungan aktivis Mahasiswa Muslim lintas pergerakan dan organisasi yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Muslim Yogyakarta (AMMY), bekerjasama dengan Angkatan Muda Forum Ukhuwwah Islamiyah (AM FUI) DIY menggelar Tabligh Akbar dan penggalangan dana untuk Aleppo pada hari Ahad (22/5).

Acara ini digelar selain untuk menggalang dana untuk saudara kaum Muslimin di Suriah, khususnya Aleppo, juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan keadaan yang terjadi terhadap saudara-saudara muslim di Aleppo yang dibantai sezim Syiah Bashar al-Assad, serta pentingnya kepedulian terhadap mereka sebagai wujud ukhuwwah islamiyah, dan tak lupa pula mengajak ummat waspada akan ideologi Syiah & Komunis. Selain itu, acara ini juga digelar untuk mempererat persatuan ummat, khusunya antara mahasiswa dan ormas serta laskar Islam se-DIY dalam menghadapi problematika ummat.

Tabligh Akbar ini digelar di Masjid Syuhada, Kotabaru, Yogyakarta, dimulai pada pukul 09.00, yang sedianya akan diisi oleh pemateri Ustadz Fahrurrozi Abu Syamil, Ust Umar Said, dan Ust Dr Okrisal Eka Putra, Lc. Acara tabligh akbar diawali oleh penayangan video mengenai kabar terakhir keadaan kaum Muslimin di Aleppo, kemudian dilanjutkan oleh ceramah oleh Ustadz Fahrurrozi Abu Syamil. Ustadz yang pernah menjadi relawan ke Suriah bersama Syam Organizer ini menjelaskan panjang lebar mengenai kekejaman yang dialami ummat Islam di Suriah, khusunya di Aleppo.

"Setiap hari, seitar 100-200 ummat Islam dibunuh oleh rezim Syiah Bashar al-Assad," papar Ustadz Fahrurrozi dalam cerahmah beliau.

Beliau juga mengugkapkan keprihatinannya terhadap sikap sebagian oknum umat islam Indonesia yang meragukan kebenaran berita pembantaian umat Islam di Suriah, diantaranya yang menganggap foto2 korban suriah sebagai kabar bohong atau hoax. Ustadz Fahrurrozi menegaskan bahwa foto-foto tersebut asli dan kebenaran mengenai berita tersebut diriwayatkan secara mutawattir oleh ratusan orang.

"Jika ada orang yang bilang kalau foto korban suriah itu hoax, editan photoshop, maka orang itu pasti belum pernah ke Suriah," ujar beliau dalam cerahamahnya.

Ustadz Fahrurrozi juga mengajak jamaah Tabligh akbar untuk peduli dengan penderitaan kaum Muslimin di Suriah untuk menginfakkan sebagian hartanya. Beliau mengungkapkan jika kita nanti akan dimintai pertanggungjawaban di hari akhir mengenai apa yang telah kita lakukan kepada saudara kita di Suriah.

Adapun Ustadz Umar Said mengawali ceramahnya dengan menyebutkan berbagai peristiwa pembantaian kaum muslimin sepanjang sejarah, diantaranya pembantaian Muslim Bosnia, pembantaian muslim Afghanistan oleh Komunis Sovyet, hingga pembantaian Muslim Poso & Ambon. Namun, orang- orang yang biasanya lantang teriak HAM selalu terdiam jika yang menjadi korban adalah kaum muslimin. Beliau menegaskan bahwa kaum Muslimin harus mempunyai kepedulian terhadap kaum muslimin lainnya, ibarat satu tubuh, jika satu bagian tubuh sakit maka bagian tubuh lainnya ikut merasakan sakit.

Beliau menekankan salah satu yang bisa dilakukan oleh kaum muslimin di Indonesia adalah shodaqoh. Beliau menyebutkan hadits bahwa barangsiapa yang membantu orang yang berjihad, maka ia akan mendapat pahala sebesar jihad, serta dalil Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 261 tentang keutamaan Infaq di jalan Allah.

Selain mengajak jamaah untuk berinfaq untuk Muslimin Suriah, ustadz yang juga ketua AM FUI ini juga membicarakan hadits akhir zaman yang menyatakan bahwa markas kaum muslimin di akhir zaman adalah sebuah tempat bernama Ghuthah yang ada di Suriah, serta koalisi Syiah - Komunis dalam melakukan kejahatan terhadap muslim Suriah.

Sementara itu, Ustadz Okrisal Eka Putra yang sedianya dijadwalkan sebagai pembicara, berhalangan hadir karena ada acara keluarga yang mendadak. Beliau pun digantikan oleh Ustadz Yoyok Atiq Waluyo, yang merupakan dosen UPN Veteran Yogyakarta. Di akhir acara Tabligh Akbar beliau menjelaskan secara ringkas kondisi suriah sebelum terjadinya konflik.

Meskipun persiapan acara ini cukup singkat dan hanya mengandalkan promosi di media sosial, jamaah yang datang sangat banyak hingga memenuhi ruang utama masjid, bahkan hingga ke luar serambi masjid. Tabligh Akbar ini digagas oleh Aliansi Mahasiswa Muslim Yogyakarta (AMMY) yang terdiri dari Jamaah Shalahuddin UGM, UKKI UNY, FSLDK (Forum Silaturrahmi Lembaga Dakwah Kampus), BKLDK (Badan Koordinasi Lembaga Dakwah Kampus), KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia), HMI (Himpunan Mahasiswa Islam), IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah), dan MPI (Mahasiswa Pecinta Islam), bekerjasama dengan Angkatan Muda Forum Ukhuwah Islamiyah (AM FUI) DIY yang terdiri dari puluhan ormas dan laskar Islam, diantaranya Majelis Mujahidin Indonesia (MMI), Harokah Islamiyyah, Gerakan Pemuda Ka'bah (GPK), Hamka, KOKAM, Teras Dakwah, PMJ (Pesantren Masyarakat Jogja), dll, serta didukung oleh MIUMI DIY dan Wanita Islam DIY.

Acara Tabligh Akbar dilanjutkan dengan shalat dhuhur berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan aksi longmarch dari Masjid Syuhada ke Tugu Yogyakarta. Pada aksi ini diwarnai dengan orasi dari perwakilan ormas Islam dan penggalangan dana kepada pengguna jalan.

Orasi dilakukan oleh perwakilan dari beberapa ormas islam dan lembaga dakwah kampus, yaitu Harokah Islamiyyah, Jamaah Sholahuddin UGM, UKKI UNY, IMM, #IndonesiaTanpaJIL, MPI, dan Majelis Mujahidin Indonesia. Dalam aksi damai ini juga  digelar penggalangan tanda tangan diatas kain putih. Aksi berlangsung tertib, dan diakhiri pukul 13.30, dilanjutkan dengan longmarch kembali ke Masjid Syuhada. [yn/syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Bebas dari penjara ia taubat dan hijrah, tapi kesulitan pekerjaan. Saat ekonomi terjepit, datang tawaran bisnis haram dari sesama mantan napi. Ia butuh dana 7,5 juta rupiah untuk modal usaha...

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Latest News
Kesetaraan Upah, Ilusi Kapitalis bagi Perempuan

Kesetaraan Upah, Ilusi Kapitalis bagi Perempuan

Ahad, 27 Sep 2020 22:53

Menjawab Pak Wapres: Layakkah Korean Wave Dijadikan Panutan?

Menjawab Pak Wapres: Layakkah Korean Wave Dijadikan Panutan?

Ahad, 27 Sep 2020 22:28

Ulama Pewaris Nabi, Harusnya Dilindungi

Ulama Pewaris Nabi, Harusnya Dilindungi

Ahad, 27 Sep 2020 21:56

Sekularisasi di Kampus Yes, Islamisasi No?

Sekularisasi di Kampus Yes, Islamisasi No?

Ahad, 27 Sep 2020 21:39

Ketua Satgas Penanganan Covid-19: Penular Orang Terdekat, OTG Itu Silent Killer

Ketua Satgas Penanganan Covid-19: Penular Orang Terdekat, OTG Itu Silent Killer

Ahad, 27 Sep 2020 21:15

ATSI Dukung Pemerintah Beri Bantuan Kuota Internet untuk PJJ

ATSI Dukung Pemerintah Beri Bantuan Kuota Internet untuk PJJ

Ahad, 27 Sep 2020 21:07

Ilham Aliyev: Azerbaijan Hancurkan Peralatan Militer Armenia Sebagai Pembalasan Serangan Armenia

Ilham Aliyev: Azerbaijan Hancurkan Peralatan Militer Armenia Sebagai Pembalasan Serangan Armenia

Ahad, 27 Sep 2020 21:05

UEA Tandatangani Nota Kesepahaman Jadikan Dubai Sebagai Pusat Penting Bagi Bisnis Israel

UEA Tandatangani Nota Kesepahaman Jadikan Dubai Sebagai Pusat Penting Bagi Bisnis Israel

Ahad, 27 Sep 2020 20:45

Kasihan Pak Prabowo

Kasihan Pak Prabowo

Ahad, 27 Sep 2020 20:20

Pemerintah Yaman dan Pemberontak Syi'ah Houtsi Setujui Pertukaran 1000 Lebih Tahanan

Pemerintah Yaman dan Pemberontak Syi'ah Houtsi Setujui Pertukaran 1000 Lebih Tahanan

Ahad, 27 Sep 2020 20:00

Militer AS Gunakan Rudal 'Ninja' Rahasia Untuk Bunuh Target Penting di Suriah

Militer AS Gunakan Rudal 'Ninja' Rahasia Untuk Bunuh Target Penting di Suriah

Ahad, 27 Sep 2020 17:34

Demo Sejuta Umat Menolak Rencana Paroki Bunda Theresia Bekasi

Demo Sejuta Umat Menolak Rencana Paroki Bunda Theresia Bekasi

Ahad, 27 Sep 2020 09:39

Kalau Bukan PKI Nyatakan PKI Jahat dan Penghianat

Kalau Bukan PKI Nyatakan PKI Jahat dan Penghianat

Sabtu, 26 Sep 2020 23:36

Kanada Tangkap 'Mantan' Anggota IS Karena Diduga Berbohong Tentang Membunuh Orang di Podcast NYT

Kanada Tangkap 'Mantan' Anggota IS Karena Diduga Berbohong Tentang Membunuh Orang di Podcast NYT

Sabtu, 26 Sep 2020 21:45

7 Orang Ditahan di Prancis Setelah Penikaman Terkait Surat Kabar Satir Charlie Hebdo

7 Orang Ditahan di Prancis Setelah Penikaman Terkait Surat Kabar Satir Charlie Hebdo

Sabtu, 26 Sep 2020 21:05

AS Lipat Gandakan Hadiah Untuk Penangkapan Pemimpin Tertinggi Islamic State

AS Lipat Gandakan Hadiah Untuk Penangkapan Pemimpin Tertinggi Islamic State

Sabtu, 26 Sep 2020 20:35

Dokter: Saat Ini yang Terbaik Tetap Belajar dari Rumah

Dokter: Saat Ini yang Terbaik Tetap Belajar dari Rumah

Sabtu, 26 Sep 2020 20:35

Tragedi 21-22 Mei Jangan Dilupakan

Tragedi 21-22 Mei Jangan Dilupakan

Sabtu, 26 Sep 2020 20:20

Laporan: Oman dan Sudan Akan Umumkan Kesepakatan Normalisasi dengan Israel Pekan Depan

Laporan: Oman dan Sudan Akan Umumkan Kesepakatan Normalisasi dengan Israel Pekan Depan

Sabtu, 26 Sep 2020 19:30

Menkeu Gelontorkan Rp20 Triliun untuk Jiwasraya, Anis: Pencederaan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Menkeu Gelontorkan Rp20 Triliun untuk Jiwasraya, Anis: Pencederaan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Sabtu, 26 Sep 2020 11:43


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X