Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.665 views

Ustadz Roy 'Nyangkut' di Sipi

DONGGALA (voa-islam.com) - Satu lagi, dai Dewan Dakwah nyangkut. Bukan tersangkut di pohon atau apa, melainkan terus menetap di tempat pengabdian dakwah karena mendapatkan jodoh gadis setempat.

Dai tersebut adalah Roy Nugroho (27), alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Mohammad Natsir. Pria asal Labuhan Maringgai, Lampung Timur, ini pada Senin (22/8) lalu menikahi Miswati (19). Sang istri adalah putri dari Muslimin, Kepala Dusun Maling Pura, Desa Sipi, Kec Sirenja, Kab Donggala, Sulawesi Tengah.

Ustadz Roy begitu terharu sampai meneteskan airmata, tatkala menyambut kedatangan Tim Dewan Dakwah yang terdiri Muhammad Iqbal (Direktur Holding Company Dewan Dakwah), Direktur Eksekutif LAZIS Dewan Dakwah Ade Salamun, Ketua Dewan Sulteng Haji Kasim Yahya (67) yang didampingi salah satu pengurusnya, Jamal (70). 

’Masya Allah Ustadz, ahlan wasahlan...,’’ seru Roy sambil memeluk satu persatu tetamunya itu. Kehadiran mereka sungguh istimewa baginya, lantaran butuh perjuangan berat untuk mencapai Dusun Pura.

Tim Dewan Dakwah Pusat bertolak dari Bandara Soetta Tangerang pada Ahad (21/8) menuju Airport Mutiara SIS Al Jufri Palu, Sulawesi Tengah, dengan lama penerbangan lebih 2 jam.

Setiba di Palu, mereka harus check in di penginapan. Esoknya menumpang mobil kijang tua Dewan Dakwah Sulteng menuju Desa Ombo Sirenja. Perjalanan beberapa jam itu dilanjutkan dengan naik ojek motor selama 2 jam melalui jalan tanah sepanjang 26 km yang sempit dan becek serta diapit hutan dan jurang di kanan-kirinya.

Perjalanan off road membelah kaki Gunung Panambaila dengan tanjakan dan turunan tajam itu diselingi istirahat beberapa kali pada ketinggian hingga 840 dpl. Maklumlah, mengingat Haji Kasim dan Jamal sudah cukup sepuh.

Tentu saja Ustadz Roy juga gembira mendapat perhatian besar dari organisasi induknya. Di hari pernikahannya, dai alumnus Akademi Dakwah Indonesia Metro, Lampung Tengah, ini merasa mendapat ayah pengganti bagi bapaknya yang sudah lama tiada.

Ustadz Roy mulai bertugas di Maling Pura sejak Januari 2016, setelah Lulus dari STID Natsir. Dari gemerlap dan hiruk pikuk Ibukota,  ia tiba-tiba harus bermukim di dusun yang terpencil dan seperti terisolasi dari peradaban kota. Bayangkan, satu-satunya akses ke kampung ini hanyalah jalanan bebatuan bekas aliran air sungai dari gunung.

Alhamdulillah, kerja dakwah Ustadz Roy cukup diterima warga setempat yang berjumlah sekitar 270 keluarga (Dusun IV dan V). Pembawaan ustadz menuai simpati penduduk dusun segala lapisan, dari anak-anak sampai orang tua.

‘’Ustadz Roy orangnya enak, santun dan tidak pernah menyalahkan apalagi mencela kekurangan kita,’’ ujar Tanzil, penarik ojek yang ditumpangi Ade Salamun.

Selama Ramadhan lalu, kiprah Ustadz Roy diperkuat oleh Kafilah Dakwah Mahasiswa STID Natsir. Kehidupan spiritual di Pura semakin meriah jadinya.

Maka, tatkala Kafilah Dakwah harus pulang karena masa tugasnya sudah berakhir, banyak warga menangis. Bahkan mereka mengutus perwakilan penduduk untuk mengantar kepergian kafilah hingga ke Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu.

‘’Mohon, dakwah jangan berhenti. Kami siap mendukung, kalau perlu kami sediakan tanah jika Dewan Da'wah ingin membangun pesantren di sini,’’ tutur Aziz, warga Pura yang selama ini menjadi orangtua angkat Ustadz Roy.

Direktur LAZIS Dewan Dakwah berterima kasih kepada para donatur yang selama ini mendukung Program Dakwah Pedalaman. Wabil khusus untuk menunjang kerja Ustadz Roy di pelosok Donggala, Ade Salamun mengajak masyarakat menyediakan sarana transportasi yang memadai. [nurbowo/syahid/voa-islam.com]

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X