Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.848 views

Serikat Tani Islam Indonesia: Cimanuk Harus Dinormalkan dengan Dakwah

GARUT (voa-islam.com) - Garut, dan kita semua, berduka. Banjir bandang akibat luapan air Sungai Cimanuk di Kabupaten Garut, Selasa (20/9/2016) malam, menyebabkan kerugian jiwa, fisik, harta, bangunan, infrastruktur, dan lahan pertanian di 7 kecamatan. Meliputi Kecamatan Bayongbong, Samarang, Tarogong Kidul, Garut Kota, Karangpawitan, Wanaraja, dan Kecamatan Banyuresmi.

Hingga Kamis (22/9) korban tewas mencapai 26 orang; Luka ringan 47 orang, luka berat 12 orang, rawat inap 4 orang, warga yang masih hilang 15 orang, dan pengungsi sebanyak 735 orang.

Air bah juga menyebabkan 633 unit rumah terendam, 57 rumah hanyut, dan sejumlah fasilitas umum terendam seperti  RSUD Dr Slamet Garut, Kantor Kecamatan Tarogong Kidul, Rumah Sakit Paru-paru, dan SLB C YKB Garut.

Menurut Kepala Seksi Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, TB Agus Sofyan, sektor pertanian mengalami kerugian berupa ratusan hektare lahan yang rusak. Lahan meliputi areal persawahan dan perkebunan.

Berdasarkan laporan Dinas TPH (Tanaman Pangan dan Holtikultura) Kabupaten Garut, luas lahan pertanian yang terkena banjir bandang mencapai 126 hektare. Agus memaparkan, 118 hektare terdiri dari areal sawah padi, dan 8 hektare merupakan lahan tanaman jagung.

Menurut STII, pendekatan paling cocok dalam relokasi dan pembekalan petani adalah jalan dakwah. Sebab, katanya, dakwah bukan hanya masuk akal tapi juga masuk hati

Lahan padi yang mengalami puso mencapai sekitar 104 hektare dan jagung 8 hektare. Sedangkan jumlah kerugian produksi akibat bencana ini diperkirakan mencapai 672.000 kg gabah kering panen dan 56.000 kg jagung.

Sementara taksiran kerugian ekonomi di sektor pertanian akibat bencana ini mencapai Rp 2,8 miliar.

Menurut Sekretaris Umum Serikat Tani Islam Indonesia (STII) Jawa Barat, M Hafiz Azdam, banjir bandang disebabkan kerusakan hulu DAS (daerah aliran sungai) Cimanuk dan tata wilayah di hilirnya.

‘’Baru kali ini banjir bandang dahsyat terjadi di Cimanuk. Ini menunjukkan tingkat kerusakan yang sudah parah di hulu dan hilir sungai,’’ kata Hafiz saat menjenguk Posko Peduli Banjir LAZIS Dewan Dakwah di Gedung Yayasan Al Husna Jl Gordah Garut.

Untuk itu, lanjut Hafiz, STII mengajukan program rehabilitasi daerah hulu Cimanuk dan penataan ulang DAS hilir.

‘’Rehabilitasi hulu Cimanuk dilakukan dengan relokasi warga dan penertiban bangunan di daerah resapan air. Sedang rehabilitasi DAS hilir dengan implementasi RTRW (rencana tata ruang wilayah),’’ terangnya.

Hafiz yang seorang penyuluh pertanian menuturkan, relokasi harus dilakukan dengan proses sosiologi dan budaya. ‘’Para petani penggarap kawasan hutan tangkapan air dipindahkan ke tempat lain yang budayanya tidak jauh berbeda.’’

Kalaupun harus dengan alih profesi, pemerintah punya banyak program pendidikan ketrampilan untuk membekali warga eks petani.

Menurut STII, pendekatan paling cocok dalam relokasi dan pembekalan petani adalah jalan dakwah. Sebab, katanya, dakwah bukan hanya masuk akal tapi juga masuk hati.

‘’Selama ini relokasi warga banyak menimbulkan konflik dan kekerasan karena tidak menggunakan pendekatan dakwah,’’ tandas Hafiz.

Setelah lahan kritis dibebaskan dari bangunan dan manusia, selanjutnya dilakukan reboisasi tanaman keras. ‘’Misalnya kopi Garut yang terkenal yaitu kopi Priangan atau Preanger Coffee,’’ ujar Hafiz.

Sekum STII Jabar mengatakan, pihaknya akan ambil bagian dalam program reboisasi hulu Cimanuk. Program ini bekerjasama dengan LAZIS Dewan Dakwah dan Kementerian Kehutanan.

Agar rehabilitasi hulu hingga hilir Cimanuk berjalan terintegrasi, Hafiz Azdam berpesan agar pemda Garut melakukan sinkronisasi berbagai peraturan lingkungan kewilayahan. [nurbowo/syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X