Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.406 views

Eksistensi Persis Harus Bisa Dirasakan Umat

BANDUNG (voa-islam.com) - Pasca pelaksanaan Musyawarah Wilayah di Hotel Grand Pasundan pada Ahad, Desember 2016 yang lalu, dimana salah satu keputusannya adalah memilih H. Iman S Latief dengann suara 63 mengalahkan Ridwan Maksum dari Majalengka yang mendapat 31 suara, maka pengurus baru bergerak cepat segera menyusun taskyil PW Persis masa jihad 2016-2020.

Kepengurusan baru tersebut dilantik oleh PP Persis pada hari Sabtu, 17 Desember 2016 di Hotel Poster Jl. PHH. Musthofa 33 Kota Bandung. Acara pelantikan tasykil PW Persis dan PW Persistri ini terasa sangat istimewa karena dihadiri oleh Ketua Umum PP. Persis KH. Aceng Zakaria.

Dalam sambutan iftitahnya, H. Iman Setiawan Latief menegaskan bahwa dalam Islam Jabatan itu bukanlah anugerah melainkan amanah. Bahkan jika tidak pandai mengembannya maka jabatan itu bisa berubah menjadi malapetakan dan kehinaan bagi yang menyia-nyiakannya.

“Persis kini tengah berjuang melalui dakwah di berbagai bidang untuk memerangi kebodohan, kemiskinan dan kedzaliman. Dengan asset yang dimiliki berupa ribuan Masjid, madrasah, pondok pesantren, majelis taklim dan lembaga non formal lainnya kini Persis tengah menghadapi tantangan dakwah yang semakin kompleks. Para mujahid dakwah Persis tidak boleh lari dari medan jihad sebab lari dari medan pertempuran termasuk dosa besar.”

Hari ini umat Islam tengah dihadapkan kepada fitnah yang sangat keji seperti pembantaian dan stigma negatif berupa teroris atau intoleran. Padahal yang pantas dicap teroris itu adalah mereka. Sejarah mencatat kebiadaban Hitler, Stalin, Mo Zetung, Musolini, Ariel Sharon dll, dengan membantai ratusan bahkan jutaan manusia, tetapi kenapa mereka tidak dicap sebagai teroris?

Dalam sambutan iftitahnya, H. Iman Setiawan Latief menegaskan bahwa dalam Islam Jabatan itu bukanlah anugerah melainkan amanah. Bahkan jika tidak pandai mengembannya maka jabatan itu bisa berubah menjadi malapetakan dan kehinaan bagi yang menyia-nyiakannya

“Dulu bangsa Cina untuk mempertahankan serangan musuh, mereka membangun tembok besar Cina yang sangat fenomenal. Namun mereka lupa ternyata musuh dapat masuk ke dataran Cina dengan menyuap para penjaga pintu tembok Cina tersebut. Ada tiga cara musuh menghancurkan sebuah bangsa ; pertama, hancurkan sistem tatanan keluarga, hancurkan sistem pendidikannya dan hancurkan tokoh-tokoh panutannya. Oleh sebab itu saya mengajak kepada Persistri Jawa Barat untuk mengokohkan keluarga.

Saya harapkan Persis Jawa Barat dapat menjadi garda terdepan di dalam memerangi problematika masyarakat Jabar yaitu problem kemiskinan, kebodohan, kejumudan dan problematika masyarakat lainnya.

Persis Jawa Barat merupakan asset terbesar karena selain memiliki anggota paling banyak, lembaga pendidikan terbanyak tapi juga karena strategisnya posisi Jabar yang menjadi penyangga Ibu Kota negara RI. Artinya perubahan yang terjadi di Jawa Barat akan membawa perubahan ke ibu kota negara.

“Eksistensi Persis Jawa Barat harus dapat dirasakan oleh umat dan warga Jabar. Setiap gerakan dakwahnya harus mampu memberikan manfaat kepada masyarakat Jawa Barat karena Islam merupakan rahmatan lil alamin,” ujarnya.

Sementara sambutan atas nama Gubernur disampaikan oleh Achadiyat dari Kesbangpol Jawa Barat.

Adapun dalam taujihnya, Ketua Umum PP Persis KH. Aceng Zakaria meminta agar segenap Tasykil yang dilantik baik PW Persis maupun PW Persistri terus menggelorakan semangat jihadnya dalam mendakwahkan ajaran Quran dan Hadits. Jika dahulu Rasululloh dilantik oleh Jibril sendirian, maka sekarang mah jumlahnya sudah banyak jadi harus lebih semangat.

Warga Persis Jawa Barat harus tampil menjadi bunyanul marsus (bangunan yang tersusun rapi) dan harus seperti jasadil wahid (jasad yang satu).

Tasykil Persis dan Persistri harus memfungsikan dirinya sebagai kholifah Alloh di bumi ini. Seorang khalifah harus melakukan pencegahan terhadap berbagai kerusakan yang diciptakan oleh manusia. Baik menyangkut ifsaduddin (kerusakan agama) atau ifsadul aql (kerusakan petunjuk akal).

Jika Persis dahulu sudah menorehkan tinta emas oleh para pendahulu kita seperti A. Hasan atau M Natsir, maka hari ini menjadi tugas generasi yang sekarang untuk mempersembahkan prestasi dakwah yang lebih baik. Sebab ke depan persoalan dakwah akan semakin kompleks. Kini bidang ekonomi telah dikuasai mereka, tanah-tanah juga sudah dikuasai mereka. Kekuasaan politik kini tengah diincar oleh mereka.

“Namun demikian sebesar dan seberat apapun persoalan dakwah tidak boleh membuat kita menjadi pesimis. Optimislah dalam menatap dakwah di masa yang akan dating,” ujar Kiayi mengakhiri taujihnya. [muchsin/syahid/voa-islam.com]

 

Lampiran SK PP Persis Nomor 0454/H.01-C1/PP/2016 Tanggal 17 Rabiul Awal 1438 H/17 Desember 2016

TASYKIL PIMPINAN WILAYAH PERSIS JAWA BARAT MASA JIHAD 2016-2020

Penasihat                   : Drs. H. Syamsul Falah, M.Ag

                                    H. Mamat Abdurrahman

                                    H. MD. Idad Soemarta

Ketua                         : H. Iman Setiawan Latief, SH

Wakil Ketua I               : H. Mohammad Ridwan

Wakil Ketua II              : H. Wawa Suryana Hidayat

Sekretaris                   : Edi Surahman

Wakil Sekretaris           : A. Deni Muttaqin, S. Ag

                                     Suharyadi, S. Ip

Bendahara                  : H. Use Juhaya

Wakil Bendahara         : H. Agus Purnama

Para Ketua Bidang Garapan :

  1. Bidgar Binbang SDM           : Drs. H. Hasyim Suryadi
  2. Bidgar Binbang Organisasi  : H. Ahmad Haedar
  3. Bidgar Dakwah I (Pengembangan Da’wah & Kajian Keislaman) : H. Ateng Abdurrahman, S.Pd.I
  4. Bidgar Da’wah II (Sumber Daya Da’wah)  : Drs. H. Endang Sirojudin Hafidz, M.M.Pd
  5. Bidgar Da’wah III (Komunikasi Dakwah & Kemesjidan) : H. Yuda Al-Farisi, SH, M.Pd
  6. Bidgar Pendidikan I (Kepesantrenan) : H. Rofiq Husen, S.Ip, M. Sc
  7. Bidgar Pendidikan II (Umum)            : Dr. H. Yusep Solehudin
  8. Bidgar Bimhajum                             : H. Yayat Hidayat
  9. Bidgar Perwakafan                           : H. Dadang Jamaludin
  10. Bidgar Sosial                                   : H. Isma
  11. Bidgar ekonomi                               : Drs. H. Uus Kusnawan, M.Pd, MBA
  12. Bidgar Kominfo                                : Muchsin al-Fikri, S. Sos, M.I.Kom
  13. Bidgar Hubungan Antar Lembaga       : H. Dadang A Fahmi, S.Pd
  14. Bidgar Kesehatan                             : dr. H. Sony Ramdhani, MH.Kes

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Bebas dari penjara ia taubat dan hijrah, tapi kesulitan pekerjaan. Saat ekonomi terjepit, datang tawaran bisnis haram dari sesama mantan napi. Ia butuh dana 7,5 juta rupiah untuk modal usaha...

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Latest News
Peneliti UNEJ: Melinjo Berpotensi Jadi Suplemen Cegah Covid

Peneliti UNEJ: Melinjo Berpotensi Jadi Suplemen Cegah Covid

Jum'at, 23 Oct 2020 14:14

Setahun Penuh Gaduh dan Demo yang Dirindukan

Setahun Penuh Gaduh dan Demo yang Dirindukan

Jum'at, 23 Oct 2020 13:30

Lima Cara Agar Generasi Bisa Berkualitas

Lima Cara Agar Generasi Bisa Berkualitas

Jum'at, 23 Oct 2020 11:55

Antisipasi Kriminalisasi, Dai Perlu Perhatikan Basis Data hingga Peraturan Perundangan

Antisipasi Kriminalisasi, Dai Perlu Perhatikan Basis Data hingga Peraturan Perundangan

Jum'at, 23 Oct 2020 11:32

5 Hal Untuk Diketahui Tentang Konflik Terakhir di Nagorno-Karabakh

5 Hal Untuk Diketahui Tentang Konflik Terakhir di Nagorno-Karabakh

Jum'at, 23 Oct 2020 11:00

Tanggapi Hasil Survey Indikator, Anis: Catatan Buruk Kinerja Pemerintah

Tanggapi Hasil Survey Indikator, Anis: Catatan Buruk Kinerja Pemerintah

Jum'at, 23 Oct 2020 10:56

Vaksinasi Dipercepat November, Politisi PKS Minta Seluruh Prosesnya Transparan

Vaksinasi Dipercepat November, Politisi PKS Minta Seluruh Prosesnya Transparan

Jum'at, 23 Oct 2020 10:38

Pasukan Azerbaijan Tembak Jatuh 7 Drone Armenia Dalam Tiga Hari

Pasukan Azerbaijan Tembak Jatuh 7 Drone Armenia Dalam Tiga Hari

Kamis, 22 Oct 2020 21:00

Seorang Imam dan 11 Anak Tewas Dalam Serangan Udara di Sebuah Masjid di Takhar Afghanistan

Seorang Imam dan 11 Anak Tewas Dalam Serangan Udara di Sebuah Masjid di Takhar Afghanistan

Kamis, 22 Oct 2020 20:15

Polisi Yang Memukul Polisi Dipukul Polisi #MumetKan

Polisi Yang Memukul Polisi Dipukul Polisi #MumetKan

Kamis, 22 Oct 2020 17:00

Serangan Udara Rusia di Idlib Suriah Tewaskan 5 Warga Sipil

Serangan Udara Rusia di Idlib Suriah Tewaskan 5 Warga Sipil

Kamis, 22 Oct 2020 16:15

Istighfar Membersihkan Hati dan Menyucikannya

Istighfar Membersihkan Hati dan Menyucikannya

Kamis, 22 Oct 2020 16:00

Wapres Azerbaijan Sebut Armenia Gunakan Teroris PKK di Garis Depan Nagorno-Karabakh

Wapres Azerbaijan Sebut Armenia Gunakan Teroris PKK di Garis Depan Nagorno-Karabakh

Kamis, 22 Oct 2020 14:45

Dewan Da'wah: Masa Depan Kejayaan Pendidikan Indonesia di Tangan Pesantren

Dewan Da'wah: Masa Depan Kejayaan Pendidikan Indonesia di Tangan Pesantren

Kamis, 22 Oct 2020 06:53

25 Pasukan Keamanan Afghanistan Tewas Dalam Penyergapan Taliban di Provinsi Takar

25 Pasukan Keamanan Afghanistan Tewas Dalam Penyergapan Taliban di Provinsi Takar

Rabu, 21 Oct 2020 21:15

Suriah Tuntut Keringanan Sanksi dan Penarikan Pasukan AS Untuk Pembebasan Tawanan Amerika

Suriah Tuntut Keringanan Sanksi dan Penarikan Pasukan AS Untuk Pembebasan Tawanan Amerika

Rabu, 21 Oct 2020 21:05

Islamic State Bobol Penjara di Kongo, Bebaskan Setidaknya 1300 Narapidana

Islamic State Bobol Penjara di Kongo, Bebaskan Setidaknya 1300 Narapidana

Rabu, 21 Oct 2020 19:15

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Pimpinan Ponpes Gontor KH. Abdullah Syukri Zarkasyi Wafat

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Pimpinan Ponpes Gontor KH. Abdullah Syukri Zarkasyi Wafat

Rabu, 21 Oct 2020 19:06

Turki Akan Kirim Bantuan ke Warga Sipil Azerbaijan Terdampak Pertempuran di Nagorno-Karabakh

Turki Akan Kirim Bantuan ke Warga Sipil Azerbaijan Terdampak Pertempuran di Nagorno-Karabakh

Rabu, 21 Oct 2020 18:55

Dilihat Sebagai Oposisi Terkuat, KAMI Akan Ditekan Terus

Dilihat Sebagai Oposisi Terkuat, KAMI Akan Ditekan Terus

Rabu, 21 Oct 2020 17:45


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X