Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.251 views

Kader IMM Ditahan Atas Tuduhan Makar, Alumni IMM Datangi Komnas HAM

 

JAKARTA (voa-islam.com)--Forum Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (Fokal IMM) mendatangi Komnas HAM di Jl. Latuharhari No.4, Menteng-Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2017).

Kedatangan Fokal IMM untuk beraudiensi terkait dengan kasus penahanan kader IMM Zainudin Arsyad oleh Kepolisian di Mako Brimob dengan tuduhan makar sejak 31 Maret 2017 yang lalu. Dalam kesempatan itu, delegasi Fokal IMM diterima sejumlah Komisioner Komnas HAM.

"Kami diterima oleh dua orang Komisioner Komnas HAM yaitu Ibu Siane Indriani dan Bapak Maneger Nasution. Sementara dari Fokal IMM yang hadir adalah saya, Delmenita dan Hendri Kurniawan," kata Tim Advokasi Kornas Fokal IMM, Pedri Kasman, di Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Di hadapan Komisioner HAM, Fokal IMM meminta Perlindungan Hukum atas Zainudin Arsyad. Permohonan itu merekaajukan dengan beberapa alasan. 

"Pertama, bahwa sejak ditangkap sampai hari ini tidak ada informasi yang cukup dan bukti-bukti yang memadai sehingga saudara Zainudin Arsyad ditahan karena tuduhan makar," jelas Pedri.

Kedua, lanjutnya, Zainudin Arsyad adalah seorang mahasiswa yang hidup sepenuhnya dari kiriman orang tua. Sehingga, tidak memiliki kemampuan finansial yang cukup untuk melakukan tindakan makar.

"Ketiga, makar merupakan sebuah tindak pidana untuk menggulingkan kekuasaan yang sah, sangat tidak mungkin dan tidak masuk akal jika Saudara Zainudin terlibat dalam kegiatan makar tersebut,"ucap Pedri.

Lebih dari itu, melihat banyaknya kejanggalan proses hukum dan tindakan yang dilakukan oleh penyidik Kepolisian terhadap Zainudin dan kawan-kawannya, Fokal IMM meminta bantuan hukum kepada Komnas HAM.

"Dalam penilaian kami telah melanggar Hak Asasi Manusia (HAM), maka kami mohon Komnas HAM memberikan Perlindungan Hukum kepada saudara Zainudin Arsyad dan meminta pihak Kepolisian untuk melakukan Gelar Perkara agar jelas dan terang masalah yang sesungguhnya," beber Pedri.

Pihak Komnas HAM diwakili Siane Indriani dan Maneger Nasution menyambut baik kedatangan Fokal IMM, mereka berjanji akan memperhatikan betul masalah ini. 

"Kami diminta untuk melengkapi secara lebih detail kasus yang dialami oleh Zainudin sejak sebelum penangkapan sampai saat ini untuk ditemukan unsur Pelanggaran HAMnya. Untuk itu kami juga berjanji akan segera melengkapinya," ujar Pedri.

Fokal IMM berharap agar tuduhan makar terhadap Zainudin dan kawan-kawan segera bisa diurai dengan jelas. "Dan hak-hak dasar mereka sebagai warga negara tidak dirampas secara sewenang-wenang," pungkasnya. * [Bilal/Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X