Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.045 views

Abdurraheem Mc Charty, Mantan Anggota Gengster yang Sekarang Jadi Dai

BANDUNG (voa-islam.com) - Kota Bandung kembali dikunjungi oleh dai internasional. Setelah sebelumnya Dr Zakir Naik, kali ini Bandung dikunjungi oleh Syaikh Abdurraheem McCharty, seorang dai asal Amerika yang sudah berkeliling ke banyak negara untuk berdakwah.

Kebanyakan umat Islam di Indonesia memang masih belum mengenal sosok Syaikh Abdurraheem McCharty. Namanya memang tidak setenar Dr Zakir Naik, Yusuf Estees atau Dr Bilal Philip, namun sosok dai asal Amerika ini riwayat hidupnya cukup unik dan menarik untuk diulas.

Dibesarkan dari keluarga non Muslim, Syaikh Abdurraheem McCharty menemukan kebenaran Islam dan mengucapkan dua kalimat syahadat pada tahun 1994 silam.

Sebelum menyatakan diri menjadi mualaf, Mc Charty menjalani kehidupan yang cukup kelam. Hari-harinya diisi dengan aksi kriminal dan kemaksiatan. Mc Charty di masa lalu adalah seorang anggota gengster. Menggunakan serta menjual narkoba merupakan kegiatan rutinnya dan tidak sekali dua kali akibat ulahnya itu dia harus berurusan dengan pihak kepolisian.

Tapi yang namanya Hidayah ada saja jalan Allah untuk menuntun umat Nya untuk menemukan kebenaran. Dan hal tersebut dialami oleh Mc Charty. Lama berkecimpung di dunia hitam membuat Mc Charty tidak bisa tenang dan berusaha menemukan kebahagiaan yang hakiki.

Ketertarikan Mc Charty dengan Islam justru berawal dari hal-hal yang dianggap oleh kebanyakan orang sebagai hal sepele. Beliau terkesima dengan kebersihan umat Islam ketika menggunakan toilet.

"Saya terkesima dengan kebiasaan umat Islam ketika pergi ke toilet, di sana bersih-bersih. Islam itu tersistem," ungkap Mc Charty saat konferensi pers di Hotel Cinammon, Jalan Setia Budi Bandung Ahad sore kemarin (11/6/2017).

Diakui oleh Mc Charty bahwa sebelumnya dia banyak mendengar informasi yang tidak benar tentang Islam. Rasa penasaran dan keinginan mengetahui Islam yang membuat dia berusaha mencari tahu apa itu Islam sesungguhnya. Qadarullah ayah dari salah seorang temannya adalah aktivis Nation of Islam (NOI) dan dari ayah temannya itulah beliau mendapatkan buku yang mengajarkan tentang Tauhid.

Ada yang unik di sela-sela beliau mencari kebenaran Islam. Mc Charty masih sempat-sempatnya nyambi mencari narkoba. Namun pergulatan batinnya itu tidak berlangsung lama, Mc Charty akhirnya memutuskan untuk mengucapkan dua kalimat syahadat dan menjadi seorang Mualaf.

Untuk menjaga imannya setelah menjadi Mualaf, Mc Charty memutuskan untuk melakukan hijrah ke negara lain. Dan Sudan menjadi negara pertama yang ia tinggali setelah memeluk Islam. Tidak cukup dengan hal itu, untuk menambah pengetahuannya tentang ajaran Islam, Mc Charty kemudian menuntut ilmu di Universitas Islam Madinah selama 10 tahun. Di Universitas Islam Madinah, Mc Charty menamatkan studi di Fakultas Dakwah dan Usuluddin.

Mc Charty banyak dikenal dengan berbagai siaran dakwahnya di Peace TV, Huda TV, Tayba TV, Sharja TV dan Qatar TV dan berbagai pembelajaran internasional di Inggris, Kanada, Irlandia dan beberapa negara lainnya.

Saat ini, Mc Charty lebih memilih berdakwah sebagai jalan hidupnya. Meskipun memiliki dua istri dan anak yang banyak, Mc Charty tetap bisa berkeliling dunia bersama keluarganya untuk memberikan kuliah tentang Islam. Dan kota Bandung menjadi kota pertama safari dakwah mancanegara beliau di Indonesia.

Selama di Bandung, Syaikh Abdurraheem McCharty akan berdakwah di Pusdai, Daarut Tauhidd, Masjid Salman serta akan menjadi pembicara utama dalam program #ClickYourIman. Program #ClickYourIman sendiri merupakan kegiatan dakwah yang dikemas secara gaul dan menampilkan beberapa tokoh baik artis, mantan preman, musisi yang sudah Hijrah ke Islam.[fq]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X