Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.878 views

Pakar Halal Indonesia Terima Anugerah King Faisal Prize

RIYADH (voa-islam.com), Raja Arab Saudi King Salman bin Abdulaziz Al-Saud menganugerahkan "King Faisal Prize” senilai Rp 2,7 milyar kepada Prof Dr Ir Irwandi Jaswir MSc (48), pakar halal dunia asal Indonesia, pada Senin malam (26/3).

Penyerahan penghargaan kedua tertinggi setelah Hadiah Nobel itu, berlangsung dalam suatu acara mewah di Prince Sultan Grand Hall Riyadh, Al Faisaliah Center, Riyadh, Saudi Arabia.

Prof Irwandi yang kini berkhidmat sebagai Wakil Direktur INHART (International Institute for Halal Research and Training) Universiti Islam Antar Bangsa Malaysia ini menerima anugerah untuk kategori Pelayanan Islam (Service to Islam). Bersama Irwandi, juga menerima anugerah empat tokoh  lainnya, masing-masing Prof Bashar Awad dari Irak (kategori Studi Islam), Prof Chokri Mabkhout dari Tunisia (Bahasa dan Literatur Arab), Prof James P Allison dari AS (Kedokteran) dan Prof Sir John M Ball dari Inggris (Sains).

Acara tersebut dihadiri 1.500 orang, termasuk Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, serta 20 keluarga besar Prof Irwandi Jaswir, termasuk ibundanya Ny Sudarni, istrinya Drg Fitri Oktavianti (Sp Orth), empat putra-putri serta para saudaranya. 

Sebelum penyerahan anugerah, panitia menampilkan video singkat perjalanan perjuangan dan karir Irwandi sebagai pakar halal dunia. Prof Irwandi Jaswir hingga kini  sudah mempublikasikan beragam temuan dan penelitian terkait ilmu halal.

Dalam orasi singkatnya setelah menerima anugerah, Prof Irwandi Jaswir mengucapkan terimakasih kepada Raja Salman dan Komite Penghargaan yang telah menetapkan dirinya sebagai salah satu penerima anugerah bergengsi ini. Juga kepada almarhum ayahandanya Jaswir, ibunda Sudarni, istrinya Fitri Octavianti, saudara, dan keluarga besarnya. Juga kepada UIA Malaysia, Pemerintah Malaysia dan Pemrintah Indonesia yang telah memberikan dukungan  terus menerus.

Menurut Prof Irwandi, dengan pertumbuhan pasar industri halal yang mencapai 3,1 triliun dolar AS, halal science menjadi komponen vital dalam memperkuat industri hala dan perekonomian muslim. Dia mengingatkan, saintis muslim bertanggungjawab besar dalam hal ini. menurut Prof irwandi, Quran dan Hadist mengandung konsep ilmu yang bisa menginspirasi para ahli Muslim untuk memberikan kontribuisi kemanusiaan. 

Komite Penghargaan King Faisal Prize menyebut Prof Irwandi telah memberikan kontribusi terhadap dunia Islam yang mengukir sejarah yang unik dalam pengembangan  disiplin ilmu baru, yakni Halal Science. Riset ini melahirkan hubungan yang signifikan antara halal dan harap dalam aturan dan keilmuwan.

Melalui disiplin ilmu baru ini, posisi Irwandi mampu menyatukan “Halal Science” sebagai alat untuk menyempurnakan pendapat ahli fiqih.  Ini merupakan langkah ke depan bagi dunia muslim untuk membantu banyak ahli Islam dalam menyelesaikan banyak isu yang berhubungan dengan halal dan haram melalui pengenalan “Halal Science”.

Lebih lanjut lagi sebagai seorang akademisi dan peneliti, pencapainnya sudah puncak, penelitiannya sudah didokumentasikan dan dipublikasikan di banyak publikasi sejenis jurnalilmiah (scientific journal), buku, dan konferensi.

Pengenalan “halal science” oleh Prof Irwandi sebagai ilmu baru dalam riset ilmiah datang  dari bentuk yang unik dengan pondasi yang kuat.  Dedikasi Prof Irwandi dalam keilmuan, terlihat dari publikasi ilmiah yang dilahirkannya berupa 120 artikel dalam jurnal ilmiah, 30 book chapter, dan menyelesaikan 30 proyek riset. Dia sudah mempresentasikan lebih dari 250 artikel/ paper di berbagai konferensi internasional. Publikasi tercatat dengan total 711 Scopus Citations dengan H-Index 16.

Anak keenam dari tujuh bersaudara ini juga merupakan anggota editorial board dari banyak jurnal ilmiah bereputasi tinggi.  Dia juga berpartisipasi dalam berbagai konfensi dan eksibisi, serta melahirkan banyak magister dan doktor baru dalam bidang ilmu halal. Prof Irwandi juga mempunyai lima hak paten dalam bidang halal science, dan telah menerima 60 penghargaan internasional.

Selain itu Prof Irwandi juga mengembangkan alternatif makanan halal serta memproduksi gelatin halal dari berbagai sumber halal seperti unta dan ikan. Kolaborasinya dengan ilmuwannya berhasil mengembangkan metode deteksi kandungan non-halal pada kosmetik.

Prof Jaswir lahir di Medan, Sumatera Utara. Ia memperoleh gelar sarjananya di Institut Pertanian Bogor pada 1992. Ia kemudian melanjutkan Master di bidang Ilmu Bioteknologi dan Makanan pada 1996. Gelar doktor diperolehnya pada 2000 dari Universitas Putra di Malaysia. (bilal/voa-islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X