Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.129 views

KH.Didin Hafidhuddin: Umar Pemimpin Sejati Tanpa Pencitraan

BOGOR (voa-islam.com), Prof Dr KH Didin Hafidhuddin menjelaskan bahwa Umar bin Khattab adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang sangat luar biasa keimanan dan keberaniannya. Sebelum masuk Islam, ia didoakan oleh Nabi agar menjadi penguat barisan kaum muslimin. 

"Umar orangnya terbuka dan jujur, karena itulah akhirnya ia mendapatkan hidayah," ungkap dalam kajian tafsir di Masjid Al Hijri II Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Sabtu lalu (14/4).

Ketika menjadi khalifah, Umar menjadi pemimpin yang luar biasa. "Bukan pencitraan tapi betul-betul datang sendiri melihat keadaan orang miskin," jelas Kyai Didin.

Kisah yang masyhur adalah ketika Umar melihat seorang ibu yang memasak batu untuk menenangkan anak-anaknya karena kelaparan tidak punya makanan. Ketika itu Umar sangat terkejut dan akhirnya dia sendiri yang mengantarkan makanan kepada keluarga tersebut. Hal itu dilakukan karena takut pertanggungjawaban di hadapan Allah di akhirat kelak.

"Bahkan dalam sebuah riwayat, Umar pernah mengatakan jangan sampai ada binatang yang kelaparan selama ia menjadi khalifah. Jadi jangankan manusia, binatang pun tidak boleh kelaparan," tutur Kyai Didin.

Dan Umar itu hanya takut kepada Allah, hal tersebut ditunjukkan misalnya setiap kali ia berwudhu, bergetar badannya. "Sahabat yang lain bertanya kenapa bergetar, Umar menjawab bahwa ia akan menghadap Allah subhana wa ta'ala, zat yang menciptakan, menghidupkan dan mematikan setiap makhluk," kata Kyai Didin.

"Dengan keberanian dan keimanan yang tinggi, pantas kalau ada Umar setan pada lari," tambahnya.

Oleh karena itu, kata Kyai Didin, kalau sekarang ada yang mengatakan ada pemimpin seperti Umar itu rasanya berat sekali. "Itu tidak tahu sejarah," ungkapnya.

Menurutnya, spirit rohani dan jasmani Umar itu luar biasa. "Tidak ada pencitraan, betul-betul bertanggung jawab kepada Allah SWT sebagai pemimpin," jelasnya.

"Saya kira merendahkan jika ada yang menyamakan kita seperti Umar. Itu tidak tepat, jadi harus ngaji lah," tandas Kyai Didin.  (voa-islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Menunggak 3 Tahun, Dua Santri Yatim ini Tidak Bisa Ikut Ujian, Ayo Bantu..!!

Menunggak 3 Tahun, Dua Santri Yatim ini Tidak Bisa Ikut Ujian, Ayo Bantu..!!

Bercita-cita ngin jadi Dai hafiz Quran, Gasyim & Julaibib tak bisa ikut Ujian Nasional karena menunggak biaya selama 3 tahun (Rp 32 juta). Sang ibu tidak bekerja krn uzur sakit-sakitan....

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Baru berusia 9 bulan, bayi ini diuji dengan penyakit Kanker Pembuluh Darah. Kedua pipinya tumbuh dua benjolan sebesar kepal tangan orang dewasa. Ia harus segera dioperasi dan minum susu khusus...

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Hidup dengan satu kaki, pria asal Sibolga Tapanuli ini tak kenal putus asa. Setelah kakinya diamputasi karena tertabrak truk, ia justru makin rajin beribadah di masjid. Pria Batak ini butuh bantuan...

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Musibah muntaber tak henti-hentinya menimpa Ismail, anak aktivis dakwah Solo Raya. Sang ayah, Muhammad Arif adalah pekerja serabutan yang saat ini sedang mendapat ujian yang bertubi-tubi. ...

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Nyaris sempurna ujian hidup muallaf Nyoman Kawi. Di usia senja, ia tak bisa mencari nafkah karena stroke telah mematikan separo tubuhnya. Hidup sebatang kara, ia tinggal di gubuk lapuk yang tidak...

Latest News

Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X