Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.142 views

DMI Survei Persepsi dan Aspirasi Generasi Muda terhadap Masjid

JAKARTA (voa-islam.com), Jumlah masjid dan mushala di kota-kota besar di Indonesia terus mengalami perkembangan. Ketua Umum DMI Drs. M. Jusuf Kalla menyebut hingga Tahun 2018 ini Indonesia memiliki 800 ribu masjid dan mushala.

Tidak hanya jumlah masjid, keterlibatan jamaah juga tumbuh dan semakin semarak. Salah satu kelompok jamaah yang menonjol adalah generasi muda. Dengan tingkat pendidikan dan wawasan yang berbeda dengan generasi di atasnya, mereka tampak memiliki aspirasi yang lebih beragam terhadap keberadaan dan kegiatan di masjid.

"Departemen Kaderisasi Pemuda PP DMI bekerjasama dengan Merial Institute
melakukan survei terhadap generasi muda muslim," kata drg. M. Arief Rosyid Hasan, M.KM,Ketua Departemen Kaderisasi Pemuda dan Remaja Masjid PP DMI dalam keterangannya, Jumat (27/7/2018).

Survei berlangsung pada 17-21 Juli 2018. Jumlah responden sebanyak 888 orang pemuda Islam berusia 16-30 tahun dan berdomisili di 12 kota besar: Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, Bogor, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Medan, Palembang.

Beberapa temuan yang menarik di antaranya di antaranya adalah, sebanyak 33,6% responden mengaku selalu datang beribadah di masjid setiap hari. Sisanya 66,4% responden tidak datang setiap hari.

"Namun di sisi lain, hanya 33,2% responden yang menganggap bahwa pengelolaan masjid saat ini telah mewakili aspirasi generasi muda. Mereka merasa perlu variasi kegiatan dan perbaikan dalam pengelolaan fasilitas di masjid,"ujarnya.

Sebanyak 96% responden menganggap perlu kegiatan pengajian, zikir, tabligh akbar di masjid. Sedangkan 95% responden menganggap perlu kegiatan pendidikan: kursus dakwah, pelatihan imam, pesantren kilat di masjid.

Sebanyak 73,9% responden membutuhkan kegiatan usaha di masjid: baik dalam bentuk koperasi, mini market ataupun warung. Sedangkan 67,3% responden merasa perlu diadakan kegiatan olahraga dan kebugaran di masjid.

"Kekhawatiran berbagai pihak tentang masjid menjadi persemaian paham
radikalisme juga tidak tampak. Hanya 6,98% responden mengaku pernah menemukan materi ceramah yang berisi ajakan untuk memusuhi agama dan etnis tertentu. Dan hanya 2,03% yang setuju dengan materi tersebut," jelas Arief.

Arief mengungkapkan Kekhawatiran masjid digunakan untuk tujuan politik praktis juga masih ada, namun tidak terlalu signifikan. Hanya 15,65% responden pernah menemukan materi ceramah yang berisi ajakan politik praktis di masjid. Dan hanya 15,54% yang setuju dengan materi tersebut.

"Generasi muda tampak lebih banyak beribadah di masjid. Namun mereka
membutuhkan variasi kegiatan sosial dan ekonomi di masjid. Mereka berharap masjid dapat dimanfaatkan lebih dari sekadar tempat ibadah salat," tuturnya.

Menurut Arief, meningkatnya harapan generasi muda umat Islam terhadap pengelolaan masjid perlu disambut gembira oleh berbagai pihak. Juga diikuti dengan perbaikan pelayanan dan fasilitas masjid.

 "Sehingga harapan kita dapat tercapai: umat Islam lebih banyak memakmurkan masjid, sekaligus dimakmurkan oleh masjid," tandasnya. (bil/voa-islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X