Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
966 views

Pasca Gempa, Pedagang Kaki Lima Ini Raup Keuntungan Tiga Kali Lipat

PALU (voa-islam.com), Ribuan warga Palu eksodus ke luar daerah pasca gempa 7,4 SR mengguncang. BNPB menyebutkan jumlahnya mencapai angka 16.732.

Mayoritas warga berpindah karena kondisi Palu yang lumpuh total di awal-awal pasca Gempa, mulai dari lumpuhnya listrik, tidak beroperasinya Stasiun BBM, kerusakan bangunan dan permasalahan lainnya.

Namun diantara mereka, masih ada yang memilih bertahan dalam kota. Diantaranya adalah Herwanto, pria berusia 35 tahun yang berprofesi sebagai Pedagang Kaki Lima (PKL). Harwanto berjualan es campur demi menafkahi keluarganya di pinggiran jalan kota Palu.

Dia turut menjadi korban dari bergemuruhnya bumi Palu dan sekitarnya yang bermagnitudo 7,4 SR. Rumahnya hancur lebur, hingga membuatnya harus menghuni keramaian tenda pengungsian.

Kondisi kota Palu yang berangsur pulih, seperti normalnya instalasi listrik, beroperasinya puluhan SPBU, aktifnya instansi pemerintahan, menjadi titik kembali Herwanto untuk mencari nafkah. Beras 2 kg yang diterimanya dari bantuan setempat tak cukup memenuhi kebutuhan keluarganya. Apalagi demi memulai kembali kehidupan yang layak setelah gempa menimbun harta bendanya.

"Mau bagaimana lagi pak, kalau saya tak jualan, susah hidup saya. Karena hanya dari sini sumber ekonomi saya," ujarnya kepada Rustam Hafid relawan Wahdah Peduli, Selasa (9/10/2018).

Pria tiga anak ini menyebutkan, rejekinya justru bertambah setelah musibah gempa terjadi. Pasalnya, keuntungan yang didapatnya dari berjualan es campur meningkat.

"Dulu hanya sampai tiga ratus ribu pak, kini Alhamdulillah sudah sembilan ratus ribu, naik tiga kali lipatlah, Alhamdulillah," ungkap bapak tiga anak ini.

Herwanto berharap, warga seprofesinya kembali berdagang untuk membuktikan bahwa kota Palu telah berangsur pulih.

"Iya Alhamdulillah, listrik sudah normal, BBM lancar, pasar mulai ramai. Mudah-mudahan kota ini kembali seperti semula," pesannya.

Memasuki hari kesebelas, Pemerintah daerah terus melakukan pembenahan untuk meyakinkan kepada warga Palu, baik yang masih tinggal dalam kota maupun yang eksodus keluar, bahwa Palu telah aman untuk ditinggali.

Dari hasil pengamatan relawan Wahdah Peduli, puluhan SPBU telah aktif kembali, instalasi listrik telah diperbaiki, dan perbaikan lainnya. (bil/voa-islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Menunggak 3 Tahun, Dua Santri Yatim ini Tidak Bisa Ikut Ujian, Ayo Bantu..!!

Menunggak 3 Tahun, Dua Santri Yatim ini Tidak Bisa Ikut Ujian, Ayo Bantu..!!

Bercita-cita ngin jadi Dai hafiz Quran, Gasyim & Julaibib tak bisa ikut Ujian Nasional karena menunggak biaya selama 3 tahun (Rp 32 juta). Sang ibu tidak bekerja krn uzur sakit-sakitan....

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Baru berusia 9 bulan, bayi ini diuji dengan penyakit Kanker Pembuluh Darah. Kedua pipinya tumbuh dua benjolan sebesar kepal tangan orang dewasa. Ia harus segera dioperasi dan minum susu khusus...

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Hidup dengan satu kaki, pria asal Sibolga Tapanuli ini tak kenal putus asa. Setelah kakinya diamputasi karena tertabrak truk, ia justru makin rajin beribadah di masjid. Pria Batak ini butuh bantuan...

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Musibah muntaber tak henti-hentinya menimpa Ismail, anak aktivis dakwah Solo Raya. Sang ayah, Muhammad Arif adalah pekerja serabutan yang saat ini sedang mendapat ujian yang bertubi-tubi. ...

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Nyaris sempurna ujian hidup muallaf Nyoman Kawi. Di usia senja, ia tak bisa mencari nafkah karena stroke telah mematikan separo tubuhnya. Hidup sebatang kara, ia tinggal di gubuk lapuk yang tidak...

Latest News

Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X