Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.307 views

Bantuan untuk Desa Terisolir di Donggala

PALU - Gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter disertai tsunami menghantam Sulawesi Tengah pada 28 September 2018, praktis sempat membuat lumpuh 3 Kabupaten di sana. Selain menimbulkan ribuan korban jiwa dan luka, gempa dan tsunami juga mengakibatkan kerusakan pada bangunan serta terisolasinya beberapa daerah di Sulteng.

Ratusan NGO dan lembaga sosial dari berbagai latar belakang bahu membahu membantu tanggap bencana di Sulteng. Forum Jurnalis Muslim (Forjim) berkesempatan melihat langsung daerah bencana di Sulteng pada Ahad, 14 Oktober 2018.

Bersama Wahana Muda Indonesia (WMI) Care, Forjim diajak mendatangi desa-desa yang sempat terisolir selama lima hari pasca gempa di wilayah Donggala.

"Kita sudah sejak dua hari pasca gempa sudah membuka posko di Palu," kata koordinator lama WMI Care, Budhi Setiawan.

Perjalanan menuju lokasi desa, mengikut sertakan beberapa elemen yakni, Notaris Muslim Indonesia (NMI), Thoriquna, Bina Insan Kamil (BIK) Peduli dan Komunitas Kampung Muslim. Komunitas Muslimah Kajian Islam (KMKI). Nama-nama elemen di atas membentuk Aliansi "Bersatu untuk Palu dan Donggala" selama program peduli bencana berlangsung.

Dengan menggunakan 7 kendaraan, rombongan WMI menyusuri sepanjang pantai Palu dan Donggala. Dampak gempa dan tsunami masih nampak di daerah-daerah yang dilewati rombongan seperti bangunan hancur dan rubuh berserakan di sepanjang garis pantai. Bahkan, di satu titik daerah yang dilewati, Forjim masih mencium bau busuk menyengat di antara reruntuhan bangunan-bangunan di pinggir pantai Donggala.

"Biasanya, bau ini timbul dari jasad-jasad yang masih tertimbun dan belum terevakuasi," ucap Budhi saat menemani perjalanan. Selama di perjalanan, beberapa kali kendaraan rombongan juga harus melewati sisa-sisa longsoran bukit yang memutus jalan utama.

Dari kota Palu, rombongan WMI harus menempuh kurang lebih 90 KM untuk tiba di Desa Lende Tovea (Sibera), Kec. Sirenja, Donggala (Pantai Barat). Desa yang sempat terisolasi seusai gempa menghantam Donggala.

Setibanya di Lende Tovea, tim diperlihatkan kondisi yang cukup mengenaskan. Seluruh bangunan di desa rata dengan tanah, masyarakat sekitar mencoba bertahan hidup dengan membuka tenda dan memanfaatkan bangunan yang masih bisa tegak dan beratap.

Meski tidak terkena tsunami, penduduk desa dengan 640 Kepala Keluarga itu sempat melarikan diri ke bukit dan gunung. Awal gempa, mereka takut ada tsunami susulan, seperti dialami dua desa tetangganya.

"600 orang mengungsi di gunung, tapi sekarang mereka sudah kembali ke desa," ungkap Kepala Desa Lende Tovea, Rahmat.

Selama terisolir, beberapa warga desa mencoba berkomunikasi dan mencari bantuan ke daerah luar dengan melakukan perjalanan menggunakan perahu di laut. Sebab, logistik pada saat itu sudah sangat menipis. "Kita makan cuma dengan buah pisang dari kebun dan gunung-gunung selam lima hari,"cetus Rahmat.

Di Lende sudah ada sebuah tenda darurat dari pemerintah, temda di pergunakan untuk menaruh bantuan logistik. Secara umum masyarakat masih dalam kondisi sulit, penerangan listrik masih belum normal dibandingkan di kota Palu. Otomatis, desa Lende Tovea gelap gulita saat malam menjelang, hanya di tenda posko pemerintah nampak lampu menyala yang mendapat energi listrik dari tenaga genset.

Setiba di Lende Tovea, relawan WMI membangun komunikasi dengan kepala desa. WMI juga melakukan pemetaan kondisi di desa untuk membaca kebutuhan apa yang diperlukan masyarakat. Karena, WMI berencana membangun posko di Lende Tovea.

"Kalau diizinkan, kami ingin menaruh satu posko di sini (Lende), agar bisa membantu dan mensuplai kebutuhan di sini," ujar Budhi. "Kami izinkan untuk membuka posko di sini," sahut Kepala Desa Lende Tovea.

Rombongan relawan, menyempatkan diri shalat di masjid darurat desa Lende Tovea, kemudian relawan mendrop logistik di desa. Rincian logistik, kurang lebih diantaranya beras, telur, mie instan, air mineral, tenda, nasi bungkus, dan genset.

"Ditotal, bantuan logistik sebanyak 2 ton untuk desa Lende Tovea," ucap Budhi.

Dalam kesempatan itu, Pesantren Bina Insan Kamil (BIK) Peduli turut menyumbang dana sebesar 50 juta untuk desa Lende Tovea. Uang secara simbolik diserahkan langsung oleh koordinator BIK Peduli Ustadz Anshari Taslim kepada Kepala Desa.

"Kami fokus membantu pembangunan pendidikan dan keagamaan, insyaAllah kita siap bekerjasama dengan WMI untuk program ke depan di sini,"ujarnya.

Selain bantuan logistik, ibu-ibu dari KMKI dan NMI sempat menghibur anak-anak pengungsi di masjid. Para ibu mengajak berbincang anak-anak dan memberi bantuan buku tulis, al Quran, makanan ringan serta uang saku.

"Jadi anak yang solih dan sholihah ya anak-anak..," ucap rombongan para ibu.

Seusai dari Lende Tovea, rombongan relawan juga memberi bantuan logistik di Desa Sibado, Kec. Sirenja dan Desa Sindue Donggala pada malam harinya, diantaranya memberi bantuan beras, telur dan genset.

 

*Program Masjid Rintisan*

Ketua WMI Care Handriansyah mengatakan salah satu program andalan WMI dan network untuk bencana gempa dan Tsunami di Sulteng adalah pembangunan masjid rintisan. Tim WMI sudah mulai melakukan pendataan desa-desa yang masjidnya hancur dan tidak bisa digunakan kembali.

"Masjid di bangun berpola darurat diawal, kemudian akan kita arahkan pembangunan masjid secara permanen dalam iringan waktu," katanya.

Menambahkan, menurut Budhi, dalam waktu dekat WMI Network akan membangun 10 masjid di Palu dan Donggala. Ia mengajak para donatur yang ingin terlibat program tersebut untuk segera menghubungi WMI.

"Satu masjidnya dibutuhkan 40 Juta biayanya,"lontarnya. Salah satu desa yang didahulukan pembangunan masjid rintisan adalah desa Lende Tovea. Sebab, satu-satunya masjid besar di desa, yakni masjid Istiqomah sudah hancur rata dengan tanah. Program pembangunan masjid rintisan, imbuh Budhi, memiliki dua aspek, yaitu aspek fisik dan aspek ruhani.

"Jadi, bukan hanya masjid kita bangun. Nanti kita bina juga dakwah dan pendidikan agama di desa,"tandasnya.

WMI dan network rencananya akan mengawal penanganan bencana di Sulteng hungga tahap pemulihan. Sebagaimana, program tersebut berjalan saat penanganan gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat. []

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Terpapar Virus, Bayi Khatthab Kritis 13 Hari di Rumah Sakit. Ayo Bantu.!!

Terpapar Virus, Bayi Khatthab Kritis 13 Hari di Rumah Sakit. Ayo Bantu.!!

Tergolek kritis di rumah sakit karena terpapar virus yang menjalar ke otak, biaya perawatan 13 hari sudah mencapai 28 juta. Kedua orang tuanya adalah aktivis pejuang dakwah berekonomi dhuafa,...

IDC Serahkan Motor kepada Dai Gunung Lawu. Ayo Wakaf Motor Dakwah

IDC Serahkan Motor kepada Dai Gunung Lawu. Ayo Wakaf Motor Dakwah

Beratnya tugas dai pedalaman di Gunung Lawu. Jarak tempuh dan medan pedalaman sering kali harus membelah hutan, naik turun bukit, jalan berkelok, aspal rusak dan tanah becek. Ayo Wakaf Motor...

Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an Dirawat Inap Sakit Typus. Ayo Bantu.!!

Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an Dirawat Inap Sakit Typus. Ayo Bantu.!!

Tanpa didampingi ibu dan ayah yang sudah wafat, Muhammad Zulfian harus berjuang melawan penyakit typus saat mengejar cita-cita di Rumah Tahfizh Al-Qur'an Sidoarjo, Jawa Timur...

Mujahid Dakwah di Pelosok Sidokerto Menderita Gagal Ginjal. Ayo Bantu..!!

Mujahid Dakwah di Pelosok Sidokerto Menderita Gagal Ginjal. Ayo Bantu..!!

Uzur gagal ginjal, Ustadz Darmanto tak bisa berdakwah dan mencari nafkah. Untuk menutupi biaya berobat dan pesantren anak-anaknya sebesar 3,5 juta perbulan, ia mengandalkan gaji istri guru TK...

Warga Bugel Polokarto Butuh Dakwah, Ayo Bantu Wakaf Quran dan Perangkat Taklim

Warga Bugel Polokarto Butuh Dakwah, Ayo Bantu Wakaf Quran dan Perangkat Taklim

Warga di pelosok Polokarto Sukoharjo yang masih minim dakwah ini sangat haus terhadap pengajian dan pembinaan Dinul Islam. Ayo bantu wakaf, pahalanya terus mengalir berlipat-lipat tak terbatas...

Latest News
Saham 54 Industri Ini Bisa Dikuasai Asing 100 Persen, Ini Reaksi Ekonom

Saham 54 Industri Ini Bisa Dikuasai Asing 100 Persen, Ini Reaksi Ekonom

Senin, 19 Nov 2018 10:37

Kuwait Usir Bloger Kontroversial Israel Ben Tzion

Kuwait Usir Bloger Kontroversial Israel Ben Tzion

Senin, 19 Nov 2018 10:05

Taliban Adakan Pembicaraan Dengan Utusan AS di Qatar

Taliban Adakan Pembicaraan Dengan Utusan AS di Qatar

Senin, 19 Nov 2018 09:00

Catatan Ibu Rumah Tangga: Tolak Perda Agama, PSI Tak Demokratis?

Catatan Ibu Rumah Tangga: Tolak Perda Agama, PSI Tak Demokratis?

Ahad, 18 Nov 2018 23:57

Said Aqil Siradj Tak Sependapat dengan Pernyataan Ketua Umum PSI Terkait Perda Agama

Said Aqil Siradj Tak Sependapat dengan Pernyataan Ketua Umum PSI Terkait Perda Agama

Ahad, 18 Nov 2018 21:54

Seorang Pembom Jibaku Wanita Ledakkan Diri Dekat Kantor Polisi Grozny Chechnya

Seorang Pembom Jibaku Wanita Ledakkan Diri Dekat Kantor Polisi Grozny Chechnya

Ahad, 18 Nov 2018 21:30

Serangan Jihadis Suriah Tewaskan 18 Tentara Rezim Assad di Latakia

Serangan Jihadis Suriah Tewaskan 18 Tentara Rezim Assad di Latakia

Ahad, 18 Nov 2018 21:00

Sumber Israel Akui Hamas Miliki Rudal Pengubah Permainan yang dapat Mencapai Israel dengan Mudah

Sumber Israel Akui Hamas Miliki Rudal Pengubah Permainan yang dapat Mencapai Israel dengan Mudah

Ahad, 18 Nov 2018 20:35

Pembalut untuk Nge-fly, Situ Remaja Sehat?

Pembalut untuk Nge-fly, Situ Remaja Sehat?

Ahad, 18 Nov 2018 16:49

Pasukan Rezim Assad Rebut Kembali Benteng Terakhir Islamic State di Suriah Selatan

Pasukan Rezim Assad Rebut Kembali Benteng Terakhir Islamic State di Suriah Selatan

Ahad, 18 Nov 2018 14:00

Ada Nilai-nilai Agama di Prinsip Berbangsa

Ada Nilai-nilai Agama di Prinsip Berbangsa

Ahad, 18 Nov 2018 13:35

Eggi Sudjana: Pernyataan Grace Lebih Parah dari Ahok

Eggi Sudjana: Pernyataan Grace Lebih Parah dari Ahok

Ahad, 18 Nov 2018 12:58

Puisi Fadli: Petruk jadi Raja

Puisi Fadli: Petruk jadi Raja

Ahad, 18 Nov 2018 12:35

Janji Prabowo-Sandi: Cetak Uang Braille

Janji Prabowo-Sandi: Cetak Uang Braille

Ahad, 18 Nov 2018 11:35

Poster Raja Jokowi hingga Akun-akun Robot

Poster Raja Jokowi hingga Akun-akun Robot

Ahad, 18 Nov 2018 10:35

5 Tentara Filipina Tewas 23 Terluka dalam Penyergapan Kelompok Abu Sayyaf di Jolo

5 Tentara Filipina Tewas 23 Terluka dalam Penyergapan Kelompok Abu Sayyaf di Jolo

Sabtu, 17 Nov 2018 18:15

Pemimpin Hamas Bersumpah Targetkan Tel Aviv Jika Israel Kembali Melakukan Agresi ke Gaza

Pemimpin Hamas Bersumpah Targetkan Tel Aviv Jika Israel Kembali Melakukan Agresi ke Gaza

Sabtu, 17 Nov 2018 17:30

Laporan: CIA Simpulkan Mohammed Bin Salman Perintahkan Pembunuhan Khashoggi

Laporan: CIA Simpulkan Mohammed Bin Salman Perintahkan Pembunuhan Khashoggi

Sabtu, 17 Nov 2018 15:00

Sungguh Ukhti, Cantikmu Beda

Sungguh Ukhti, Cantikmu Beda

Sabtu, 17 Nov 2018 11:02

JNIM Nyatakan Bertanggung Jawab atas Pemboman di Kota Gao Mali Utara

JNIM Nyatakan Bertanggung Jawab atas Pemboman di Kota Gao Mali Utara

Jum'at, 16 Nov 2018 21:45


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X