Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.580 views

Penjaga Masjid Kuno, Selamat Dari Terjangan Tsunami

DONGGALA (voa-islam.com), Tahir syarif tidak menyangka, rutinitas doa yang dia lakukan di pinggir laut kali ini mengancam keselamatan nyawanya. Tahir selaku penjaga cagar budaya masjid Al Amien di pinggir pantai desa Wani 2, Kab. Donggala, Sulawesi Tengah, kerap berdoa di pinggir laut mendoakan para ulama yang sudah meninggal dan kuburnya banyak di pinggir pantai.

Tapi kali ini, tak lama Tahir berdoa, air pantai desa Wani itu tiba-tiba surut, melihat air laut surut, Tahir menyadari secepatnya bahwa itu adalah tanda-tanda tsunami. Reflek, ia berusaha berlari dari pinggir pantai. Namun nahas, gelombang air laut dengan cepat menghantam Tahir, hingga ia terjerembab di pasir. Entah bagaimana, Tahir yang hampir putus asa, merasa punya harapan baru, ketika ada kekuatan yang menarik tangannya, ia akhirnya bisa bertahan dari hantaman ombak dan tarikan gelombang air.

"Seperti ada yang pegang tangan saya, saya langsung merayap dan merangkak ke arah jalan pemukiman sambil teriak ada tsunami.. Ada tsunami," ceritanya kepada voa-islam.

Dalam pantauan voa-islam, sebelum menyentuh bibir pantai, pantai masih dipisahkan oleh bangunan barisan rumah. Lalu ada barisan-barisan rumah lagi dipisahkan oleh gang atau jalan setapak. Saat Tahir berteriak memperingatkan datangnya tsunami, ombak yang menghantam pantai adalah gelombang pertama.

Saudara dari Tahir yang berada di atas rumah panggung kuno terjebak di lantai atas, hingga harus melompat dari atas rumah. "Saudara saya berhasil melompat dan selamat, tapi tangannya patah," ungkapnya.

Hingga, setelah itu, gelombang kedua tsunami yang cukup besar menghantam semua pemukiman di pinggir pantai Wani, menghancurkan banyak rumah penduduk, hanya menyisakan beberapa rumah dan masjid Al-Amien serta kuburan Habib Agiel Al-Mahdali, salah seorang dai asal Yaman yang berdakwah dan mengislamkan wilayah Donggala.

"Masjid kondisinya masih baik, hanya saja sebelun dibersihkan masjid sangat kotor dengan tumpukan puing," tutur Tahir.

Namun, cagar budaya berupa rumah kuno tidak tersisa, hancur rata dengan tanah. Rumah berusia ratusan tahun itu tidak kuat menahan terjangan gelombang kedua tsunami. Tak hanya menghancurkan bangunan, tsunami di pantai Wani juga merenggut banyak nyawa warga sekitar, termasuk kerabat dari Tahir.

"Keponakan saya meninggal karena tsunami," ujarnya.

Meski situasi sulit, Tahir tetap setia menjaga dan mengurus masjid Al-Amien yang turut dikelola oleh dinas pariwisata setempat itu. Tahir juga nampak lancar menceritakan sejarah dan banyak hal soal sejarah masjid kuno dan awal dakwah islam di bumi Donggala.

"Masjid ini didirikan oleh Syarifah Aisyah bintu Yahya Al Mahdali, cucu dari Syaikh Agiel Al Mahdali, datang dari Yaman, yang pertama kaki sebarkan Islam di sini," cerita Tahir kepada voa-islam.

Tahir berharap, banyak pihak yang mau membantu masjid, dirinya, serta warga sekitar yang terkena dampak gempa.

"Tolong kabari, agar masjid di bantu juga kalai ada datang bantuan," ucap Tahir menitip haraoan kepada voa-islam dna rombongan. (bil/voa-islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 19/03/2024 13:13

Puasa dan Tingkatannya