Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.546 views

Direktur Lembaga Wakaf MUI: Potensi Wakaf Indonesia Rp3.827 Triliun

JAKARTA (voa-islam.com)--Direktur Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia (LW-MUI), Muhammad Rofiq Thoyyib Lubis Ustaz Rofiq, mengajak kepada perwakilan lembaga wakaf di daerah untuk membangun lembaganya sebagai nazir wakaf, sehingga ke depannya wakaf bisa bangkit di Indonesia.


"Bagaimana juga tadi lembaga-lembaga lain yang belum nadzir wakaf, kita ajak nadzir wakaf. Bagaimana juga anak muda dari mahasiswa dan dosen, dan dari ICMI tadi bagaimana sama-sama kita bangkit bersama untuk mewujudkan cita-cita bangsa ini," kata Ustaz Rofiq kepada wartawan disela-sela pelatihan Sahabat Wakaf Indonesia di Kantor MUI Pusat, Kamis (25/10).


Pelatihan ini, dikatakan Ustadz Rofiq, dihadiri sekitar 100 pegiat wakaf dari berbagai elemen untuk percepatan penghimpunan dana wakaf di Indonesia. “Pelatihan ini dihadiri berbagai eleman dari Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Bahkan, pesertanya juga ada dari kalangan ibu rumah tangga, majelis taklim, dan para ustadz.”


“Dalam membangkitkan wakaf, Lembaga Wakaf MUI bukan bertindak sebagai regulator, tapi sebagai fasilitator. Sementara, kata dia, yang menjadi regulator perwakafan adalah Badan Wakaf Indonesia (BWI),” ujar Founder Wakaf Asuransi Syariah ini menambahkan.


"Lembaga Wakaf MUI bukan regulator tapi fasilatator. Teman-teman yang belum jadi nazir atau yang belum punya lembaga kita bantu untuk membangkitkan wilayahnya untuk menjadi perwakilan LW MUI di seluruh Indonesia," jelas Ustaz Rofiq.


Ustaz Rofiq mengatakan, hari ini kita training sahabat wakaf Indonesia. Kita mengajak komponen masyarakat yang hari ini Alhamdulillah datang dari kampus, dari agen asuransi, perbankan, ada dosen, MUI daerah, bahkan ada dari Departemen Agama. Hampir seluruh komponen ada," ujar Ustaz Rofiq.


Dalam pelatihan, Ustaz Rofiq memaparkan tentang berbagai program yang bisa membangkitkan wakaf di Indonesia dan tentang penghimpunan dana wakaf. Dia berharap, para peserta yang datang dari berbagai elemen tersebut nantinya bisa mensosialisasikan upaya membangkitkan wakaf di daerahnya masing-masing.


"Mudah-mudahan mereka kembali mensosialisasikan ini, sehingga dalam training kita harapkan di seluruh masyarakat. Ada nadzir wakaf juga yang hadir tadi, bagaimana nazir wakaf juga bekerjasama bermitra satu objek wakaf. Kita lakukan sama-sama," ucapnya.


Materi Pelatihan
Saat memberi pelatihan Sahabat Wakaf Indonesia di Kantor MUI Pusat, Ustaz Rofiq Lubis menyampaikan materi dengan tema “Potensi Wakaf di Indonesia”. Bicara Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf (Ziswaf), Ustaz Rofiq mengutip ayat: “Sesungguhnya Zakat itu hanyalah milik orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, mualaf, untuk memerdekakan hamba sahaya, orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan ...” (QS.9-At Taubah 60)


Pengertian Wakaf, dikatakan Ustaz Rofiq, adalah perbuatan hukum seseorang atau kelompok orang atau badan hukum yang memisahkan sebagian dari benda miliknya dan melembagakannya untuk selama-lamanya guna kepentingan ibadah atau keperluan umum lainnya sesuai dengan ajaran Islam.


Masjid Kuba Wakaf Rumah Ibadah yang pertama dibangun Rasulullah. Masjid Nabawi, merupaka wakaf Abu Bakar Siddiq sebesar 10 dinar yang dibeli Rasulullah dari Bani Nazar. Begitu juga wakaf Umar bin Khattab ra berupa sebidang kebun kurma di Tanah Khaibar, merupakan harta yang disukainya karena subur dan banyak hasilnya.


Umar ra meminta nasihat kepada Rasulullah, maka Rasulullah SAW. bersabda: “Bila engkau suka, kau tahan (pokoknya) tanah itu, dan engkau sadekahkan (hasilnya). “Kemudian Umar mensadekahkan (tanahnya untuk dikelola), tidak dijual, tidak dihibahkan dan tidak diwariskan.


Selanjutnya, Ustaz Rofiq menjelaskanm ada dua jenis wakaf, yakni: Wakaf Ahly atau Dzurri, yaitu wakaf yang ditujukan siwakif untuk kepentingan keluarganya (Dzurri) atau untuk kepentingan orang-orang tertentu yang bukan keluarganya. Merekalah yg berhak mengambil manfaatnya yang ditunjuk dalam pernyataan wakaf.


Kedua, Wakaf Khairi (kebaikan umum) yaitu wakaf yang secara tegas untuk kepentingan keagamaan, seperti pembangunan masjid, kuburan, memelihara anak yatim. Kemudian untuk kepentingan kebajikan umum, seperti pembangunan sekolah, jembatan, rumah sakit. Lalu untuk kepentinga produktif, seperti bantuan modal dan pembangunan sektor bisnis.


Ustaz Rofiq menjelaskan, potensi keuangan umat Islam atau zakat di Indonesia adalah senilai Rp.287.000.000.000.000. Adapun potensi dana umat (data 2017) adalah mencapai Rp.11.480.000.000.000.000.


Bagaimana cara menghimpun dana wakaf?

Pertama, dengan Wakaf Sapu Jagat (WS), yaitu berupa sedekah jariyah, masing-masing: 50% Sedekah jariyah dan Wakaf Investment, dan 50% sedekah , amilin dan micro financing (Indonesia bebas riba). Kedua, dengan Wakaf Asset (Wakaf 1/3 Asset langsung) berupa rumah, perusahaan, dan kendaraan Bermotor.


Selanjutnya melalui Wakaf Asset melalui asuransi. “Karena itu perlu bersinergi dengan asuransi syariah sebagai solusi untuk mencapai potensi wakaf sebesar Rp. 3.827 triliun." *[Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 14/05/2024 09:10

Runtuhkan Zionis, Rebut Baitul Maqdis!