Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.956 views

LK ESQ Ajak Seribu Yatim Dhuafa Bermain Permainan Rakyat di TMII

JAKARTA (voa-islam.com)—Lembaga Kemanusiaan ESQ (LK ESQ) menggelar kembali menggelar Semesta Ramadhan. Kegiatan rutin setiap Ramadhan ini selalu melibatkan anak yatim dhuafa.

Pada Ramadhan tahun ini kedelapan kalinya Semesta Ramadhan digelar. Pada kesempatan ini Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menjadi tempat pelaksanaan yang melibatkan 1000 anak yatim dan dhuafa ini, Rabu (29/5/2019). Peserta berasal dari Jakarta dan daerah-daerah sekitar seperti Bogor, Bekasi, Depok, Tangerang, hingga Cikarang.

Ketua Umum LK ESQ Hj Lea Sri Indari Irawan mengungkapkan pelaksanaan Semesta Ramadhan kali ini mengangkat tema Jelajahi Permainan Rakyat Nusantara.

Lea menjelaskan, saat ini banyak anak-anak yang tidak pernah merasakan permaian rakyat. “Saat ini, anak-anak kita seperti punya dunia sendiri, yakni gadget. Permainan rakyat seperti layang-layang, gangsing, gundu terlupakan hampir tidak pernah anak-anak sekarang bermain permainan itu,” ujar Lea kepada wartawan di lokasi acara, Rabu (29/5/2019).

Dikatakan Lea, manfaat permainan rakyat tersebut sangat besar bagi perkembangan anak-anak. “Permainan tersebut membentuk team work anak-anak. Mereka bermain bersama-sama, berkumpul,” ujar Lea.

Dipilihnya TMII, jelas Lea, karena anjungan-anjungan di TMII dapat memfasilitasi keinginan agar anak-anak bermain dengan permainan tradisional. 1000 anak itu kemudian dibagi ke lima anjungan untuk bermain Gasing, Egrang, Dampu, Congklak, Kelereng, Galasin, Karet, dan permainan Nusantara lainnya.

Lea berharap selepas mereka mengikuti acara tersebut bisa dilakukan kembali di rumah masing-masing. “Mudah-mudahan di rumah setelah ikuti acara ini, mereka main gangsing, gundu, dan lain-lain. Permainan ini membutuhkan teman untuk bermain,” kata Lea.

Sementara itu, pendiri ESQ Ary Ginanjar Agustian menyambut baik acara ini. Menurut Ary, acara ini sangat unik dalam rangka membangun kepedulian. “Ramadhan adalah bulan membangun kepedulian. Saya melihat hal yang unik. Kepedulian ini unik, yang tidak biasanya dilakukan oleh lembaga lain. Tidak hanya memberi uang, biasanya kalau diberi uang cepat lupa,” ujar Ary.

Dikatakan Ary, saat ini anak-anak tengah dilanda kecanduan gadget. Maka, acara Semesta Ramadhan kali ini sangat pas untuk mengalihkan gadget dari anak-anak dengan permainan rakyat.

“Kita lihat, anak-anak kita ini tak pernah main gangsing, gundu, berkumpul dengan teman-teman,” kata Ary.

Dalam kegiatan ini LK ESQ juga memberikan uang santunan, bingkisan dan perlengkapan sekolah bagi 1.000 anak yatim, piatu, dan dhuafa.

Semesta Ramadhan dengan konsep edutainment ini mendapat dukungan dari berbagai perusahaan, di antaranya PT. L’essential, PT. Pegadaian (Persero), Yayasan Baitul Maal BRI (YBM BRI), Paxel, CIMB Niaga Syariah, Lotteria, Sandal Lucu (Sancu), Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa (YWBNB), APP Sinarmas, TRAC, Green Bottle, dan Taman Mini Indonesia Indah.* [Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X