Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
20.684 views

Di Muktamar KBPII, Soetrisno Bachir Kampanyekan Nasionalisme Baru

 
 
YOGYAKARTA (voa-islam.com)--Era ekonomi yang ditandai dengan berkembangnya fenomena kekuatan bisnis data seperti unicorn menandai kebangkitan bisnis kaum milenial Indonesia. Big data seperti Bukalapak.com, Tokopedia.com, Shopee kini menjadi platform baru dalam geliat ekonomi di Indonesia.
 
Berbicara pada Kegiatan “Mentoring Busines Usaha” yang dihadiri 100 lebih peserta dari seluruh Indonesia pada kegiatan Rangkaian Muktamar Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KBPII) di Yogjakarta, Kamis (14/11/2019), Ketua Komite Ekonomi Industri Nasional, Soetrisno Bachir  mengatakan kegembiraannya berbicara di kalangan pengusaha pemula. Selain itu, hadir juga Sandiaga Uno, dan Andi Arsian Djunaid.
 
Memulai pembicaraan dalam tataran global, Mas Tris sapaan akrab mantan Ketua KB PII  ini mengatakan sejak Trump terpilih sebagai Presiden Amerika, negeri Paman Sam ini dipimpin Trump layaknya seperti memimpin perusahaan. Terbukti ekonomi  Amerika tumbuh dengan baik. Kenapa? Persis seperti mimpin binsis, Trump tidak mau rugi, maka ia juga tidak mau rugi mimpin AS. Akibatnya ia tidak mau ikuti model perdagangan bebas karena ia yakin akan kalah dengan China. Padahal rejim perdagangan bebas (free trade) itu adalah ciptaan Amerika sendiri.
 
Akibatnya, lanjut Mas Tris, barang-barang China yang mau masuk ke AS dikenakan pajak yang tinggi. China pun menolak dan melawan hingga terjadi Trade War (perang dagang) hingga kini.
 
Mas Tris menuturkan, banyak negara yang mengambil untung akibat perang dagang super power ini, contohnya Taiwan. Produk Taiwan banyak masuk ke AS ketimbang China.  Indonesia, termasuk sayangnya tidak berhasil memanfaatkan Trade War ini karena pola dagangnya masih ikuti mazhab Free Trade. Harusnya ada special envoy yang melobi pasar AS seperti halnya Taiwan.
 
Kembali ke soal Unicorn, Mas Tris melihat kaum milenial Indonesia dengan diiming-iming hadiah jalan-jalan ke luar negeri, banyak membeli barang impor.  Kebiasaan membeli barang-barang impor ini jelas akan merusak ekonomi kita.  Karena, devisa kan jelas keluar negeri  (capital flight).
 
Hadiah jalan-Jalan ke luar negeri telah menyebabkan pariwisata kita kalah dengan Singapura dan Malaysia. Singapura negeri yang hanya "seupil" wilayah dibandingkan dengan kita, pemasukan dari sektor pariwisata luar bisa. Kita kalah juga dengan Malaysia yang  wisatanya 30 juta per tahun sementara kita cuma 16 juta.
 
Mas Tris menganalisa, salah satu kekalahan kita dibandingkan dengan negara tetangga pesaing kita yang tumbuh pesat seperti Vietnam dan Kamboja adalah karena mereka tumbuh pesat karena berfikir out of the box.
 
“Kalau kita berfikir linear terus maka ekonomi kita akan nyungsep. Kita harus berfikir out of the box, peranan APBN cuma 20 persen di negara maju. Selebihnya peranan para pengusahanya,” gugah Mas Tris. 
 
Dalam konteks membangun kelompok pengusaha inilah, Mas Tris memandang penting ormas-ormas Islam seperti KBPII, Muhammadiyah dan NU agar terus melakukan mentoring untuk mengubah mindset para pengusaha muda.  
 
“Nasionalisme ekonomi ini yang kita harus bangkitkan. Kita dijajah dengan produk Impor seperti buah, pacul, peniti dan mobil,” paparnya.
 
Agar bisa berhasil, lanjut Mas Tris, maka harus ada sinergi antara pelaku usaha, pemerintah, dan perguruan tinggi.  Thailand maju karena industri buahnya banyak melakukan riset di samping kemasannya juga sangat menarik.
 
“Jadi, kualitas produk itu harus memiliki value added utamnya dibidang inovasi dan kemasan agar kita tidak kalah bersaing dengan produk impor  di dalam negeri,” pungkasnya.* [Zul/Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X