Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.938 views

UIN Sunan Gunung Djati Bandung Gelar Halalbihalal Virtual

BANDUNG (voa-islam.com)--Di tengah upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19, untuk kali pertama civitas akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung menggelar Halalbihalal 1441 H melalui telekonferensi aplikasi zoom dan disiarkan secara langsung pada kanal Youtube Humas UIN SGD Bandung, Kamis (28/05/2020).

Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si menjelaskan acara halalbihalal virtual ini diisi tausiah dari Prof. Dr. H. Afif Muhammad, MA, dan doa bersama dipimpin langsung oleh Prof. Dr. H. Rachmat Syafe'i, MA yang diikuti unsur Guru Besar, para Wakil Rektor, Kepala Biro, Direktur dan Wakil Direktur, Dekan dan Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Jurusan/Prodi S1, S2, S3, Kepala dan Sekretaris SPI, Ketua Lembaga dan Kepala Pusat, Kepala Bagian, Kepada Sub Bagian, dosen, sampai staf di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. "Sebelum acara tausiah dan doa bersama, Ketua Senat Universitas, Prof. Dr. H. Nanat Fatah Natsir, Ms. memberikan sambutan dan selama acara halalbihalal online berlangsung dipandu oleh Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Dr. Ija Suntana, M. Ag. Perbedaannya tidak ada musofahah karena dilakukan secara online, tapi bukan berarti silaturahmi dan saling maaf memaafkan tidak ada," tegasnya.

Rektor mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1441 H, "Saya atas nama pribadi dan insitusi, dalam suasana saat ini mengucapkan Minal Aidzin wal Faidzin, Taqabbalallahu Minna wa Minkum, mohon maaf lahir dan batin, apabila selama ini banyak aktivitas baik yang menyangkut ucapan, tindakan atau yang kebijakan yang dirasa itu tidak menyenangkan atau dianggap tidak tepat, atas nama pribadi maupun insitusi saya memohon dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya," ujarnya.

Menurutnya, halalbihalal merupakan bagian dari silaturahmi. Salah satu upaya menyempurnakan Idul fitri itu melalui saling memaafkan terhadap sesama. "Kita berdoa mudah-mudahan serangkaian amaliah ramadhan kita yang sudah dilaksanakan diterima oleh Allah sebagai alam ibadah yang bernilai," paparnya.

Untuk tahun ini, civitas academika UIN Sunan Gunung Djati turut berduka cita atas meninggalnya enam tokoh keluarga besar, "dari mulai almarhum Bapak Ahmad Subandi sampai yang terakhir kemarin Bapak Ma'mun. Oleh karena itu, kita doakan mudah-mudahan almarhum-almarhumah yang meninggal Allah jadikan sebagai hamba Allah yang mulia di sisi-nya dan meninggal dalam keadaan khusnul khotimah dan kita berdoa yang masih hidup mudah-mudahan Allah berikan kesematan kesehatan lahi dan batin, sehingga kita masih bisa melaksanakan berbagai macam kegiatan dalam rangka mengabdi kepada lembaga yang kita cintai," paparnya.       

Akibat pandemi Covid-19 ini UIN Sunan Gunung Djati Bandung menghadapai berebapa persoalan mulai dari program kegiatan di dalam negeri dan luar negeri, penelitian, rencana pembangunan 3 gedung kembar di Kampus II, proses pelaksanaan perkuliahan online, sampai mahasiswa yang menuntut kuota pulsa dan UKT. "Sehubungan dengan adanya penghematan oleh pemerintah dan pengalihan dana untuk penanggulangan Corona. Satu pihak kita dituntut agar prestasi yang sudah kita dapatkan ini bisa dipertahankan dengan bekerja keras dan pihak lain terjadi penghematan. Oleh karena itu mohon maklum seklaigus mencari solusinya. Mudah-muadan kita bisa melewati musibah ini dengan terus bersyukur, bekerja dan mengabdi," jelasnya.

Dalam tausyiahnya Prof. Afif Muhammad, mengajak civitas akademika untuk bersyukur atas diberi kesehatan, selamat, semakin membaik dengan terus melakukan silaturahmi. Meskipun dalam konsidi pandemi Covid-19. "Termasuk pertemuan ini yang memakai zoom. Berkat teknologi kita bisa melakukanya. Ini harus disyukuri dari manfaat teknologi, IT, kalau tidak ada internet, kita akan bengong, tidak bisa buka hp, tidak bisa bersilaturahmi, youtuban dalam situasi kondisi ini," paparnya.

Segala sesuatu itu pasti ada manfaat dan sisi madhorotnya. "Adanya internet ini menjadi banyak pendapat, simpang siur selama ini, para mubaligh menyampaikan pendapat, yang lain membantahnya, dikompori orang lain, sehingga terjadi caci-maki yang menyebabkan perkembangan perubahan sikap. Kalau terus bertentangan antara ustadz satu dengan ustadz yang lain. Ini menyebabkan dua kemungkinan; Pertama, kita diharuskan memilih diantara pendapat-pendapat itu yang muncul fanatisme kelompok, fanatisme perorangan, fanatisme golongan; Kedua, acuh, tidak perduli terhadap pendapat-pendapat itu yang kita kenal pada saat Pilpres dengan istilah post-truth, pasca-kebenaran, karena ini bertentangan. Jadi yang dipegangnya itu apa yang diyakini. Menurut saya seperti ini tidak peduli orang lain dan terus berkembang. Oleh karena itu, masyarakat kita sulit diatur, disuruh tinggal di rumah sulit sekali. Jangankan kata antar sesama manusia, perintah Tuhan dipersoalkan, dipertanyakan, dianggap tidak baik, bahkan kita rewel terhadap perintah Tuhan," keluhnya.

Dalam kontek kampus, pemimpin diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. “Saya tidak bisa membayangkan bagaimana Pa Rektor ngatur orang di UIN, jumlahnya 3.000 karyawan dan dosen, yang satu sama lain saling beda pendapat. Belum mahasiswanya. Kalau perbedaan qunut dan tidak qunut gampang pa Rektor menyeselesaikan. Kalau  perbedaan berdasarkan nafsu, yang mendorong untuk saling menjelekan, memitnah, mengorbankan sangat sulit, tidak mungkin bisa dilayani satu persatu. Kalau itu dilakukan akan melelahkan dan tidak mungkin dapat memuaskan semua orang,” jelasnya.

Jika kita mengikutinya akan dikategorikan sebagai Nasrudin Joha dengan keledainya. "Perbedaan itu hal yang wajar terjadi di masyarakat, tinggal bagaimana kita penyikapinya."

Baginya suasana halalbihalal ini harus dijadikan waktu yang tepat untuk terus melakukan berbagai aktivitas kebaikan dengan mendahulukan akhlak, moral daripada pujian dalam meningkatkan marwah kampus.

Dalam acara halalbihalal virtual ini Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si meluncurkan tampilan website baru www.uinsgd.ac.id "Mudah-mudahan menjadi etalase UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di kampus tercinta," pungkasnya.* [Ril/Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Bebas dari penjara ia taubat dan hijrah, tapi kesulitan pekerjaan. Saat ekonomi terjepit, datang tawaran bisnis haram dari sesama mantan napi. Ia butuh dana 7,5 juta rupiah untuk modal usaha...

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Latest News
Rapatkan Barisan, Pemuda Muhammadiyah Gelar Rakornas

Rapatkan Barisan, Pemuda Muhammadiyah Gelar Rakornas

Selasa, 29 Sep 2020 20:55

Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional Kecam Pembunuhan 2 Nelayan Palestina Oleh Tentara Mesir

Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional Kecam Pembunuhan 2 Nelayan Palestina Oleh Tentara Mesir

Selasa, 29 Sep 2020 20:50

KAMI Beruntung, Semakin Dibesarkan oleh Demo Penolakan

KAMI Beruntung, Semakin Dibesarkan oleh Demo Penolakan

Selasa, 29 Sep 2020 20:37

Saudi Paksa Para Pedagang Untuk Tidak Mengimpor Barang Lagi Dari Turki

Saudi Paksa Para Pedagang Untuk Tidak Mengimpor Barang Lagi Dari Turki

Selasa, 29 Sep 2020 20:15

Legislator: Anggaran Penggadaan Vaksin Covid-19 Perlu Diawasi dan Dikawal

Legislator: Anggaran Penggadaan Vaksin Covid-19 Perlu Diawasi dan Dikawal

Selasa, 29 Sep 2020 19:57

Legislator PKS Minta UMKM Dibebaskan dari Tarif Sertifikasi Halal

Legislator PKS Minta UMKM Dibebaskan dari Tarif Sertifikasi Halal

Selasa, 29 Sep 2020 19:45

DPR Minta Pemerintah Bertindak Cepat Atas Penghancuran Ribuan Masjid di China

DPR Minta Pemerintah Bertindak Cepat Atas Penghancuran Ribuan Masjid di China

Selasa, 29 Sep 2020 14:46

Menjaga Pelita Kehidupan

Menjaga Pelita Kehidupan

Selasa, 29 Sep 2020 13:37

Tegas! Langgar PSBB, 19 Perusahaan di Jakarta Selatan Ditutup

Tegas! Langgar PSBB, 19 Perusahaan di Jakarta Selatan Ditutup

Selasa, 29 Sep 2020 13:27

Angka Kematian Covid-19 Indonesia Lebih Tinggi dari Dunia, Netty: Akibat Sistem Kesehatan Buruk

Angka Kematian Covid-19 Indonesia Lebih Tinggi dari Dunia, Netty: Akibat Sistem Kesehatan Buruk

Selasa, 29 Sep 2020 12:33

Komisi E Apresiasi Penambahan Fasilitas Isolasi Terkendali Milik Pemprov DKI

Komisi E Apresiasi Penambahan Fasilitas Isolasi Terkendali Milik Pemprov DKI

Selasa, 29 Sep 2020 12:21

Please, Bikin Kreatif atau Adiktif ya?

Please, Bikin Kreatif atau Adiktif ya?

Selasa, 29 Sep 2020 11:45

Berhenti Menyakiti Ulama

Berhenti Menyakiti Ulama

Selasa, 29 Sep 2020 11:18

Legislator: Program JKP dalam RUU Cipta Kerja Hanya Menguntungkan Pengusaha

Legislator: Program JKP dalam RUU Cipta Kerja Hanya Menguntungkan Pengusaha

Selasa, 29 Sep 2020 11:05

Waspadai 'Jualan Revolusi Islam' ala Syiah

Waspadai 'Jualan Revolusi Islam' ala Syiah

Senin, 28 Sep 2020 23:55

Azerbaijan Bantah Klaim Dubes Armenia Bahwa Turki Kirim 4000 Pejuang Asal Suriah

Azerbaijan Bantah Klaim Dubes Armenia Bahwa Turki Kirim 4000 Pejuang Asal Suriah

Senin, 28 Sep 2020 20:50

Makin Diserang, KAMI Makin Terbang

Makin Diserang, KAMI Makin Terbang

Senin, 28 Sep 2020 18:46

FDP Gelar Pengajian Bulanan di Daerah Perbatasan Aceh

FDP Gelar Pengajian Bulanan di Daerah Perbatasan Aceh

Senin, 28 Sep 2020 18:35

PM Maroko: Tidak Ada Perdamaian Tanpa Negara Merdeka Bagi Palestina

PM Maroko: Tidak Ada Perdamaian Tanpa Negara Merdeka Bagi Palestina

Senin, 28 Sep 2020 15:00

Negara Timur Tengah dan Asia Khawatir Atas Konflik Armenia-Azerbaijan di Nagorno-Karabakh

Negara Timur Tengah dan Asia Khawatir Atas Konflik Armenia-Azerbaijan di Nagorno-Karabakh

Senin, 28 Sep 2020 14:00


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X