Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.379 views

Kisah Persahabatan, Kiprah dan Buku Terakhir Ustadz Insan Mokoginta

BEKASI (voa-islam.com)--Yayasan Infaq Dakwah Center (IDC) sangat kehilangan atas wafatnya dai pakar Kristologi, Ustadz Wenseslaus Insan Latif Syaukani Mokoginta (Insan LS Mokoginta).

Ustadz Insan wafat pada malam Jum’at, 2 Muharram 1442 H di Rumah Sakit Eka Hospital BSD. Seyogianya, Ustadz Insan akan menyampaikan tausiyah dalam acara peresmian Rumah Tahfiz di BSD. Usai menunaikan shalat magrib dan zikir, Ustadz Insan menunaikan shalat sunnah ba’diyah magrib. Saat duduk tahiyat tiba-tiba Ustadz Insan jatuh pingsan tak sadarkan diri. Jamaah masjid pun langsung melarikan ke rumah sakit, namun takdir Allah berkehendak lain, beliau wafat pada pukul 19.20 WIB.

Menurut Abu Mumtaz, Ketua Yayasan IDC, Ustadz Insan bukan sekedar mitra yang selama ini bekerjasama dengan IDC, tetapi juga guru, mentor dan kawan lama.

“Saya betul-betul kehilangan kawan, guru dan mitra dakwah terlama saya. Ust Insan LS Mokoginta bermuamalah dengan saya sejak 1996. Tidak hanya dakwah, investigasi dan menulis buku tapi juga bisnis toko elektronik,” kata Ustadz Abu Mumtaz, Kamis malam (20/8/2020).

Beberapa bulan lalu, dalam kondisi kurang fit karena sakit jantung, Ustadz Insan bolak-balik ke kantor IDC minta bantuan untuk menyelesaikan buku yang ditulisnya berjudul “Pembelaan Spektakuler Muallaf untuk Islam”.

“Saya sudah tidak kuat, kayaknya ini buku terakhir saya,” ujar Abu Mumtaz menirukan.

Melihat kegigihan Ustadz Insan Mokoginta, yang sudah sepuh namun penuh semangat berkarnya demi membela agamanya, Abu Mumtaz pun terharu.

“Meski sedang padat agenda, saya sempatkan bantu editing sekadarnya dan kasih masukan beberapa bagian. Saya pun menyumbang kata pengantar di buku ini. Seluruh desainer IDC saya kerahkan untuk mempercepat desain dan lay out yang powerfull,” ungkapnya.

Alhamdulillah buku yang ditulis Ustadz Insan pun sudah terbit, sukses dan best seller. Ternyata ungkapannya jadi kenyataan. Ustadz Insan wafat setelah menyelesaikan buku terakhirnya.

Ustadz Insan Mokoginta dan Yayasan IDC memang memiliki hubungan yang amat dekat, bersama berkiprah dalam kegiatan dakwah dan sosial. Mengingat sikap mulia Ustadz Insan yang memiliki rasa sosial yang tinggi, IDC amat terbantu dalam penyaluran berbagi program sosial, khususnya yang berkaitan dengan para muallaf.

Seringkali IDC bersama Ustadz Insan membantu mengentaskan kemiskinan para muallaf, dari sekitar Jabodetabek, hingga pelosok Sulawesi Utara.

Alhasil, kini IDC memiliki 10 hektar lahan wakaf produktif yang dikelola untuk membantu para yatim, dhuafa dan muallaf, di sekitar Kotamobagu serta Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara.

“Ustadz Insan ahlul hhair. Wafat pada hari Jum’at, insya Allah husnul khatimah,” tutup Ustadz Abu Mumtaz.

Dalam sebuah riwayat, orang yang wafat di malam Jum’at atau hari Jum’at memiliki keistimewaan dan semoga Ustadz Insan Mokoginta yang wafat di hari Jum’at mendapat husnul khatimah. Dari Abdullah bin Amr bin Ash Radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوتُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَوْ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ إِلاَّ وَقَاهُ اللَّهُ فِتْنَةَ الْقَبْرِ

Setiap muslim yang meninggal di hari jumat atau malam jumat, maka Allah akan memberikan perlindungan baginya dari fitnah kubur. (HR. Ahmad 6739, Turmudzi 1074 dan dihasankan al-Albani).

Semoga amal shalih yang selama ini dilakukan Ustadz Insan bersama IDC, serta buku terakhir yang ditulisnya menjadi amal jariyah, saksi kecintaannya terhadap Allah Ta’ala, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Al-Qur’an dan syariat Islam.* [Panjimas/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X