Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.380 views

MUI Salurkan Rp 19,3 Miliar untuk Pembangunan RSI Hebron Tahap I

JAKARTA (voa-islam.com)--Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerahkan dana sejumlah Rp 19 miliar kepada Wali Kota Hebron Tayser Abu Sneineh untuk Pembangunan Rumah Sakit Indonesia Hebron, Palestina.

Dana tersebut diserahkan simbolik oleh Sekjen MUI, Buya Amirsyah Tambunan, kepada Duta Besar Negara Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun di Aula Gedung Dewan Syariah Nasional MUI, Matraman, Jakarta pada Senin (25/5).

Sumbangan 19 miliar tersebut berasal dari masyarakat yang terhimpun di MUI Pusat sebesar Rp 1,5 miliar, youtuber Fadil Jaidi Rp 3 miliar, dan Ustadz Adi Hidayat sejumlah Rp 14,3 miliar (1 juta dolar AS).

Fadil Jaidi sebelumnya sudah menyerahkan bantuan yang dia kumpulkan melalui Kitabisa.com kepada MUI pekan lalu. Sementara Ustadz Adi Hidayat memecahkan rekor lagi karena berhasil mengumpulkan Rp 30 miliar dalam enam hari melalui Ma’had Islam Rafiatul Akhyar (MIRA)

Ustadz Hadi Hidayat, sudah menyerahkan 10 (715 ribu USD) miliar dari donasi itu untuk kebutuhan emergency di Gaza akibat serangan militer Israel. Sementara Rp 14,3 miliar diserahkan ke MUI untuk pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Hebron hari ini. 

“Kami menyerahkan melalui Majelis Ulama Indonesia lalu diteruskan kepada Duta Besar Palestina Zuhair Al-Shun sejumlah 1 juta Dolar US (Rp 14 miliar),” kata UAH, begitu akrab disapa, saat konferensi pers di Kantor DSN MUI, Jakarta, Senin (24/5).

Wakil Ketua Umum MUI Pusat Buya Anwar Abbas memuji dan berterima kasih kepada kerja kemanusiaan UAH. Sebagai sosok yang mampu mengumpulkan dana berjumlah besar, ujar Buya Anwar, keberadaan UAH patut disyukuri.

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI, KH Muhyiddin Junaidi, juga memuji dan mengapresiasi langkah terpuji Ustadz Adi. Dia berdoa, dana yang terkumpul saat ini bisa berkali-kali lipat jumlahnya sehingga pembangunan RSIH lekas selesai.

“Dana ini insya Allah akan segera kami sampaikan kepada saudara-saudara yang menjadi korban keganasan dan kebiadaban Israel. Semoga serangan brutal Israel menyatukan semua faksi yang ada di Palestina. Insyaallah akan mendorong Indonesia semakin bersemangat membangun Rumah Sakit Indonesia Hebron, di Tepi Barat Palestina, ” ungkapnya.

Saat ini, sudah ada satu Rumah Sakit Indonesia di Gaza. MUI sejak 20 Januari 2020 menandatangani nota kesepahaman (MoU) Kerjasama Pembangunan Rumah Sakit Indonesia Hebron dengan Walikota Hebron. MoU itu berisi kesepakatan Kerjasama pembangunan RSIH dengan berbagi tugas. Tugas MUI mengupayakan ketersediaan dana Rp 100 Miliar rupiah untuk pembangunan gedung empat lantai sementara Walikota Hebron bertugas menyediakan lahan seluas 4000 M persegi.

Mulai Februari sampai Desember 2020, MUI berhasil mengumpulkan dana sejumlah 2 Miliar rupiah. Tambahan donasi yang terkumpul di Fadil Jaidi dan Ustadz Adi Hidayat membuat total dana menjadi Rp 19,3 miliar.

Sejak awal, MUI sudah melakukan komunikasi intensif dengan pihak Kementerian Luar Negeri dan KBRI Amman sehingga dana untuk Pembangunan RSIH aman dan tepat sampai tujuan.

Pimpinan Harian MUI Pusat Periode 2020-2025 menugaskan Ketua MUI Bidang Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Dr. Sudarnoto Abdul Hakim sebagai Ketua Panitia Pembangunan RSIH Hebron. Pada 17 Mei 2021, Panitia mencanangkan “Gerakan Aliansi Amal Kemanusiaan untuk RSIH Palestina” .

Panitia Pembangunan RSIH Hebron terus berharap dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat Indonesia. Umat yang ingin berdonasi bisa mengirimkan ke rekening MUI BNI Syariah nomor 0842531400. Konfirmasi telah melakukan donasi ke Erni Juliana (08111061668) maupun Amirah Nahrawi (08179913136).

MUI memandang pembangunan RSIH Hebron sebagai bentuk solidaritas perjuangan Palestina mencapai kemerdakaan. Selain bantuan kemanusiaan, MUI menilai dukungan politis Pemerintah Indonesia untuk menghentikan penjajahan Israel sangat penting. Insya Allah dukungan penuh dan solidaritas bangsa Indonesia membantu Palestina bisa berhasil.* [Ril/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X