Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.231 views

Banyak Umat Terseret Arus Sekularisme, Kehidupan Dunia Pun Kering Makna

JAKARTA (voa-islam.com) – Arus Sekularisasi di kehidupan manusia modern kian kuat. Tak sedikit kaum muslimin yang ikut terseret arus tersebut.

Menanggapinya, Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah Fathurrahman Kamal mencatat ada tiga keadaan yang mencirikan kuatnya arus sekularisasi.

“Pertama, manusia modern tidak lagi mendudukkan secara harmonis antara aspek duniawiyah dengan aspek ukhrowi. Selalu saja kehidupan dunia kita dipisahkan dari aspek ukhrowi,” jelasnya dalam Pengajian Majelis Telkomsel Taqwa, Kamis (27/5).

“Sekularisasi kehidupan kita saat ini selalu menjebak kita untuk tidak bisa mensinergikan dan mengharmonisasi antara berbagai macam persoalan di dalam kehidupan,” imbuh Fathurrahman seperti dikutip voa-islam.com dari laman muhammadiyah.or.id.

Akibatnya, berbagai aktivitas di luar ibadah pun kering dari makna spiritual karena tidak dianggap sebagai penghambaan kepada Allah.

Padahal, kehidupan seorang muslim yang baik adalah memahami bahwa semua kehidupannya baik ibadah dan aktivitas di luar ibadah adalah bentuk penghambaan kepada Allah sebagai satu kesatuan tauhid.

“Bagi seorang yang beriman apapun profesi, kedudukan kita adalah manifestasi dari fungsi kehambaan dan kekhalifaan yang diamanahkan oleh Allah kepada kita sehingga tidak ada aspek yang keluar dari makna ukhrowiyah,” jelasnya.

Ciri kedua sekularisasi dalam kehidupan manusia modern menurut Fathurrahman adalah hilangnya pemaknaan spiritualitas yang benar dalam semua aspek dan aktivitas kehidupan.

Kejadian alam yang biasa dan luar biasa pun hanya dipandang sebagai fenomena alam tanpa ada ketakjuban pada kekuasaan Tuhan.

“Yang ketiga, kecenderungan kita di akhir zaman ini adalah ketika memandang sesuatu itu secara kontradiktif. Seolah-olah tidak bisa dipadukan dan diharmonikan. Jadi pandangan-pandangan inilah yang kemudian mau tidak mau sesungguhnya dikritik Allah,” tutur Fathurrahman menyitir ayat 7 Surat Ar-Rum.

“Hanya mengetahui yang tampak, yang artifisial, tapi tidak mengetahui hakikat soal akhirat,” jelasnya. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Palestina Masih Berduka, Ayo Ulurkan Tangan Bantu Mereka

Palestina Masih Berduka, Ayo Ulurkan Tangan Bantu Mereka

Sahabat, Ulurtangan mari kirimkan dukungan terbaikmu untuk warga Palestina di Gaza demi menguatkan mereka menghadapi situasi mencekam ini. Mari dukung mereka dengan berdonasi dengan cara:...

Open Donasi Wakaf Pembangunan Rumah Qur'an & TK Islam Terpadu An Najjah di Jonggol

Open Donasi Wakaf Pembangunan Rumah Qur'an & TK Islam Terpadu An Najjah di Jonggol

Saat ini, Ulurtangan bersama Yayasan An Najjahtul Islam Jonggol sedang merintis pembangunan Rumah Qur’an dan Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) An Najjah dan Gedung Majelis Taklim di Jonggol,...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X