Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.000 views

Muhammadiyah Hadir untuk Menebarkan Amal-amal Kebaikan

YOGYAKARTA (voa-islam.com)--Memperingati milad ke 109 Muhammadiyah, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengambil inspirasi dari kelahiran Muhammadiyah untuk berbuat yang lebih baik lagi.

Dijelaskan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir sejak awal lahir Kiai Dahlan bersama Muhammadiyah generasi awal termasuk Nyai Dahlan yang mendirikan ‘Aisyiyah memang menghadirkan Muhammadiyah sebagai gerakan untuk memberikan amal-amal kebaikan. Sedari awal Muhammdiyah hadir dengan Karya-karya yang dapat membangun umat dan menyiapkan generasi yang mampu mengelola negara ini dengan ilmu.

“Karena itu Muhammadiyah lahir sebagai gerakan Islam berkemajuan agar bangsa kita tidak terus terjajah oleh bangsa yang sudah maju nanti ketika kita merdeka tentu sudah siap,” tuturnya, dalam Konferensi Pers Milad 109 Muhammadiyah, Selasa (16/11).

Untuk itu, lanjut Haedar, Muhammadiyah sejak awal memperkenalkan Islam dalam dua ranah. Pertama, pemikiran, yaitu menjadikan umat islam yang cerdas berilmu dan berpikiran maju. Kedua, menerjemahkan Islam dalam realitas kehidupan yang nyata melalui pendidikan, pelayanan sosial kesehatan dan pemberdayaan ekonomi agar jadi bangsa yang berkecukupan sehat jasmani dan rohani dan jadi cikal bakal gerakan amal usaha Muhammadiyah.

Tema Milad 109 Muhammadiyah

Milad 109 Muhammadiyah kali ini mengambil tema Optimis Hadapi Pandemi Covid-19; Menebar Nilai Utama. “Tentang keoptomisan itu memang kita sengaja menjadi isu baru atau isu milad agar masyarakat Indonesia bisa bangkit,” terang Haedar.

Haedar mengarakan bahwa Muhammadiyah ingin menyasar kesadaran kolektif bangsa bahwa memang pandemi covid-19 membuat kita berduka dan mengalami hal-hal berat. Meski begitu, menurutnya, seberat apa pun harus punya optimisme bahwa bisa kita bersama dapat mengatasinya.Ketika nantinya pandemi berakhir atas kuasa Allah dan ikhtiar manusia maka Haedar meminta masyarakat untuk siap dengan era pasca pandemi.

Haedar melanjutkan optimisme yang menjadi modal bagi bangsa ini untuk mengatasi kondisi sekarang harus dibarengi dengan kewaspadaan dan kehati-hatian. “Kondisi yang bagus jika warga bangsa lengah abai dan tidak disiplin kita tidak berharap kalau nanti bisa tambah kasus lagi,” kata Haedar.

Kewaspadaan yang harus diperhatikan, kata Haedar, di antaranya dalam menghadapi masa transisi terutama yang akan terjadi akhir tahun ini.

“Maka mohon betul pada masyarakat jangan larut untuk liburan dan kemudian kita melanggar kembali protokol kesehatan. Ada atau tidak larangan Pemerintah kita sebagai warga bangsa harus membangun kesadaran untuk berhati-hati dan menahan diri sampai kondisi menjadi lebih baik,” imbaunya.

Menebar Nilai Utama

Muhammadiyah mengangkat juga tema menebar nilai-nilai utama. “Kita bersyukur sebagai bangsa lahir di Negara kepulauan yang selain kaya raya di Zamrud Khatulistiwa tapi lebih dari itu Indonesia ini sebenarnya juga kaya raya dengan nilai atau value,” ungkapnya.

Haedar mengungkap tiga value atau nilai-nilai luhur yang dimiliki Indonesia.

Pertama, Agama. Indonesia ini beragam agama tetapi perjalanan agama di sini itu harmonis. “Kita berbahagia juga bangga dan bersyukur bahwa agama itu hidup dalam realitas dan kebudayaan bangsa kita. Patokan itu kuat sampai sekarang,” tegasnya.

Kedua, kebudayaan dari daerah satu ke daerah lain beragam daerah membentuk kebudayaan nasional. Satu di antaranya bahasa Indonesia yang diambil dari suku terkecil yakni suku Melayu.

Ketiga, Pancasila. Pancasila itu cerminan dari Indonesia yang beragama dan kebudayaan luhur yang bersenyawa dengan ilmu. Haedar menerangkan bahwa Pancasila lahir dari kearifan titik temu semua termasuk golongan Islam yang mengayomi minoritas. Pancasila merupakan hasil dari kearifan budaya dan agama.

“Bangsa Indonesia landasannya kokoh, punya nilai agama, budaya, dan Pancasila. Itulah yang akan menjadi penyaring dari perubahan zaman,” terang Haedar.*

Sumber: Muhammadiyah.or.id

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X