Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.826 views

Korupsi Penyakit Terbesar di Indonesia

SURABAYA (voa-islam.com)--Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman al-Hakim (STAIL) Surabaya, mengadakan Stadiun Generale (Kamis,28, Juli), dengan mengangkat tema; Gerakan Anti Korupsi di Era Revolusi Digital dan Masa Depan Demokrasi Indonesia.

Hadir sebagai narasumber  Penasehat KPK (Komisi Pemberantasa Korupsi) 2005-2013,  Abdullah Hehamahua dan didampingi oleh ustadz. M. Anwar Djaelani, selaku pemandu acara.

Dalam uraiannya, Abdullah, mengungkapkan tentang tingginya praktik korupsi yang terjadi di Indonesia. Bahkan tak ragu, ia menyebutkan sebagai salah satu penyakit terbesar di negeri saat ini.

"Penyakit terbesar di Indonesia adalah korupsi," tegasnya.

Untuk menanggulangi persoalan  korupsi ini, lanjutnya, peran para mubaligh/dai yang langsung bersentuhan dengan masyarakat dalam memberi pencerahan, sangat berpengaruh. Sebab pada hakekatnya pemimpin adalah representasi dari masyarakat.

Ia pun mengutip satu kisah Ali bin Abi Thalib yang saat itu menjabat sebagai khalifah, kemudian disoal oleh seorang laki-laki (khawarij), tentang caos yang terjadi di kepemimpinannya, dan tidak pernah menimpa pada masa Abu Bakr dan Umar.

"Saat itu Ali bin Abi Thalib menjawab; 'Karena di masa Abu Bakr dan Umar rakyatnya adalah saya. Sedangkan di masa saya, rakyatnya adalah kamu," ujar sosok kelahiran Ambon itu.

Lebih lanjut, Abdullah Hehamahua berilustrasi; "Satu RT (Rukun Tetangga) manakala dominasi masyarakatnya pencuri, maka bisa ditebak ketua RT yang akan terpilih adalah pencuri,"  paparnya.

Agar proses pencerahan di masyarakat berjalan secara sistemik, imbuh lulusan mastwr Teknik Bidang Pendidikan Institut Teknologi Megatec, Kuala Lumpur, Malaysia, maka para dai dintuntut untuk bisa membuat kurikulum materi dakwah, yang akan disampaikan kepada para jamaah.

"Tujuannya, agar materi yang disampaikan sistematis. Selbihnya, ketika selesai pengajian, masyarakat punya pegangan materi. Tidak lekas hilang," paparnya.

Manakala pencerahan di masyarakat terjadi dengan baik di suatu negeri, bersamaan dengan itu keberkahan akan menaungi negeri tersebut.

"Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi......," kupas Abdullah mengutip surat Al-A'rafayat 96.

Acara yang berakhir pada pukul 22.00 itu dihadiri oleh mahasiswa, dosen, pengurus yayasan, dan beberapa amal usaha lain yang dimiliki Hidayatullah.*[Ril/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Palestina Masih Berduka, Ayo Ulurkan Tangan Bantu Mereka

Palestina Masih Berduka, Ayo Ulurkan Tangan Bantu Mereka

Sahabat, Ulurtangan mari kirimkan dukungan terbaikmu untuk warga Palestina di Gaza demi menguatkan mereka menghadapi situasi mencekam ini. Mari dukung mereka dengan berdonasi dengan cara:...

Open Donasi Wakaf Pembangunan Rumah Qur'an & TK Islam Terpadu An Najjah di Jonggol

Open Donasi Wakaf Pembangunan Rumah Qur'an & TK Islam Terpadu An Najjah di Jonggol

Saat ini, Ulurtangan bersama Yayasan An Najjahtul Islam Jonggol sedang merintis pembangunan Rumah Qur’an dan Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) An Najjah dan Gedung Majelis Taklim di Jonggol,...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X