Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.234 views

?Satu Juta Yahudi Rusia Ubah Wajah Timteng? (Resensi Buku)


[ 19/06/2013 - 11:13 ]

Resensi Buku/Adnan Abu Amer

"Satu Juta Yahudi Mengubah Wajah Timteng", buku karangan Leli Gelali dan Roman Branvaman berbahasa Ibrani ini mengungkapkan data sejarah imbas dari eksodus 1 juta warga Yahudi Uni Soviet (kini Rusia) ke Israel antara tahun 1990 dan 2010. Eksodus ini yang mengubah secara drastic wajah negara ‘Israel’, dalam pertumbuhan penduduk. Pengarang menyebutkan ini sebagai Bom Demografi Palestina.

Tahun 1970-an Yahudi Rusia mulai eksodus ke Palestina. Namun eksodus besar-besaran mereka baru terjadi pada tahun 1990-an setelah Uni Soviet runtuh total karena krisis sosial dan ekonomi. Tepatnya tahun 1989-1993 terjadi eksodus besar-besaran ke Palestina. Sebagian besar mereka tak memiliki hubungan dengan zionis (‘Israel’) di tempat lama mereka. Sebagian besar mereka dari Rusia dan Ukraina, Rusia kulit putih, Asia tengah. Karenanya, mereka tidak memiliki apresiasi terhadap ‘negeri mereka Israel’.

Data resmi Uni Soviet tahun 1989, sebanyak 1,4 juta Yahudi tinggal di sana, 877 ribu di antaranya eksodus ke ‘Israel’ dalam waktu yang sangat singkat. Itu sebagai eksodus paling besar sejak ‘Israel’ didirikan. Anehnya, sebagian besar mereka bukan asli Yahudi dan sebagian besar mereka memalsukan identitas untuk bisa imigrasi ke ‘Israel’. Tujuannya hanya ingin memperbaiki hidup.

Israel memberikan tempat kepada imigran Rusia tahun 1980 dan melarang mereka imigrasi lagi ke tempat lain. Rusia lah yang saat itu mempersulit imigrasi warganya kecuali ke Israel.

Oleh mantan PM ‘Israel’ Yishak Rabbin, imigrasi Yahudi Uni Soviet itu dianggap sebagai faktor yang akan mengubah perimbangan demografi antara warga Arab dan Yahudi di ‘Israel’ dan antara Palestina dan ’Israel’ di kawasan antara sungai Jordania dan laut meditrania.

Pragmatis bukan Ideologis

Menurut buku ini, eksodus Yahudi besar-besaran dari Uni Soviet ke Israel di tengah situasi sejarah yang penuh krisis dan chaos yang tiada tara di Rusia Baru dan di tengah ketakutan yahudi akan gerakan Anti Semit.

Karena itu, jumlah sekitar satu juta imigran Yahudi dari Rusia itu menjadi kelompok yang mampu dioptimalkan dan dimanfaatkan untuk mengisi banyak pos politik, budaya, dan lain-lain sehingga Israel bisa bertahan. Mereka dianggap sebagai modal SDM penting bagi ‘Israel’.

Di tengah kondisi semerawut Rusia yang baru saja bangkit dan didera perpecahan antar suku dan bangsa, Yahudi Rusia dirangsang bahwa mereka akan menemukan surga di Israel. Disamping tentu kebangkitan ras Yahudi serta dukungan Amerika yang mendanai imigrasi itu.

Yahudi Rusia yang imigrasi itu memiliki sumber daya dan profesi yang cukup tinggi dibanding warga Israel secara umum. Mereka langsung dipromosikan menduduki pos militer seperti di bidang rudal, senjata, profesi dokter, insinyur, pasukan militer, aspek produksi. Inilah yang membuat Israel cepat berkembang.

Meski ada sisi negative Yahudi Rusia yang kebanyakan melakukan kerusakan dan kejahatan yang mempengaruhi masyarakat ‘Israel’. Banyak mereka yang tidak percaya agama Yahudi, sinagog, ritual yahudi, dan sebagian besar mereka bekerja sebagai intel Rusia.

Mereka banyak mendudukui pos-pos penting di politik seperti Mantan Menlu Israel Avigdor Lieberman, Dani Ayalon, dan Neten Sharansky.

Buku ini melakukan riset lapangan terhadap yahudi Rusia di Israel. Sebagian besar mereka imigrasi ke ‘Israel’ karena dorongan sikap pragmatism dan bukan ideology. Bahkan mereka masih merindukan hidup di tanah air asli mereka di Rusia.

Sulit Membaur

Buku ini menegaskan bahwa Yahudi Rusia di Israel berbicara Bahasa Rusia kepada anak-anak mereka, membaca Koran bahasa Rusia dan menonton televise Rusia. Padahal mereka adalah 20 persen dari total jumlah warga Israel.

Poin penting buku ini, pengarang menyatakan meski Yahudi Rusia berperan dalam mendukung demograsi yang berpihak kepada ‘Israel’ namun, semangat imigrasi Yahudi Rusia kini sudah mulai luntur.

Selain itu, yahudi Rusia dituding menyebarkan kemesuman dan kejahatan di masyarakat ‘Israel’, termasuk pelacuran dan kejahatan, dan minuman keras. Bahkan termasuk mafia kejahatan.

Selama bertahun-tahun Yahudi Rusia belum bisa berbaur dan menyatu dengan masyarakat ‘Israel’ secara umum.

Setelah 24 tahun terjadi imigrasi terbesar Yahudi dari Rusia, kini justru berbalik, Rusia menjadi tujuan imigrasi warga Yahudi dari Israel. Kini Israel ketar-ketir dengan meningkatnya eksodus balik yahudi ke luar Israel. (bsyr)

Aljazeera.net

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Pusat Informasi Palestina lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X