Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.155 views

Hizbul Islam Turkistan Nyatakan Tanggung Jawab atas Serangan di Stasiun Kereta Cina

XINJIANG, CINA (voa-islam.com) - Sebuah kelompok mujahidin yang menyebut Hizbul Islam Turkistan (TIP) menyatakan bertanggung jawab atas serangan di sebuah stasiun kereta api di kota barat Urumqi Cina pada akhir April yang menewaskan satu orang dan melukai 79 orang lainnya, kata layanan Pemantauan SITE.

China telah mengatakan serangan di wilayah Xinjiang yang bergolak, rumah bagi kelompok etnis Muslim Uighur, dilakukan oleh dua mujahid yang juga gugur dalam ledakan itu.

Xinjiang, yang kaya sumber daya dan strategis terletak di perbatasan Asia Tengah, telah dilanda kekerasan selama bertahun-tahun, dan serangkaian serangan terbaru, beberapa di antaranya yang telah disebut Beijing sebagai aksi terorisme, telah membuat terkesima negara itu.

SITE, yang melacak pernyataan kelompok-kelompok jihad mengatakan TIP telah merilis sebuah video 10 menit dalam bahasa Uighur menunjukkan perakitan sebuah bom tas yang katanya digunakan dalam serangan stasiun tersebut.

"Seorang pejuang ditampilkan menempatkan bahan peledak dan pecahan baut peluru di dalam kotak, kemudian memasukkan perangkat peledakan di tas dengan bahan peledak, dan meninggalkan pemicu terlihat dalam saku luar," kata SITE video.

Dikatakan video telah dihasilkan oleh Islam Awazi Media Center milik TIP dan diposting di situsnya pada 11 Mei.

Beijing mengatakan mereka menghadapi ancaman nyata dari mujahidin di Xinjiang yang menginginkan negara merdeka yang disebut Turkestan Timur. Pihak berwenang mengatakan banyak dari para mujahid tersebut memiliki hubungan dengan kelompok-kelompok asing, meskipun kelompok hak asasi dan beberapa ahli asing mengatakan ada sedikit bukti untuk mendukung hal ini.

TIP, yang Cina setarakan dengan Gerakan Islam Turkestan Timur (ETIM) , tetap low profile di Pakistan. Berbeda dengan Taliban, kelompok itu jarang memposting video yang mempromosikan kegiatan atau ideologi mereka. Jumlah pasti anggotanya tidak diketahui dan beberapa ahli berbeda pendapat tentang kemampuan mereka untuk mengatur serangan di Cina, atau bahwa eksistensi mereka sebagai kelompok bertalian.

Dalam sebuah wawancara langka tapi singkat dengan Reuters pada bulan Maret, Abdullah Mansour, yang mengatakan dia adalah pemimpin Partai Islam Turkistan, mengatakan itu adalah tugas suci untuk memerangi Cina.

Pernyataan TIP datang ketika Cina tengah memperketat keamanan di sejumlah kota setelah beberapa insiden mematikan baru-baru ini di berbagai bagian negara itu.

Pekan lalu, pemerintah memperkuat patroli polisi dan membatasi pembelian grosir bensin di Beijing, di mana sebuah mobil terbakar di tepi Lapangan Tiananmen pada bulan Oktober, menewaskan tiga orang di mobil dan dua pejalan kaki. Cina melabeli itu sebagai serangan jibaku oleh mujahidin Xinjiang.

Lebih dari 100 orang telah tewas dalam kerusuhan di Xinjiang pada tahun lalu. Pada bulan Maret, 29 orang tewas dalam serangan yang dipersalahkan Beijing kepada teroris bersenjata pisau dari Xinjiang di sebuah stasiun kereta api di barat daya kota Kunming.

Kelompok Uighur di pengasingan telah berulang kali menyerukan penyelidikan transparan menjadi kekerasan dan mengatakan insiden tersebut tidak boleh digunakan sebagai alasan untuk kebijakan represif lebih lanjut tentang komunitas Uighur. Banyak orang Uighur mengatakan mereka tidak senang pada pembatasan Cina terhadap budaya dan agama mereka. (st/Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X