Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.947 views

Ahli Bom Abu Sayyaf asal Malaysia yang Diberitakan Tewas Masih Hidup di Filipina Selatan

KUALA LUMPUR, MALAYSIA (voa-islam.com) - Seorang komandan jihad dan ahli bom asal Malaysia, Zulkifli bin Hir, yang telah bekerja dengan tiga kelompok jihad di Asia Tenggara dan dilaporkan dibunuh oleh militer Filipina pada tahun 2012, masih hidup dan diperkirakan beroperasi di Filipina selatan.

Wakil Kepala Divisi Kontra Terorisme Malaysia mengatakan bahwa Zulkifli, yang merupakan warga negara Malaysia, masih hidup.

"Kami menyadari laporan yang mengatakan dia dibunuh beberapa tahun yang lalu. Itu tidak benar. Kami percaya dia bersembunyi di Filipina selatan," kata Datuk Ayob Khan kepada Malaysia Chronicle pada tanggal 3 Juli lalu.

Dua tahun lalu, Angkatan Udara Filipina menklaim bahwa Zulkifli dan 14 mujahid lainnya, termasuk Umbra Jumdail, seorang komandan senior Abu Sayyaf, gugur dalam serangan udara yang menargetkan sebuah kamp di desa Duyan Kabaw di Parang di provinsi selatan Sulu pada 2 Februari 2012.

"Saya yakin karena saya tidak akan dengan mudah mengeluarkan pernyataan di sini," Kepala Staf Umum Jessie Dellosa, komandan militer Filipina, dengan percaya diri mengklaim dalam konferensi pers pada hari serangan. "Kami memiliki orang-orang intelijen dan penduduk lokal di daerah tersebut."

Namun militer tidak pernah menemukan jenazah Zulkifli.

Salah satu indikasi bahwa Zulkifli selamat dari serangan udara itu adalah bahwa Hadiah Departemen Luar Negeri AS untuk Program Keadilan tidak pernah menghapus namanya dari daftar mujahid yang dicari. Sebuah hadiah sebesar 5 juta dolar AS untuk informasi yang mengarah pada penangkapan dan penghukumannya tetap ada.

Zulkifli adalah pemimpin jihad kedua dari Asia Tenggara yang telah muncul setelah dianggap tewas dalam operasi kontraterorisme. Abdul Basit Usman, seorang agen Abu Sayyaf dan menguasai pembuatan bom, dilaporkan gugur dalam serangan pesawat tak berawak AS di Waziristan Utara, Pakistan pada tahun 2010. Tapi dia baru-baru ini terlihat di Mindanao di Filipina selatan.

Zulkifli bin Hir, alias Zulkifli Abdhir, yang memiliki sejumlah alias, termasuk "Marwan," adalah "seorang insinyur terlatih lulusan Amerika Serikat" dan "dianggap pemimpin organisasi mujahidin Kumpulun Mujahidin Malaysia (KMM) dan anggota komando pusat Jemaah Islamiyah, "menurut Program untuk Keadilan AS. Dia dikatakan telah berlindung di Filipina sejak tahun 2003 dan telah menjabat sebagai pembuat bom untuk Kelompok Abu Sayyaf.

Zulkifli diduga berlindung dengan mujahidin dari Pejuang Pembebasan Islam Bangsamoro (BIFF), sebuah kelompok pejuang Muslim di Filipina selatan yang memisahkan diri dari Front Pembebasan Islam Moro (MILF) yang memilih berdamai dengan pemerintah Filipina. Para anggota Jemaah Islamiyah, Abu Sayyaf, dan KMM rutin berlindung dan beroperasi bersama kelompok mujahidin Muslim di Filipina selatan. (by/tlwj)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X