Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.126 views

Abu Sayyaf Bebaskan Balita Cucu Walikota Filipina yang Mereka Culik Sejak Maret Lalu

ZAMBOANGA, FILIPINA (voa-islam.com) - Kelompok Abu Sayyaf membebaskan seorang balita cucu dari seorang walikota di wilayah selatan Filipina yang bermasalah setelah menyanderanya selama lebih dari 10 bulan.

Mayor Filemon Tan, juru bicara Komando Mindanao Barat, mengatakan kepada wartawan hari Senin (8/2/2016) bahwa Ace Jay Garban ditemukan di provinsi mayoritas Muslim Sulu - yang dikenal sebagai kubu Abu Sayyaf - setelah penculikannya di provinsi Zamboanga del Sur yang didominasi Kristen pada bulan Maret tahun lalu.

"Dia terlihat berjalan tanpa pendamping. Segera, orang [yang melihatnya] mendekati anak itu dan membawanya ke pos terdekat pada Pasukan Pertahanan internal Jolo di Jolo," kata Mayor Filemon Tan seperti dilansir laman Anadolu Agency.

Pihak berwenang militer kemudian membawa Ace Jay, cucu Walikota pitogo, Richard Garban, ke Zamboanga City di mana ia bertemu kembali dengan keluarganya.

Pada tanggal 31 Maret, ia sedang bermain bersama kakaknya, Zynielle Jay, dua tahun dan seorang pekerja toko roti remaja ketika mereka ditangkap oleh orang-orang bersenjata yang telah gagal untuk menculik sasaran mereka sebenarnya, seorang pengusaha.

Pihak berwenang menuduh Abu Sayyaf telah menggunakan trio sebagai perisai manusia sementara melarikan diri dari polisi.

Sebulan setelah kejadian itu, Walikota Garban mengatakan para penculik telah mengirimkan pesan teks ke keluarga menuntut uang tebusan dari sebesar P60 juta ($ 1.340.000).

Seorang nelayan menemukan mayat Zynielle mengapung di dekat pelabuhan kota beberapa hari kemudian, dan sang remaja melarikan diri dari penculik mereka pada bulan Juli ketika kelompok itu terkejut dengan kehadiran pasukan militer di kota indanan.

Brigadir Jenderal Alan Arrojado, Komandan Joint Task Grup Sulu, mengkonfirmasi hari Senin bahwa Ace Jay telah menjalani medical check-up yang diperlukan.

"Dia dibersihkan dari luka fisik. Namun, ia telah mengalami trauma dalam penangkaran nya," katanya dalam sebuah pernyataan.

Tidak diungkapkan apakah uang tebusan telah dibayar untuk pembebasan balita tersebut.

Geng-geng penculik untuk tebusan geng sering beroperasi di Teluk Zamboanga dan provinsi pulau Sulu, Basilan dan Tawi-Tawi.

Mereka dikenal untuk menyerahkan tawanan mereka ke Abu Sayyaf dan bernegosiasi untuk tebusan itu, jika dibayar, uang hasil tebusan dibagi bersama dengan kelompok itu.

Para penculik menggunakan jalur laut dan pesisir terisolasi untuk mengambil korban mereka, yang kemudian menahan mereka di desa-desa terpencil di semenanjung.

Didirikan pada awal 1990-an dengan uang dari pemimpin Al-Qaidah sebelumnya, Syaikh Usamah bin Ladin, Abu Sayyaf menjadi terkenal secara internasional karena menculik puluhan wisatawan asing untuk tebusan di awal 2000-an.

Kelompok ini juga telah disalahkan atas serangan terburuk di negara itu, termasuk pemboman feri  Manila Bay pada tahun 2004 yang menewaskan lebih dari 100 orang.

ASG, yang saat ini menyatakan kesetiaan kepada Daulah Islam (IS), diyakini memiliki hanya beberapa ratus orang bersenjata, tetapi tumbuh subur di bagian Filipina selatan di mana perjuangan bersenjata oleh umat Muslim selama puluhan tahun untuk kemerdekaan atau otonomi. (st/aa)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X