Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.279 views

Al-Shabaab Nyatakan Bertanggung Jawab Atas Serangan Bom di Pesawat Penumpang di Mogadishu

SOMALIA (voa-islam.com) - Kelompok mujahidin Al-Shabaab di Somalia pada hari Sabtu (13/2/2016) menyatakan bertanggung jawab atas serangan bom yang merobek dan melubangi sebuah pesawat penumpang tak lama setelah lepas landas dari ibukota Mogadishu awal bulan ini.

Pada tanggal 2 Februari, "mujahidin Al-Shabaab melakukan operasi yang menargetkan puluhan pejabat intelijen Barat dan pasukan NATO Turki di atas pesawat terbang menuju Djibouti," kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kelompok itu.

Al-Shabaab mengatakan serangan bom itu sebagai "pembalasan atas kejahatan yang dilakukan oleh koalisi tentara salib Barat dan badan-badan intelijen mereka terhadap umat Islam dari Somalia."

"Bertindak berdasarkan informasi intelijen yang akurat dan pengawasan dengan sangat intensif oleh tim intelijen Al-Shabaab," pernyataan itu berbunyi, Al-Shabaab "melakukan operasi udara sebagai pembalasan atas kejahatan yang dilakukan oleh koalisi tentara salib Barat dan badan-badan intelijen mereka terhadap Muslim Somalia dan sehingga untuk gigih aliran salib Barat ke negara Muslim ini."

Kelompok itu mengakui bahwa serangan itu tidak persis sukses: "Dan sementara operasi tidak membuat jatuh pesawat sebagaimana Allah telah takdirkan. Itu melanda ketakutan ke dalam hati dari tentara salib, menunjukkan kepada orang-orang kafir bahwa meskipun semua langkah-langkah keamanan mereka dan upaya keras yang mereka buat untuk menyembunyikan keberadaan mereka, Mujahidin bisa dan akan mendapatkan mereka."

Ledakan itu menyebabkan lubang selebar satu meter-di badan pesawat dari pesawat Daallo Airlines tak lama setelah itu lepas landas dari bandara utama Somalia, membunuh tersangka pembom jibaku dan memaksa pendaratan darurat.

CNN melaporkan bahwa ledakan itu akan membuat lebih banyak kerusakan jika terjadi pada ketinggian yang lebih tinggi. Sebuah keterlambatan dalam penerbangan mungkin telah mencegah serangan dari berjalan seperti yang direncanakan.

Dua dari 74 penumpang pesawat luka dalam peristiwa tersebut.

Seorang penumpang yang diyakini sebagai bomber, diidentifikasi sebagai Abdulahi Abdisalam, meninggal, kemungkin setelah terdorong keluar dari pesawat dalam ledakan itu, kata para penyelidik.

Para penumpang di pesawat Daallo Airlines, termasuk pembom jibaku yang meledakkan bom di dalamnya, awalnya dijadwalkan untuk menaiki Turkish Airlines yang penerbangannya dibatalkan. Al-Shabaab sendiri menyiratkan bahwa Turki adalah target yang sah.

"Turki - anggota dari NATO dan salah satu mitra utama dari Barat dalam perang melawan Islam - yang aktif terlibat dalam bentuk destruktif dari perang ekonomi terhadap Muslim Somalia," pernyataan itu berbunyi. "Melalui proyek yang tampaknya jinak, Turki lambat laun menghancurkan perekonomian yang sudah rapuh dari Muslim Somalia, semua dalam rangka untuk meningkatkan upaya perang Barat."

Bom itu dilaporkan tersembunyi di laptop dan kemungkinan tidak terdeteksi oleh sinar-X bandara. (Tidak jelas apakah laptop itu melewati mesin X-ray atau disekitarnya.) Para pejabat intelijen Somalia telah merilis rekaman kamera pengawas yang muncul untuk menunjukkan penumpang memberi laptop yang di mana bom itu disembunyikan. (st/ahram,tlwj)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X