Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
32.202 views

Salah Kedaden (Parikan Anti JIL Karya Ki Hartono Ahmad Jaiz)

Selama ini orang mengenal Ustadz Hartono Ahmad Jaiz sebagai penulis buku-buku Islam bertema ghazwul fikri. Karena sudah hampir seratusan buku lahir dari tangan ustadz bersahaja ini, spesialis berisikan dakwah membentengi akidah umat Islam dari bahaya kesesatan dan kekafiran berbagai aliran dan faham sesat di Indonesia, dari aliran klasik hingga liberalisme berkedok Islam yang dikomandani Jaringan Islam Liberal (JIL).

Di balik sosok ilmiahnya yang kaya akan hujjah Al-Qur'an dan Sunnah, tak banyak yang tahu, Ustadz Hartono Ahmad Jaiz adalah sastrawan Jawa yang berbakat, dengan banyak parikan (pantun) dakwah. Sama seperti buku-bukunya, tema parikannya adalah dakwah membentengi akidah umat dari bahaya aliran dan faham sesat.

Parikan (pantun Jawa) berjudul Salah Kedaden (Produk Gagal) ini adalah tulisan langka Ustadz Hartono Ahmad. Secara berseloroh gaya khas Jawa, ia mengungkap kesesatan berbagai ormas dan sekte yang sering membawa-bawa nama Islam. Selamat membaca:

 

SALAH KEDADEN

Suwe ora jamu
jamu godhong tapak liman
Suwe ora ketemu
ketemu pisan jebule bar adol iman.

(Komentar: Waduh bubrah tenan. Lha mbesok  di  akherat arep sangu apa yen imane wis didol?  ibo  getune,  ibo  tunane,  betapa  rekasane… ora bakal ana sing  nulung)


Suwe ora jamu
jamu godhong sembukan
Suwe ora ketemu
ketemu pisan jebule bar njaga upacara kemusyrikan

(Komentar: Waduh apes tenan uripe. Urip pisan wae ngajokake proposal ben dadi penjaga panggonan-panggonan upacara kemusyrikan. Apa ora eman-eman marang imane ya. Jarena malah ana sing  wani njamin, imane dijamin ora luntur. Waduh, apa sing  dijamin? Lha yen wis ilang ya pancen ora luntur, wong wis ilang. Eman-eman tenan, urip pisan wae mbelani kemusyrikan).


Suwe ora jamu
jamu godhong coklat
Suwe ora ketemu
ketemu pisan jebule wis murtad.

(Komentar: Astaghfirullah… urip pisan wae malah murtad. Apa ora wedi siksa neraka sak jeg jumbleg  di  akherat? Na’udzubillahi min dzalik).


Suwe ora jamu
jamu godhong jambal
Suwe ora ketemu
ketemu pisan jebule wis dadi muslim liberal

(Komentar: Waduh, iki apa maneh. Islam kok ndadak ditambahi liberal. Kuwi kaya dene lafal orang ditambahi utan, dadi orang utan. Tegese wis dudu wong maneh. Yen Islam ditambahi liberal ya wis dudu Islam maneh.  Soale apa? Soale, Islam anti kekafiran, nanging  Islam liberal ora anti kekafiran. Malah jarene padha wae. Edan tenan. Sing  anti karo sing  ora anti kok padha, kuwi nggur wong ora nggenah sing  kaya ngono kuwi. Apa ora wedi siksa neraka sing  mbulat-mbulat   di  akherat ya?)

Suwe ora jamu
jamu godhong cocor bebek
Suwe ora ketemu
ketemu pisan jebule wis dadi wong munafek

(Komentar: Waduh, iki bahaya tenan. Pura-pura alim, shalih, jebulane malah dilat-dilatan karo wong kafir. Tur sumbar yen imane ora krasa suda. Lha kepriye bisa krasa suda, wong durung temtu yen isih? Ya ta? Mugo-mugo wae aku lan anak putu kabeh dilindungi Allah Ta’ala aja nganti dadi wong munafek. Soale panggonane wong munafek iku mbesok  ing  akherat ana  ing  kerake neraka sing  ngisor dhewe. Na’udzubillahi min dzaklik!)

Suwe ora jamu
jamu godhong kluweh
Suwe ora ketemu
ketemu pisan jebule bar njlomprongke wong akeh.

(Komentar: Waduh, iki gawat tenan. Ora nggur awake dhewe sing kejlomprong, malah isih njlomprongake wong akeh. Tur malah karo ngajak bangga maneh. Na’udzubillahi min dzalik).

Godhong gedang disiram bensin
Kadung wirang wani ngisin

(Komentar: Waduh iki wis bubrah tenan. Kadhung wirang mestine rak ya tobat. Ee, malah dibelani wani isin. Dadi tambah rusak lan ngrusak wong akeh marga pengaruh eleke. Urip pisan wae kok ya dadi panyebar kejahatan ta ya ya.. iki piye ta jane… nanging  yen ditakoni, alesane malah wis cemepak: aja disalahke aku… lha wong sing  gedhe-gedhe ya padha temindak ngene… )

La dalah… salah kedaden jebule!

Jakarta, Shafar 1434H/ Desember 2012



TERJEMAHAN BAHASA INDONESIA

PRODUK GAGAL (SALAH KEDADEN)

lama tidak minum jamu , minum jamu  daun tapak liman
lama tidak bertemu, bertemu sekali tahu-tahu habis  jual iman.
(Waduh rusak sungguh. Lha besok  di  akherat akan berbekal apa kalau imannya sudah dijual?  betapa  getunnya,  betapa  ruginya,  betapa sengsaranya… tidak akan ada yang menolong).

lama tidak minum jamu , minum jamu  daun sembukan
lama tidak bertemu, bertemu sekali tahu-tahu habis menjaga upacara kemusyrikan
(Waduh naas sungguh hidupnya. hidup sekali saja mengajukan proposal biar jadi penjaga tempat-tempat upacara kemusyrikan. Apa tidak sayang-sayang kepada imannya ya. Katanya malah ada yang berani menjamin, imannya dijamin tidak luntur. Waduh, apa yang dijamin? Lha kalau sudah hilang ya memang tidak luntur, orang sudah hilang.  Sangat disayangkan, hidup sekali saja membela kemusyrikan).

Lama tidak minum jamu , minum jamu  daun coklat
lama tidak bertemu, bertemu sekali tahu-tahu sudah murtad.
(Astaghfirullah… hidup sekali saja malah murtad. Apa tidak takut siksa neraka selama-lamanya  di  akherat? Na’udzubillahi min dzalik).

Lama tidak minum jamu , minum jamu  daun jambal
lama tidak bertemu, bertemu sekali tahu-tahu sudah jadi orang Islam liberal.
(Waduh, ini apa lagi. Islam kok pakai ditambahi liberal. itu seperti halnya lafal “orang” ditambahi “utan”, jadi “orang utan”. Artinya sudah bukan orang lagi. Kalau Islam ditambahi liberal ya sudah bukan Islam lagi. Soale apa? Soale, Islam anti kekafiran, sedang Islam  liberal tidak anti kekafiran. Malah katanya sama saja. Gila sungguh. yang anti dengan yang tidak anti kok sama, itu hanya orang tidak nggenah saja yang seperti begitu itu. apa tidak takut siksa neraka yang menyala-nyala  di  akherat ya?)

lama tidak minum jamu , minum jamu  daun cocor itik
lama tidak bertemu, bertemu sekali jebule sudah jadi orang munafik
(Waduh, ini bahaya sungguh. Pura-pura alim, shalih, jebulane malah jilat-jilatan dengan orang kafir.  Bahkan sesumbar kalau imannya tidak terasa berkurang. Lha bagaimana dapat terasa berkurang, orang belum temtu kalau masih? ya kan? Semoga saja saya dan anak cucu semua dilindungi Allah Ta’ala jangan sampai jadi orang munafik. Soale tempatnya orang munafik itu besok  di  akherat di kerak neraka yang bawah sendiri. Na’udzubillahi min dzaklik!)

Lama tidak minum jamu , minum jamu  daun kluweh
lama tidak bertemu, bertemu sekali tahu-tahu habis menjerumuskan orang banyak
(Waduh, ini gawat sungguh. Tidak hanya kita yang kejlomprong, malah masih njlomprongake orang banyak. Bahkan malahan dengan mengajak untuk berbangga lagi. Na’udzubillahi min dzalik).

Daun pisang disiram bensin
terlanjur malu berani malu
(Waduh ini sudah rusak sungguh. terlanjur kena malu seharusnya  bertaubat. Ee, malah dibela-belai dengan berani malu. Jadi tambah rusak dan merusak orang banyak sebab pengaruh jeleknya. hidup sekali saja kok ya jadi penyebar kejahatan ta ya ya.. ini bagaimana ta sejatinya… tapi kalau ditanyai, alasannya malah sudah cemepak/ tersedia: jangan disalahkan saya… lha orang yang besar-besar ya sama berbuat seperti ini…

Wadhuh salah kejadian/ produk gagal ternyata!)

(Pantunnya Ki Hartono Ahmad Jaiz)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Liberalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Nenek renta ahli ibadah ini hidup seorang diri di bilik reyot Bengawan Solo. Bila hujan seisi rumah kebocoran air. Di malam hari, ia menggigil kedinginan diserang angin malam karena dindingnya...

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Latest News
Raja Salman Tidak Tahu Pertemuan Rahasia Antara Putra Mahkota Saudi dan PM Israel Netanyahu

Raja Salman Tidak Tahu Pertemuan Rahasia Antara Putra Mahkota Saudi dan PM Israel Netanyahu

Senin, 30 Nov 2020 17:45

Ini Makna dan Filosofi Lambang Baru PKS

Ini Makna dan Filosofi Lambang Baru PKS

Senin, 30 Nov 2020 16:47

Seperti Apa Bumi 4,5 Tahun Lalu? Ilmuwan Beri Gambarannya

Seperti Apa Bumi 4,5 Tahun Lalu? Ilmuwan Beri Gambarannya

Senin, 30 Nov 2020 15:55

Kekuatan Figur Ayah dan Ibu dalam Membentuk Kepribadian Anak

Kekuatan Figur Ayah dan Ibu dalam Membentuk Kepribadian Anak

Senin, 30 Nov 2020 15:51

Bagikan Info Pengguna, Facebook Didenda di Korsel

Bagikan Info Pengguna, Facebook Didenda di Korsel

Senin, 30 Nov 2020 15:50

Nyeri Haid Tanda Masalah Kesuburan, Benarkah?

Nyeri Haid Tanda Masalah Kesuburan, Benarkah?

Senin, 30 Nov 2020 15:45

Seragam Khutbah Racun Agama

Seragam Khutbah Racun Agama

Senin, 30 Nov 2020 15:42

Terpilih Ketua MUI Pusat, Ustaz Jeje: Bukan Anugerah tapi Amanah dan Ujian Berat

Terpilih Ketua MUI Pusat, Ustaz Jeje: Bukan Anugerah tapi Amanah dan Ujian Berat

Senin, 30 Nov 2020 15:31

Dewan Da'wah Resmikan Akademi Da'wah Bengkulu

Dewan Da'wah Resmikan Akademi Da'wah Bengkulu

Senin, 30 Nov 2020 15:02

Jangkau Pulau Terpencil, Kimia Farma dan BWA Luncurkan Klinik Apung

Jangkau Pulau Terpencil, Kimia Farma dan BWA Luncurkan Klinik Apung

Senin, 30 Nov 2020 14:56

Fahri: UMKM Jadi Roda Penggerak Ekonomi dan Mampu Bertahan dari Krisis Saat Ini

Fahri: UMKM Jadi Roda Penggerak Ekonomi dan Mampu Bertahan dari Krisis Saat Ini

Senin, 30 Nov 2020 12:41

Nguber HRS, Ada Apa dengan Bima Arya?

Nguber HRS, Ada Apa dengan Bima Arya?

Senin, 30 Nov 2020 11:32

Edhy Prabowo Terlibat Suap, Usamah Hisyam: Presiden Gagal Memilih Menteri

Edhy Prabowo Terlibat Suap, Usamah Hisyam: Presiden Gagal Memilih Menteri

Senin, 30 Nov 2020 10:11

PKS Luncurkan Lambang Baru, Ini Makna dan Filosofinya

PKS Luncurkan Lambang Baru, Ini Makna dan Filosofinya

Senin, 30 Nov 2020 09:14

Menyambut Pengurus Baru MUI, Pesan Buya HAMKA: Ulama Tidak Bisa Dibeli

Menyambut Pengurus Baru MUI, Pesan Buya HAMKA: Ulama Tidak Bisa Dibeli

Senin, 30 Nov 2020 07:46

PD PII Kabupaten Bekasi Adakan Latihan Manajemen Strategis

PD PII Kabupaten Bekasi Adakan Latihan Manajemen Strategis

Senin, 30 Nov 2020 06:55

Ketua Umum PBNU Dikabarkan Positif Covid-19

Ketua Umum PBNU Dikabarkan Positif Covid-19

Senin, 30 Nov 2020 06:38

Bamsoet: Parmusi Organisasi Dakwah yang Berkontribusi Besar bagi Bangsa dan Negara

Bamsoet: Parmusi Organisasi Dakwah yang Berkontribusi Besar bagi Bangsa dan Negara

Senin, 30 Nov 2020 06:24

Ketika Istri Terpaksa Bekerja Saat Wabah

Ketika Istri Terpaksa Bekerja Saat Wabah

Ahad, 29 Nov 2020 22:06

Muslim Temukan Vaksin Corona saat Islamophobia Eropa Meningkat

Muslim Temukan Vaksin Corona saat Islamophobia Eropa Meningkat

Ahad, 29 Nov 2020 21:36


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X