Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.200 views

Miss World Tampilkan Kecantikan Palsu

Oleh : Adi Permana Sidik*

Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal    (QS Al-Hujurat: 13) .

Diiringi dengan berbagai macam bentuk penolakan, ajang kontes kecantik bertajuk Miss Wolrd tetap di gelar. Pembukannya sudah di gelar pada Ahad (08/09) di Bali. Acara  sendiri akan berlangsung sampai tanggal 28 September 2013. Jadi, kontes ini akan berlangsung kurang lebih selama 20 hari (www.republika.co.id).

Penolakan terhadap acara ini di lakukan oleh berbagai macam elemen masyarakat. Mulai dari Ormas, LSM, Komunitas, Politisi, Akademisi, Media, MUI, sampai dengan masyarakat umum. Wabil khusus dari kalangan umat Islam, jelas menolak dengan tegas ajang kecantikan ini, bahkan mendesak pemerintah untuk membatalkan acara tersebut. Argumentasinya jelas, acara tersebut bertentangan dengan banyak nilai. Mulai dari nilai agama, budaya, kehormatan dan kedudukan perempuan sampai dengan Undang-Undang negara. Bahkan pihak MUI, melalui salah ketuanya Anwar Abbas secara jelas mengatakan ajang Miss World ini sudah memecah belah negara Indonesia (Republika, 11/09/2013). Oleh sebab itu, dengan dalih apapun, umat Islam di Indonesia menolak dan mendesak kontes tersebut untuk dibatalkan.

Definisi Kecantikan

Salah satu point penting yang sering dijadikan pembahasan terkait ajang Miss World ini adalah persoalan mengenai definisi atau pengertian cantik atau kecantikan. Dalam Miss World sudah mafhum bahwa kriteria cantik lebih banyak diukur dari fisik semata. Tinggi badan, berat badan, warna kulit, bentuk rambut, dan fisik lainnya merupakan komponen utama dalam menentukan kecantikan seorang perempuan. Maka, bisa dikatakan tidak pernah ada dalam sejarah penyelenggaraan acara ini, kontestan (baca: wanita) yang (maaf) bertubuh pendek, hitam, bejerawat, bekas luka, gemuk, botak, dan lain sebagainya.

Perempuan Dalam Media

Sudah diinformasikan dari media cetak dan elektronik bahwa penyelenggaraan Miss World ini disponsori oleh salah satu media (cetak dan elektronik) swasta yang cukup besar di Indonesia. Bohong rasanya kalau mengatakan bahwa penayangan Miss World tidak mendapatkan keuntungan yang besar.

Media, dia era persaingan industrialisasi pasar yang cenderung berorientasi kepada keuntungan semata “wajib” memiliki komoditas yang harus “laku terjual” demi meraup keuntungan yang besar untuk mempertahankan eksistensinya. Salah satu komoditas utama yang dimiliki media adalah perempuan. Walaupun ini sedikit kasar, kenyataannya memang menunjukkan demikian. Tidak ada media yang lepas dari pada perempuan. Mulai dari reporter, wartawan, presenter, ancour, sampai dengan iklan-iklan, semuanya pasti melibatkan sosok perempuan. Simak tulisan Adian Husain yang menulis:

“Era industrialisasi kapitalistik yang menempatkan perempuan sebagai objek eksploitasi berusaha mengkaitkan segala objek kecantikan dengan konotasi seksual. Lihatlah, begitu banyak perempuan cantik dan seksi dijadikan sebagai simbol produk-produk yang sama sekali tidak ada terkait dengan tubuh perempuan. Iklan mobil, cat pembersih mobil, ban mobil, cat dinding, dan sebagainya dipaksakan dibintangi iklannya oleh perempuan muda dan seksi.  Artinya, segala sesuatu harus diseksualkan dan dikaitkan dengan libido.” (Hidayatullah.com)

Penayangan Miss World Oleh Media; Tampilkan Kecantikan Palsu  

Dalam kajian media, khususnya televisi, terdapat sebuah teori kultivasi media yang dicetuskan oleh Gerbner. Asumsi dasar dari teori ini mengatakan, terpaan media yang terus-menerus akan memberikan gambaran dan pengaruh pada persepsi pemirsanya. Teori kultivasi dalam bentuknya yang paling mendasar, percaya bahwa televisi bertanggung jawab dalam membentuk, atau mendoktrin konsepsi pemirsanya mengenai realitas sosial yang ada disekelilingnya.

Intinya jika acara-acara kecantikan semacam Miss World dan sejenisnya sering ditayangan oleh media, khususnya televisi, maka khalayak/pemirsa akan menganggap bahwa seoarang yang cantik itu adalah seperti yang ditampilkan oleh media. Tinggi, kurus, putih, mulus, rambut panjang, serta seksi. Padahal definisi cantik sebenarnya tidak hanya seperti itu, defiinisi itu bisa banyak, karena setiap wanita berhak memiliki definisi cantik atau kecantikan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang yang bernama Alison Show tentang pengaruh citra tubuh perempuan oleh media terhadap khalayak perempuan menguatkan teori di atas. Hasil penelitiannya mengatakan, secara umum khalayak wanita pada dasarnya terpengaruh dengan citra tubuh perempuan yang sering ditampilkan oleh media, para wanita tersebut pun mengaku bahwa mereka akan membandingkan tubuh mereka dengan citra tubuh yang ditampikan oleh media (Show, dalam Mulyana dan Solatun, 2007: 328-329).

Dan jika ini sudah terjadi, maka akan sangat berbahaya sekali. Sulit dibayangkan, para wanita di negeri ini, yang notabene secara fisik misalnya berbeda dari para kontestan Miss World, akan berusaha keras dengan segenap energi, kekuatan, tenaga, uang, dan waktu hanya untuk  berusaha menjadi cantik seperti para kontestan Miss World tersebut, yang didukung media; tinggi, putih, kurus, berambut panjang, seksi, dan mulus.

. . . jika acara-acara kecantikan semacam Miss World dan sejenisnya sering ditayangan oleh media, khususnya televisi, maka khalayak/pemirsa akan menganggap bahwa seoarang yang cantik itu adalah seperti yang ditampilkan oleh media. . . .

Kecantikan Dalam Pandangan Islam

Dalam pandangan ajaran Islam, yang dijadikan ukuran seseorang itu mulia adalah ketaqwaannya. Tidak terkecuali wanita. Wanita yang mulia itu, dalam pandangan Islam adalah mereka yang paling bertaqwa. Bukan yang paling cantik, pinter, apalagi seksi. Kalaupun ada yang cantik, itu hanyalah amanah, sekaligus juga ujian dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Dan perlu diingat, kecantikan itu pun bukan untuk diobral dan dipertunjukkan kepada publik. Kecantikan seorang wanita hanyalah untuk suaminya kelak. Lagipula kecantikan itu nilainya relatif, artinya cantik menurut seseorang juri Miss World, belum tentu cantik menurut tukang parkir, misalnya. Atau sebaliknya.

Tentu, kita semua tidak ingin para perempuan negeri ini melakukan hal yang sia-sia demi sebuah kecantikan yang semu dan palsu.. Sesungguhnya cantik yang paling hakiki adalah kecantikan yang lahir dari aqidak yang kuat, akhlak yang mulia, dan ketaqwaan. Tolak dan batalkan Miss World dan kemaksiatan sejenisnya!!! Wallahualam bis showab.

Kalimat Hikmah:

“Dunia adalah perhiasan, sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalehah” (HR.Muslim)

 

*) Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Unpad, Pembina DKM Ulul Abshor Unpas Bandung. Email: adie347@gmail.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Liberalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Bebas dari penjara ia taubat dan hijrah, tapi kesulitan pekerjaan. Saat ekonomi terjepit, datang tawaran bisnis haram dari sesama mantan napi. Ia butuh dana 7,5 juta rupiah untuk modal usaha...

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Latest News
HNW Sebut My Flag Merah Putih vs Radikalisme Bukan Film NU

HNW Sebut My Flag Merah Putih vs Radikalisme Bukan Film NU

Selasa, 27 Oct 2020 08:39

Materi Fatwa untuk Munas MUI Masih Diinventarisir

Materi Fatwa untuk Munas MUI Masih Diinventarisir

Selasa, 27 Oct 2020 08:07

Rezim Ngotot dan Bandel

Rezim Ngotot dan Bandel

Senin, 26 Oct 2020 23:54

WhatsApp Uji Coba Fitur 'Join Missed Calls'

WhatsApp Uji Coba Fitur 'Join Missed Calls'

Senin, 26 Oct 2020 22:50

Dua Dimensi Kebahagiaan dalam Islam

Dua Dimensi Kebahagiaan dalam Islam

Senin, 26 Oct 2020 22:45

Pompeo Bikin Ketar Ketir Joko

Pompeo Bikin Ketar Ketir Joko

Senin, 26 Oct 2020 22:40

Kepala Mossad Duga Kesepakatan Normalisasi Israel dan Arab Saudi Akan Segera Datang

Kepala Mossad Duga Kesepakatan Normalisasi Israel dan Arab Saudi Akan Segera Datang

Senin, 26 Oct 2020 20:30

PM Pakistan Imran Khan Minta Facebook Larang Konten Islamofobia

PM Pakistan Imran Khan Minta Facebook Larang Konten Islamofobia

Senin, 26 Oct 2020 19:45

Pasal Sangkar Besi Bagi Aktivis: Suatu Analisis Yuridis

Pasal Sangkar Besi Bagi Aktivis: Suatu Analisis Yuridis

Senin, 26 Oct 2020 18:26

Belajar Itu Pasti, Beraspirasi Harus!

Belajar Itu Pasti, Beraspirasi Harus!

Senin, 26 Oct 2020 17:56

Militer Armenia Langgar Gencatan Senjata di Nagorno-Karabakh Untuk Yang Ketiga Kalinya

Militer Armenia Langgar Gencatan Senjata di Nagorno-Karabakh Untuk Yang Ketiga Kalinya

Senin, 26 Oct 2020 17:30

Terkait Pernyataan Presiden Macron Sudutkan Islam, MUI Minta Menlu Panggil Dubes Prancis

Terkait Pernyataan Presiden Macron Sudutkan Islam, MUI Minta Menlu Panggil Dubes Prancis

Senin, 26 Oct 2020 17:09

Proyek Gagal Film “My Flag”

Proyek Gagal Film “My Flag”

Senin, 26 Oct 2020 16:38

Gamang, Prancis Desak Negara-negara Timur Tengah Akhiri Seruan Pemboikotan Produk Mereka

Gamang, Prancis Desak Negara-negara Timur Tengah Akhiri Seruan Pemboikotan Produk Mereka

Senin, 26 Oct 2020 12:14

Heboh Film My Flag, Ada Adegan Berkelahi Tarik Paksa Cadar Muslimah

Heboh Film My Flag, Ada Adegan Berkelahi Tarik Paksa Cadar Muslimah

Senin, 26 Oct 2020 09:38

Sudah Saatnya Dibentuk Kementerian Penangkapan Aktivis

Sudah Saatnya Dibentuk Kementerian Penangkapan Aktivis

Senin, 26 Oct 2020 08:25

Bank Irak Tawarkan Pinjaman Sebesar 10 Juta Dinar Bagi Yang Ingin Menikahi Istri Kedua

Bank Irak Tawarkan Pinjaman Sebesar 10 Juta Dinar Bagi Yang Ingin Menikahi Istri Kedua

Ahad, 25 Oct 2020 17:15

Seruan Protes dan Boikot Produk Prancis Menggema Menyusul Komentar Anti-Islam Macron

Seruan Protes dan Boikot Produk Prancis Menggema Menyusul Komentar Anti-Islam Macron

Ahad, 25 Oct 2020 15:45

Kaji Buku ‘Muslimah Anti Viral’, FMDKI Ajak Muslimah Indonesia Perkuat Keislaman di Era Digital

Kaji Buku ‘Muslimah Anti Viral’, FMDKI Ajak Muslimah Indonesia Perkuat Keislaman di Era Digital

Ahad, 25 Oct 2020 15:25

Anjuran Menutup Aurat untuk Anak

Anjuran Menutup Aurat untuk Anak

Ahad, 25 Oct 2020 13:55


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X

Senin, 26/10/2020 17:56

Belajar Itu Pasti, Beraspirasi Harus!