Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
21.793 views

Anda Stress?? Inilah 10 Teknik Sederhana Mengurangi Stress

By: dr. Marfuatus S.

Kondisi Ekonomi yang menjepit terkadang membuat kita tertekan dalam keadaan stress yang luar biasa. Jika Anda punya gaya hidup yang sangat sibuk bahkan sering melupakan waktu untuk diri anda sendiri atau bahkan keluarga Anda, maka ada baiknya Anda mencoba teknik di bawah ini.

Melalui berbagai penelitian, para ahli mengatakan teknik relaksasi dapat membawa Anda kembali ke dalam keseimbangan, relaksasi bisa dilakukan dengan hanya beberapa di lima menit atau kurang dalam sehari.

Aktivitas yang begitu sibuknya, Anak-anak butuh tumpangan ke sekolah, suami Anda tidak dapat menemukan celana pendek, atasan Anda baru saja menjadwalkan pertemuan online, dan teman terbaik Anda sangat membutuhkan bantuan Anda semuanya pada waktu yang sama. Apa yang ada dalam pikiran Anda? Pusing bahkan strees akan merasuk dalam diri Anda.

Beratkan jika anda meluangkan waktu untuk rileks untuk melepaskan semua beban hidup tersebut?. Atau Apakah mengherankan bahwa Anda tidak dapat menemukan satu menit untuk relaksasi? Bahkan, jika Anda seperti kebanyakan wanita, Anda mungkin lupa bagaimana untuk bersantai.

Padahal, di lain pihak para ahli mengatakan bahwa beberapa stres yang baik untuk anda dapat mempertajam indra Anda dan pikiran Anda.  Terlalu banyak tekanan atas stres sanagat buruk bagi kesehatan mental dan fisik Anda. Pada saat yang sama, relaksasi dapat melakukan keajaiban untuk mengembalikan keseimbangan dalam hidup Anda, dan mungkin bahkan mengurangi beberapa risiko kesehatan yang berhubungan dengan stres.

...Terlalu banyak tekanan atas stres sanagat buruk bagi kesehatan mental dan fisik Anda. Pada saat yang sama, relaksasi dapat melakukan keajaiban untuk mengembalikan keseimbangan hidup...

Di bawah ini kita akan berbicara dengan para pakar untuk mempelajari lebih lanjut tentang relaksasi, dan bagaimana untuk mencapai itu. Berikut adalah 10 teknik Sederhana yang dapat digunakan - setiap saat dan hampir di mana saja - untuk mengurangi ketegangan dalam hidup Anda.

1. Buang Pikir Anda Sejenak dan Gerakkan Tubuh Anda

Jika Anda berpikir relaksasi berarti memutar tubuh Anda ke posisi yang tidak nyaman dan mengucapkan "ooh" dan "OMMS" selama satu jam, maka disitulah ketidaknyamanan akan menjadi nyaman karena ketegangan otot menjadi terlepas dan begitulah anda ulangi sesuka anda. "Setiap tindakan yang berulang-ulang dapat menjadi sumber relaksasi", kata Herbert Benson, MD, penulis buku The Relaxation Response anddirector emeritus, Benson-Henry Institute for Mind Body Medicine di Chestnut Hill, Massachusetts.

Cara ini termasuk didalamnya berjalan, berenang, melukis, merajut - aktivitas apapun yang menarik perhatian Anda akan tetap tenang pada saat ini.

Ketika Anda mendapatkan diri Anda berpikir tentang pekerjaan Anda, atau yang membuat anda strees maka, para ahli mengatakan untuk melepaskan pikiran sejenak atau melarikan diri dari berbagai pikiran yang menjerat Anda, dan membawa kembali pikiran Anda pengulangan kegiatan. Cobalah untuk hanya 5 sampai 10 menit per hari dan menonton tingkat stres turun.

2. Bayangkan Diri Anda dalam Keadaan Paling Rileks

Jika Anda stress Cobalah menciptakan visualisasi yang damai, atau "dreamscape." Untuk memulai, cukup memvisualisasikan sesuatu yang membuat pikiran Anda jauh dari ketegangan saat itu. Anda bisa membayangkan berada di tempat liburan favorit, sebuah pulau fantasi yang menurut anda paling indah atau sesuatu yang "dapat disentuh," suka merasakan jubah sutra favorit Anda atau sweater yang nyaman.

Idenya adalah untuk mengambil pikiran Anda dari stres Anda, dan menggantinya dengan gambar yang membangkitkan rasa tenang. Yang lebih realistis lamunan Anda - dalam hal warna, pemandangan, suara, bahkan sentuhan dan merasa - lebih banyak Anda akan mengalami relaksasi.

3. Ambil Nafas Sedalam Mungkin

Stres dapat membangkitkan ketegangan dan napas pendek, sementara tenang dikaitkan dengan santai pernapasan, kata Michael Lee, penulis Stres Menuju Nyaman di Vermont. Jadi, untuk mengubah ketegangan dalam relaksasi, katanya, mengubah cara Anda bernapas.

Coba ini: Biarkan keluar napas besar, menjatuhkan/kempeskan dada, dan mengeluarkan napas melalui bibir dengan lembut, kata Joan Borysenko, PhD, direktur Harvard's Mind-Body Klinis Program. Sekarang bayangkan perut Anda yang rendah, atau pusat, sebagai dalam, tempat yang kuat. Rasakan napas Anda yang datang dan pergi seperti pikiran Anda tetap terfokus di sana.

Tarik napas, merasa seluruh perut, sisi dan punggung bawah mengembang. Buang napas, mendesah lagi ketika Anda menurunkan dada, dan perasaan perut, belakang dan samping kontrak. Ulangi 10 kali, santai lebih lengkap setiap kali.

4. Lihatlah Lingkungan Sekitar Anda


"Mindfulness adalah saat ini dan mulai dari sekarang pendekatan hidup yang membuat kehidupan sehari-hari lebih kaya dan lebih bermakna," kata Claire Michaels Wheeler, MD, PhD, penulis dari 10 Wikipedia Solusi untuk Stres. Ini kehidupan mendekati seperti anak kecil, tanpa penilaian pada apa yang terjadi. Mindfulness berarti berfokus pada satu kegiatan pada satu waktu, jadi lupa multi-tasking! Tinggal di masa kini-tegang dapat membantu mempromosikan relaksasi dan memberikan penyangga terhadap kegelisahan dan depresi.

Praktek itu dengan berfokus pada lingkungan terdekat Anda. Jika Anda di luar ruangan, menikmati bentuk dan warna bunga, mendengar panggilan burung atau mempertimbangkan sebuah pohon. Di mall, melihat rincian gaun di lemari atau jendela, memeriksa perhiasan dan fokus pada bagaimana itu dibuat, atau jendela-toko untuk perabotan, memeriksa setiap detail pola dan gaya. Selama Anda dapat menjaga pikiran Anda terfokus pada sesuatu di masa kini, stres akan menghilang dalam diri Anda.

5. Minumlah Teh Panas

Jika Anda seorang penggila minum kopi maka pertimbangkanlah kesehatan diri anda. Kopi meningkatkan kadar hormon stres yang terkenal, kortisol, sedangkan teh hijau menawarkan kesehatan dan kecantikan, kata Nicholas Perricone, MD, penulis dari 7 rahasia untuk Kecantikan, Kesehatan, dan Panjang Umur.

Teh chamomile adalah teh favorit dan tradisional untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stress. Dan teh hitam dapat menjadikan stres turun sangat drastis. Para peneliti dari University College London melaporkan. Peserta yang minum teh hitam biasa ditampilkan tingkat kortisol lebih rendah, dan melaporkan merasa lebih tenang selama enam minggu situasi penuh tekanan daripada mereka yang minum plasebo dengan jumlah yang sama kafein.

6. Tampilkan Beberapa Wujud Kasih Sayang Anda

Menginduksi respons relaksasi dengan memeluk buah hati anda, binatang peliharaan Anda, memberikan pelukan yang tak terduga kepada seorang teman atau anggota keluarga, bercanda, bersua dengan pasangan Anda, atau berbicara dengan seorang teman tentang hal-hal baik dalam hidup Anda, kata psikolog Deborah Rozman, PhD, co-penulis Transforming stres. Bila Anda melakukannya, Anda akan mengurangi tingkat stres Anda.

Mengapa? Para ahli mengatakan interaksi sosial membantu otak Anda berpikir lebih baik, dengan melakukan hal ini akan mendorong Anda untuk melihat solusi baru terhadap situasi yang dulu tampaknya tidak mungkin, katanya. Penelitian juga menunjukkan bahwa kontak fisik - seperti membelai buah hati, pasangan atau kucing Anda mungkin benar-benar membantu menurunkan tekanan darah dan penurunan hormon stres.

7. Cobalah untuk Memijat Diri Sendiri Senyaman Mungkin

Ketika otot Anda tegang dan Anda tidak punya waktu untuk pergi ke tukang pijat, cobalah cara sederhana ini! teknik memijat diri sendiri dari Darrin Zeer, penulis Lover's Message. Tenanglah dan baringkan tubuh anda ke lantai rumah anda.

    * Tempatkan kedua tangan pada bahu dan leher.
    * Remas dengan jari-jari dan telapak tangan.
    * Gosokkan keras dan bahu tetap rileks.
    * Kedua telapak tangan Anda saling memegang lengan lainnya.
    * Remas otot dengan ibu jari dan jari.
   

    * Pindah ke atas dan ke bawah dari siku Anda ke ujung jari dan ulangi
    * Ulangi dengan lengan lain.

8. Istirahatkan Tubuh Anda

Meski pekerjaan sangat menumpuk tetapi tubuh Orang dewasa juga memerlukan istirahat. Jadi, ketika Anda merasakan emosi Anda akan segera meletus, Jeff Brantley, MD, menyarankan mencari tempat yang tenang untuk duduk atau berbaring dan meletakkan situasi penuh tekanan ditahan. Ambil beberapa napas dalam-dalam dan berkonsentrasi pada melepaskan ketegangan dan menenangkan detak jantung Anda. Menenangkan pikiran dan ingat: Waktu adalah selalu di sisi Anda, jadi santai. Stres bisa menunggu.

9. Cobalah untuk Mendengar Suara yang lembut dan soft

Musik dan suara yang merdu dapat menenangkan detak jantung dan menenangkan jiwa, para ahli mengatakan. Jadi, ketika keadaan menjadi penat atau stress, maka mengambil jalan memutar musik, nasyid  atau bahkan murottal akan menghilangkan stress karena menyelaraskan detak jantung Anda dengan tempo lambat lagu santai. Dan Anda mungkin ingin membuat lagu klasik.

Penelitian menunjukkan bahwa 30 menit mendengarkan musik klasik dapat menghasilkan efek menenangkan setara dengan mengambil 10 mg Valium/obat penenang.

10. Mengambil Sikap Diam dan Tenang Sejenak

Tiga puluh detik adalah waktu yang cukup untuk menggeser irama jantung Anda dari stres untuk rileks, kata Ahli Kesehatan. Cara untuk melakukannya: Libatkan hati dan pikiran Anda dalam berpikir positif. Mulailah dengan membayangkan sesuatu yang memicu perasaan positif - visi anak Anda atau pasangan, gambaran Buah Hati atau hewan peliharaan Anda, perhiasan besar Anda, kenang-kenangan dari liburan-apa pun itu, menyulap atas pikiran akan membantu memperlambat pernapasan, rilekskan otot-otot tegang dan memasang senyum di wajah Anda.

Rozman mengatakan bahwa menciptakan sikap emosional yang positif juga bisa tenang dan stabil irama jantung Anda, berkontribusi terhadap perasaan relaksasi dan kedamaian. [MDw/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X