Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.652 views

Pola Makan Sehat bagi Anak Anda

Pola hidup sehat harus dilatih sejak dini, salah satunya dengan cermat mengatur pola makan. Tubuh sehat dapat meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan sang buah hati.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan untuk mengatur pola makan sehat bagi si buyung.

1. Atur Jadwal Makan

Jadwal makan yang teratur tak hanya mengajarkan disiplin pada anak, juga membiasakan anak pada pola makan sehat. Ajarkan pentingnya sarapan agar konsentrasinya di sekolah tak terganggu rasa lapar.

Biasakan pula untuk makan malam bersama. Duduk bersama keluarga di meja makan sambil ngobrol santai, menciptakan suasana makan malam yang lebih hangat dan nyaman.

2. Sediakan Bekal

Membawa bekal dari rumah memiliki dua keuntungan tersendiri bagi Anda dan anak: menghemat uang saku dan terhindar dari jajanan di sekolah yang tidak terjamin kebersihannya.

3. Libatkan Anak

Berbelanja menjadi saat yang menyenangkan bagi anak. Anak dapat memilih sendiri makanan apa yang ingin mereka makan untuk makan malam atau sebagai bekal sekolah.

Berbelanja juga menjadi saat yang tepat untuk mengajarkan kepada anak bagaimana memilih makanan yang sehat dan bernutrisi. Bagi anak yang menjelang remaja, ajarkan pula caranya membaca label pada makanan, serta menghitung nilai kalori di dalamnya.

4. Siapkan yang Sehat, Buang yang Tak Perlu

Selalu jadikan dapur Anda sebagai gudang makanan sehat. Jangan biarkan kulkas kosong dari sayuran, buah-buahan, susu, jus buah, the herbal, air putih, dan cemilan gandum.

Singkirkan koleksi snack sarat kalori, minuman bersoda, atau kue-kue berlemak. Jangan biarkan anak melihatnya!

5. Buat Variasi Makanan

Anak benci makan sayur? Atur siasat baru dengan “menyembunyikan” sayuran di dalam masakan Anda. Jangan sampai anak tahu ada sayuran di dalamnya. Sekarang ini banyak dijual di pasaran, nugget sayuran dengan rasa yang sama dengan nugget ayam atau ikan.

Buat juga bekal makanan dengan bentuk-bentuk unik. Keluarkan kreativitas Anda dengan menghias masakan Anda menjadi bentuk binatang, tokoh kartun, atau benda-benda favoritnya.

6. Jangan Jadikan Meja Makan Sebagai Medan Perang

Biarkan anak memilih apa yang ingin ia makan. Jika anak sudah kenyang, jangan memaksanya untuk menghabiskan makanan sampai ludes.

(sydh/bintang)

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X