Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.487 views

Mengubah Bahan Bekas Menjadi Mainan Yang Menyenangkan

Anak-anak ternyata juga bisa belajar menyayangi lingkungannya dengan berbagai cara. Mengajarinya membuat mainan dari bahan bekas (daur ulang), adalah salah satunya.

Tak hanya itu, ldengan menjadikan barang bekas menjadi mainan itu, kreativitas di kecil akan semakin terasah.

Lebih kreatif dan mandiri

Mau hadiah apa? “Mainan...” Kebanyakan anak-anak akan menjawab itu bila ditanya.

Memang, mainan buatan pabrik yang sudah jadi - mulai dari alat edukatif sampai alat konstruktif - dapat merangsang motorik halus dan kasar pada anak-anak.

Apalagi mainan tersebut mudah didapat dan bisa langsung dimainkan (ready for use). anda pun tinggal membeli tanpa repot-repot membuatnya.

Sesekali coba sesuatu yang tak lain, membuat mainan sendiri. Anda bisa memanfaatkan bahan bekas yang tak terpakai lagi, bisa pula dari tumbuh-tumbuhan atau kulit buah.

Menurut Dra Mayke S Tedjasaputra, MSi, Psikolog dan Play Therapist UI, dengan membuat mainan daur ulang, secara tidak langsung orangtua sudah menjadi contoh bagi anaknya.

“Jika anak melihat ibunya terbiasa membuat mainan recycle, paling tidak ia melihat contoh yang dilakukan ibunya tersebut. Ia akan meniru ibunya membuat mainan sendiri atas usahanya sendiri,” papar Mayke.

Nah, semakin anak besar, ia terbiasa mengembangkan ide-ide kreatif dan belajar berkreasi sendiri. Otomatis, hal tersebut menjadikan anak lebih mandiri.

Tidak konsumtif

Anak juga akan merasa puas dan bangga saat berhasil membuat mainan dari barang bekas. Selain merangsang kreativitas, kegiatan ini juga mengedukasi anak. Ia akan belajar tidak berperilaku konsumtif, mengerti bahwa mainan itu tidak harus dibeli.

Seperti diketahui, anak usia 1-3 tahun belum dapat membuat mainan sendiri. Di sinilah perlunya peran orangtua untuk membantu membuatkan. Selain akan meningkatkan rasa kebersamaan antara orangtua dan anak, mereka juga akan lebih bahagia sebab merasa orangtuanya peduli kepada mereka.

Kreatif tidaknya suatu mainan sangat bergantung pada mainan yang dibuat. Dalam membuat mainan gunakan konsep dasar yaitu warna, bentuk, urutan (pengelompokan).

Jika anda mengalami kesulitan berkreasi, tak ada salahnya membeli buku-buku panduan cara membuat mainan dari barang bekas.    

Selain itu, pemilihan bahan yang aman juga menjadi prioritas. Jangan menggunakan bahan yang mengandung racun dan jangan gunakan benda-benda yang tajam. Tunggu apalagi, panggil si kecil dan mulailah menyulap barang bekas jadi mainan baru.

contoh mainan "ajaib" buatan sendiri

1. Mobil-mobilan

Bahan: Kulit jeruk bali, tali, tusuk gigi, pensil, pisau/cutter.

Cara membuat: Kulit jeruk bali dipotong setengah bagian untuk membuat badan mobilnya. Beri lubang kecil untuk menandakan bagian depannya. Ambil setengah bagian kulit jeruk yang lain untuk membuat roda. Bentuk 4 bulatan atau lingkaran yang sama ukurannya.

Setelah itu potong mengikuti bentuknya dengan menggunakan pisau atau cutter. Pasang roda di bagian sisi kanan dan kiri badan mobil dengan menggunakan tusuk gigi agar roda menempel pada badan mobil. Setelah itu masukkan tali ke lubang di bagian depan badan mobil, ikat kuat. Mobil dari kulit jeruk siap digunakan.

2. Kuda-Kudaan

Bahan: Pelepah daun kelapa yang kering, tali rafia/ijuk, pisau.

Cara membuat: Belah pelepah daun kelapa menjadi bilah-bilah seperti untuk kayu bakar. Lalu ambil beberapa bilah itu dan ikat dengan tali rafia atau ijuk. Selempangkan bilah yang telah diikat tadi ke pundak dan diapit di antara paha sehingga menjadi kuda-kudaan.

(sydh/okz)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X