Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
14.363 views

Mencermati Kehalalan Flavour dalam Teh

V0A-ISLAM.COM- Menyeruput teh pada pagi dan sore hari telah menjadi bagian hidup sebagian manusia di muka bumi. Teh dikonsumsi tak hanya sekedar sebagai minuman teman kudapan atau penghilang dahaga, teh juga diyakini berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Kebutuhan dan konsumsi teh masyarakat dunia tenyata cukup besar, khususnya di negara-negara maju. Di Inggris misalnya, tingkat konsumsi teh mencapai 2,5 kg per kapita per tahun. Di negara Muslim seperti Pakistan, konsumsi teh mencapai  1 kg per kapita, sedangkan di Indonesia hanya 0,2 per kapita.

Meski konsumsi teh di Tanah Air tak terlalu besar, Indonesia tercatat merupakan negara produsen teh nomor lima terbesar di dunia. Tahun lalu, industri teh memberikan kontribusi pada Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar  Rp 1,2 triliun, dengan devisa 110 juta dolar.

Teh atau Camellia sinensis  banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Masing-masing wilayah biasanya memiliki jenis teh yang berbeda-beda, setelah melalui hasil persilangan. Selama ini, dikenal tiga jenis teh hasil olahan, yakni teh hijau, teh oolong serta teh hitam. Penelitian membuktikan teh mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

Misalnya karotin, tiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), nicotinic acid, pantothenic acid, absorbic acid (vitamin C), vitamin B6, manganese, dan potasium. Itulah mengapa teh sangat berkhasiat.

Teh bisa memperkuat daya tahan tubuh, mencegah tekanan darah tinggi, mengoptimalkan metabolisme tubuh. Khasiat lainnya yakni menangkal kolesterol, memperkuat gigi, mengurangi resiko keracunan makanan, bahkan mencegah kanker.

Kini, produk teh yang tersedia di pasaran pun kian beragam. Di pasar swalayan hingga tradisional, teh dijual dengan aneka jenis citra dan rasa.  Sebagian di antaranya memiliki aroma yang khas. Aroma ini diperoleh dari menambahkan perisa (flavour). Nah, di sinilah titik kritis kehalalan produk teh itu.

Seperti dikutip dari situs halalguide.info, kekhawatiran terhadap perisa bisa terkait beberapa hal, yaitu pelarut yang digunakan semisal //etanol// dan gliserol, bahan dasar pembuatannya, serta asal bahan dasar yang digunakan.  Sebelumnya, bahan etanol tidak boleh lagi digunakan sebagai pelarut akhir komponen-komponen flavor. Dan sebagai gantinya, dapat menambahkan propilen glikol.

Bahan gliserol pun tidak boleh berasal dari hasil hidrolisis lemak hewani. Akan tetapi, sekarang telah ada gliserol yang merupakan hasil sintesis organik dengan menggunakan bahan dasar dari minyak bumi. Pendek kata, penambahan perisa tidak akan bermasalah aspek kehalalannya jika bahan yang digunakan adalah campuran dari bahan alami, semisal bunga melati (perisa nabati).

Lain halnya dengan perisa daging. Sebab pada prosesnya, diperlukan base yang dibuat dari hasil reaksi asam amino atau protein hidrolisat, gula dan kadang-kadang lemak atau turunannya. Pada saat formulasi, untuk flavor daging ayam misalnya, kerap diperlukan lemak ayam, sehingga harus jelas cara penyembelihan hewannya.

Beberapa bahan perisa juga berasal dari hewan bertaring. Misalnya, civet (dari kucing civet yang banyak hidup di pegunungan Himalaya, diambil dari kelenjar susunya pada saat hewan itu masih hidup), musk oil (dari sejenis musang hidup), dan castoreum (dari hewan berang-berang).

Memang, penggunaan bahan ini sudah jarang ditemukan dalam formulasi flavor. Akan tetapi dalam beberapa kasus, penggunaan flavor dari bahan hewani masih ditemukan pada flavor yang menggunakan formula lama.

Penggunaan fusel oil dan turunannya juga harus dicermati. Fusel oil didapat dari hasil samping industri pembuatan minuman beralkohol, khususnya distilled beverages, sebagai salah satu fraksi dalam distilasi hasil fermentasi alkohol.  Karena merupakan hasil samping minuman beralkohol (khamr), bahan tersebut dianjurkan untuk tidak digunakan oleh umat Islam. [widad/rpb]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X