Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.263 views

Voa-Islamic Parenting (31): Asyiknya Menjadi Ibu Rumah Tangga

Sahabat VOA-Islam Muslimah yang Shalihah...

Menjadi ibu rumah tangga bagi sebagian wanita mungkin dianggap menghambat kemampuan diri ataupun menghambat aktifitas. Namun sebenarnya menjadi ibu rumah tangga sangatlah menjanjikan pahala dan barokah didalamnya. Kita juga memahami bahwa menjadi ibu rumah tangga merupakan salah satu konsekwensi disaat sahabat muslimah telah menikah. Maka satu-satunya langkah paling tepat, kita memang harus mengatur supaya saat menjadi ibu rumah tangga tetap berpenampilan cantik seperti saat masih gadis, segesit saat masih kuliah dan seasik saat masih imut-imut.

Hidup ini kan tidak ubahnya sebuah masakan yang diracik dari berbagai bahan dan bumbu. Itu semua berkumpul jadi satu dalam sebuah resep dengan takaran yang pas. Begitu juga dengan Sahabat Muslimah. Ramuan yang tepat atas semua karakter dan eksperesi emosi dengan kejelian yang tepat akan menjadikan kita menjadi Muslimah yang mulia dihadapan Alloh dan ngangenin dihadapan suami dan anak-anak. Sebagai ibu rumah tangga kita haruslah memiliki tips untuk meraih keberhasilan di dalam melaksanakan tugas -tugas kita. Adapun tips yang harus ia miliki ialah :

 

Pertama, mampu menikmati peranMenjadi ibu rumah tangga merupakan sebuah profesi yang membutuhkan kesadaran dan kesabaran tinggi. Bagaimana repotnya kita ketahui bersama, karena hampir semua pekerjaan rumah bertumpu pada kita. Di pagi hari sibuk menyiapkan sarapan dan seragam untuk suami dan anak serta masih banyak lagi aktifitas yang seolah-olah tak ada habisnya. Jika seorang ibu tidak pandai menata hati ia akan menghadapi rutinitas ini terasa berat, merasa paling repot, paling sibuk sendiri bahkan membuat kepala pusing tujuh keliling. Jika ini terjadi sudah bisa dipastikan tipe ibu rumah tangga yang seperti ini rentan terkena setres dan depresi mental. Ini terjadi karena  rutinitas harian menjadi beban yang tidak menyenangkan.

Berbeda dengan ibu rumah tangga yang pandai menikmati perannya. Ia akan menikmati peran sebagai ibu rumah tangga tak ubahnya menjadi bintang sinetron yang dilakoninya penuh dengan penghayatan yang dalam. Sehingga siapa saja yang melihat menjadi terkesima dengan keasyikan saat bermain peran. Hatinya yakin seyakin-yakinnya bila peran ini dilakoninya dengan profesionalitas tinggi dan total dalam penghayatan, maka dia akan mendapatkan nilai yang tinggi pula. Ini pulalah yang menjadikan Sahabat Muslimah akan mampu menikmati dengan nyaman dan total karena sadar telah menandatangani kontrak dikala terucap janji setia ijab qobul. Dan juga memahami bahwa dari setiap detik akan mengalir pahala dari kesibukan saat berperan menjadi ibu rumah tangga jika dilaksanakan dengan penuh keikhlasan. Keyakinan inilah yang akhirnya memunculkan merasa nyaman dan terasa asyik saat memasak, mencuci maupun merapikan rumah, bahkan dikala nyebokin buah hatinya. Jadi kemampuan untuk menikmati peran sebagai ibu rumah tangga merupakan pintu yang akan mengantarkan pada gerbang kehidupan yang tenang, damai dan gembira tanpa ada beban berat yang membuatnya tidak nyaman dalam menjalaninya.

 

Kedua, memiliki jiwa pemimpin dan kasih sayang. Menjadi ibu rumah tangga secara otomatis akan menerima amanah yang besar dalam wujud harta maupun jiwa. Rasulullah SAW bersabda:

.............والمرأة راعية فى بيت زوجها وهي  مسؤلة عن رعيتها..........

"dan setiap wanita adalah pemimpin di rumah suaminya dan akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang ia pimpin".

Karena itulah jiwa kepemimpinan haruslah dimiliki seorang ibu rumah tangga. Maka seorang istrilah yang akan menjadikan sebuah bahtera rumah tangga akan berjalan dengan nyaman dan indah atau justru sebaliknya terasa berat dan amburadul. Bukan hanya itu, sebagai ibu rumah tangga juga haruslah cakap dalam mempengaruhi seluruh anggota rumah tangga. Namun dalam melakukan proses ini seorang ibu tidak bisa bersikap otoriter bak seorang jendral. Karena perannya sebagai istri harus tetap menjadikan suami sebagai pemimpinnya dan anak-anaknya harus diayomi dan dididiknya dengan penuh kasih sayang.

Dari sinilah seorang ibu rumah tangga dikala telah memiliki jiwa kepemimpinan dan memiliki sifat kasih sayang secara otomatis akan hadir ukuran atas hak dan kuwajiban dalam rumah tangga itu sendiri. Inilah yang menjadikan rumah tangga semakin nyaman dan berasa bak rumah ukuran dua kali satu. Maaf maksudnya dua lantai satu kolam renang. Kok bisa? Ya bisa... Walaupun rumah itu hanya satu petak, namun akan berasa bak istana dikala dikelola dan diatur oleh seorang pengelola pilihan yang begitu cakap dan lihai dalam menata ruangan dan memberikan kesejukan dalam hati dengan lisan, tingkah laku maupun lirikan sekalipun.

 

Ketiga, memiliki kontrol waktu. Ibu rumah tangga memang tidak memiliki jam kerja yang pasti. Tetapi selama 24 jam ibu rumah tangga kan menjalaninya. Berbeda dengan orang yang bekerja kantoran. Ibu rumah tangga tidak diatur oleh waktu seperti orang kantoran, namun sebaliknya, ibu rumah tangga haruslah mampu mengatur waktunya.

Kenyamanan ibu rumah tangga tergantung bagaimana kemampuannya dalam mengatur waktu dengan baik dan cerdas. Jika ibu rumah tangga merasa waktunya habis, sementara pekerjaan harian yang wajib diselesaikan ternyata masih terbengkalai, maka tengoklah bagaimana time kontrolnya atau itu desebabkan salahnya skala prioritas yang harus diutamakan. Mungkin lebih mementingkan nonton tv, ngobrol dengan teman atau aktivitas lainnyan yang tidak jelas tujuannya.

Kita harus sadar betul bahwa seisi rumah sangat tergantung pada kita sebagai ibu rumah tangga. Maka dikala kurang tepat dalam mengatur waktu, maka akan mengganggu atau menghambat apa yang akan dilakukan anggota rumah yang lain. Alloh berfirman :

فاذا فرغت فانصب

Artinya: Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. (Q.S. Al- Insyirah: 7)

Ayat di atas bukanlah sebagai pembenaran bahwa Islam mengakui ada waktu kosong dalam hidup kita. Namun yang dimaksud dengan waktu kosong adalah jeda waktu antara perpindahan dari satu aktivitas ke aktivitas yang lain. Jadi secara syar'i apapun yang kita lakukan haruslah memiliki tujuan yang jelas.

 

Keempat, pandai mengatur nafkah dari suami. Pepatah mengatakan "Besar pasak daripada tiang". Maksud dari pepatah inilah yang harus kita hindari. Jangan sampai pengeluaran melebihi pendapatan. Seorang Ibu rumah tangga haruslah pandai mengatur keuangan keluarga yang sudah diamanahkan kepadanya. Kemampuan memilah antara kebutuhan primer dengan sekunder menjadi landasan dasar supaya tidak memiliki barang yang mubadhir. Di saat membelanjakan nafkah yang sudah diberikan oleh suami  harus mampu  mengoreksi untuk apa ia membelinya. Pandai memilih kriteria barang yang dibeli dan juga mampu memilih paling penting serta memahami akan manfaatnya. Karena seolah sudah menjadi fitnah besar dikala wanita melihat barang baru. Seolah muncul dorongan dalam diri lebih mudah tertarik dan tidak berfikir panjang akan membelinya, walaupun akhirnya ia menyadari  barang yang ia beli ternyata sia-sia belaka.

Ketelitian dan penuh pertimbangan sebelum membeli barang harus dilakukan supaya tidak muncul penyesalan dan bersikap tabdzir (sia-sia).

Kelima, mampu mengaktualisasikan diri. Aktualitas diri sangat diperlukan bagi  individu sahabat muslimah. Apalagi bila telah berperan menjadi  seorang ibu rumah tangga. Aktualitas diri diperlukan untuk bisa mengurai kepenatan atau kejenuhan yang ia rasakan karena terkungkung dengan rutinitas yang mungkin membosankan dan selalu berulang setiap hari. Dikala terlalu capek dalam melakukan aktivitas, maka dibutuhkan kesenangan diri dengan mengerjakan hoby atau pekerjaan yang ia sukai. Seorang ibu rumah tangga harus tetap menyisihkan waktu pribadi tanpa harus mengabaikan perannya yang utama sebagai ibu rumah tangga.

Tapi ingat dalam mengaktualitaskan diri haruslah pandai-pandai memilih waktu yang tepat dan menimbang bahwa hobi tersebut tidak melenceng dari koredor syar'i.

Sahabat Muslimah...

Menjadi ibu rumah tangga merupakan salah satu fitrah kehidupan wanita yang akan menghantarkan Sahabat Muslimah pada surga yang kekal dan dipenuhi segala kenikmatan tiada tara. [ukhwatuna/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Belum genap berusia 2 tahun, bocah imut mungil ini harus menjalani hidup dengan dahsyatnya penyakit tumor ganas di. Hari-harinya dipenuhi tangis bersimbah darah yang mengucur dari luka matanya...

Latest News
Jadikan Rumahmu Kiblat

Jadikan Rumahmu Kiblat

Senin, 19 Apr 2021 21:36

Shalat Tarawih (Bagian Dua)

Shalat Tarawih (Bagian Dua)

Senin, 19 Apr 2021 21:28

Pensiunan Kolonel Militer Israel Sebut Sistem Pertahanan Iron Dome Tidak Dapat Diandalkan

Pensiunan Kolonel Militer Israel Sebut Sistem Pertahanan Iron Dome Tidak Dapat Diandalkan

Senin, 19 Apr 2021 19:30

Hamas: Perjuangan Akan Terus Berlanjut Sampai Pembebasan Penuh Al-Aqsa Dari Musuh Zionis

Hamas: Perjuangan Akan Terus Berlanjut Sampai Pembebasan Penuh Al-Aqsa Dari Musuh Zionis

Senin, 19 Apr 2021 19:10

Mengganti Shalat Tarawih dengan Tahajjud, Bolehkah?

Mengganti Shalat Tarawih dengan Tahajjud, Bolehkah?

Senin, 19 Apr 2021 17:12

Kerumunan Maulid Nabi Muhammad Bukan Tindak Pidana

Kerumunan Maulid Nabi Muhammad Bukan Tindak Pidana

Senin, 19 Apr 2021 15:36

TLP Bebaskan 11 Polisi Yang Mereka Sandera Selama Protes Anti-Prancis Di Lahore

TLP Bebaskan 11 Polisi Yang Mereka Sandera Selama Protes Anti-Prancis Di Lahore

Senin, 19 Apr 2021 13:35

Manuver Poros Umat, Akankah Digdaya?

Manuver Poros Umat, Akankah Digdaya?

Senin, 19 Apr 2021 13:00

Syaikh Bin Bazz: Qunut Witir Boleh Setiap Malam

Syaikh Bin Bazz: Qunut Witir Boleh Setiap Malam

Senin, 19 Apr 2021 11:17

Mencintai Allah

Mencintai Allah

Ahad, 18 Apr 2021 23:07

Jazuli Juwaini Minta Aparat Segera Tangkap Joseph Paul Zhang

Jazuli Juwaini Minta Aparat Segera Tangkap Joseph Paul Zhang

Ahad, 18 Apr 2021 22:37

Reshuffle Kabinet Tak Berguna

Reshuffle Kabinet Tak Berguna

Ahad, 18 Apr 2021 22:30

Hari-hari yang Diharamkan Berpuasa dan Rukun Puasa

Hari-hari yang Diharamkan Berpuasa dan Rukun Puasa

Ahad, 18 Apr 2021 22:24

Dewan Da'wah Bantu Warga Terdampak Banjir Bima

Dewan Da'wah Bantu Warga Terdampak Banjir Bima

Ahad, 18 Apr 2021 22:20

Kelompok Sayap Kanan Denmark Instruksikan Pengungsi Untuk 'Pulang Ke Suriah Yang Cerah'

Kelompok Sayap Kanan Denmark Instruksikan Pengungsi Untuk 'Pulang Ke Suriah Yang Cerah'

Ahad, 18 Apr 2021 22:05

Rumah Zakat Salurkan Bantuan untuk Jurnalis Depok

Rumah Zakat Salurkan Bantuan untuk Jurnalis Depok

Ahad, 18 Apr 2021 22:03

Bom Pinggir Jalan Di Somalia Tewaskan Komandan Militer Tertinggi Shabelle Tengah

Bom Pinggir Jalan Di Somalia Tewaskan Komandan Militer Tertinggi Shabelle Tengah

Ahad, 18 Apr 2021 21:45

Josep Paul Zhang Nistakan Islam, Persis Minta Polisi Bertindak Tegas

Josep Paul Zhang Nistakan Islam, Persis Minta Polisi Bertindak Tegas

Ahad, 18 Apr 2021 21:17

Rezim Assad Gunakan 82.000 Bom Barel Dalam 9 Tahun Serangan Terhadap Warga Sipil Suriah

Rezim Assad Gunakan 82.000 Bom Barel Dalam 9 Tahun Serangan Terhadap Warga Sipil Suriah

Ahad, 18 Apr 2021 21:12

Panggilan Jihad

Panggilan Jihad

Ahad, 18 Apr 2021 15:14


MUI

Must Read!
X