Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.761 views

Voa-Islamic Parenting (42): 4 Langkah Istri Membantu Suami Dalam Urusan Akhirat

Sahabat Muslimah VOA-Islam yang Shalihah...

Alloh subhanahu wata'ala menciptakan makhluk-Nya berpasang-pasangan. Ada laki-laki ada perempuan, maka ada suami ada pula istri. Begitulah Alloh menciptakan makhluknya. Laki-laki dan perempuan sangatlah berbeda, tentunya semua memiliki hak dan kewajiban yang berbeda pula.

Perbedaan ini semakin jelas dikala sudah terjadi pernikahan. Tujuan pernikahan selain mencari ketenangan jiwa dari pasangannya tentunya juga untuk saling melengkapi kekurangan yang ada pada masing-masing pasangan. Karena kita tahu tiada manusia yang sempurna, sesungguhnya kesempurnaan itu hanya milik Alloh ta'ala.

Sahabat Muslimah...
 
Kita sebagai seorang wanita yang berperan sebagi istri tentu sangat berharap agar keluarga yang kita bina bersama sang pangeran itu menjadi keluarga yang harmonis nan romantis. Namun itu semua tak mungkin akan kita capai tanpa adanya usaha yang kita lakukan.
 
Keberhasilan seorang suami dalam memimpin keluarganya tidak akan terlepas dari peran aktif seorang istri dalam mensuport suami, baik secara intelektual maupun spiritual. 
 
Seorang istri yang sholihah akan selalu mendukung aktivitas suaminya demi keberhasilan yang akan diraih untuk kebahagiaan bersama. Namun keberhasilan itu tidak akan berarti jika semua tidak didasari dengan agama. Karena agama merupakan tolak ukur yang tidak bisa ditawar.
 
Inilah yang akan menjadikan pembuka pintu barokah. Barokah inilah yang akan melanggengkan kebahagiaan sampai menembus langit yang ketujuh bahkan sampai akhirat kelak.
 
Semangat yuk... Kita sebagai istri yang sholihah harus mampu menjadikan diri tidak hanya sebatas menjaga iman yang ada pada diri, namun juga mampu menjadi istri sholihah yang lebih berharga dari perhiasan emas dan perak seperti yang digambarkan Rasululloh SAW.
 
لَمَّا نَزَلَ فِي الْفِضَّةِ وَالذَّهَبِ مَا نَزَلَ قَالُوا فَأَيَّ الْمَالِ نَتَّخِذُ قَالَ عُمَرُ أَنَا أَعْلَمُ ذَلِكَ لَكُمْ قَالَ فَأَوْضَعَ عَلَى بَعِيرٍ فَأَدْرَكَهُ وَأَنَا فِي أَثَرِهِ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيَّ الْمَالِ نَتَّخِذُ قَالَ لِيَتَّخِذْ أَحَدُكُمْ قَلْبًا شَاكِرًا وَلِسَانًا ذَاكِرًا وَزَوْجَةً تُعِينُهُ عَلَى أَمْرِ الْآخِرَةِ
 
Artinya: Saat turun ayat tentang perak dan emas seperti itu, mereka berkata; Lalu harta apa yang kami ambil? 'Umar berkata; Aku akan memberitahukannya kepada kalian. Tsauban berkata; Umar mempercepat perjalanan untanya lalu menyusulnya dan aku berada dibelakangnya, ia berkata; Wahai Rasulullah! Harta apa yang bisa kami ambil? Rasulullah Shallallahu'alaihiWasallam bersabda; Hendaklah masing-masing kalian memiliki hati yang bersyukur, lisan yang berdzikir, istri yang membantunya untuk urusan akhirat.(H.R Ahmad).
 
Sahabat Muslimah...
 
Dari hadits diatas istri sholihah yang lebih berharga dari emas dan perak itu mereka yang mampu membantu suaminya dalam beragama atau beramal untuk akherat. Untuk mewujudkan karakter tersebut seharusnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan seorang istri diantaranya yaitu:
 
Pertama: Membiasakan Hidup Sederhana
 
Wanita sholihah seyogyanya selalu membiasakan hidup sederhana. Sehingga kata zuhud yang diajarkan Rasululloh SAW. melekat pada dirinya. Biarpun suami bergelimpang harta, istri tidak boleh terpedaya akan kemewahan dunia yang begitu menggoda.
 
Pun juga sebaliknya, dikala suami berpenghasilan pas-pasan ia harus pandai mengatur keuangan setepat mungkin agar mampu mengatasi semua kebutuhan yang harus terpenuhi dalam hidupnya. 
 
Akhlak yang harus kita hidupkan yaitu dikala suami keluar rumah untuk mencari nafkah, kita harus senantiasa mendo'akan suami semoga mendapatkan Rizki yang halal lagi barokah, lebih baik kami menahan lapar daripada harus makan rizki yang tidak halal. 
 
Muslimah memang berbeda dengan kebanyakan wanita yang hanya berharap agar suaminya mampu mendapatkan harta sebanyak mungkin. Dirinya tidak menyukai menumpuknya harta bila menempuh jalan yang tidak dihalalkan Alloh. Naudzubillahi mindzaalik. Namun yang diidamkan hanyalah keberkahan dan ridho dari Alloh.
 
Kedua: Mengajak Suami untuk Semangat dalam Memperdalam ilmu agama
 
Belajar adalah kewajiban bagi setiap muslim. Begitu juga seorang yang sudah berkeluarga. Ilmu adalah ibarat lentera yang mampu menerangi kegelapan. Maka sudah menjadi kewajiban pasutri untuk saling mendorong untuk tetap semangat dalam menuntut ilmu. 
 
Ketiga: Menjalin silaturahim kepada para Solihin
 
Keimanan seseorang tidak akan setabil. Ada kalanya pasang surut. Maka orang-orang sholih akan sangat bermanfaat bagi kita menjadi motivator atau pengingat ketika iman kita sedang surut. Karena jika iman dibiarkan tanpa ada pembaharuan maka bisa terkikis oleh kemaksiatan yang akan mengakibatkan kita semakin lemah atau bahkan futur dalam ber-Islam.
 
Keempat: Menghidupkan Suasana Islam dalam Keluarga 
 
Seorang istri bertanggung jawab atas rumah suaminya dan akan dimintai pertanggungan jawaban atas apa yang dipimpinnya. Maka sudah sewajarnya seorang muslimah akan mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga menjadikan suasana rumah Islami sangat terasa baik secara wujud maupun suasana yang bisa dirasakan dengan munculnya ketenangan jiwa dikala berada didalamnya.
 
Rumah tersebut dipenuhi dengan nada-nada Islami seperti murottal Al-Qur'an, nasyid yang syar'i maupun bentuk IKHTIYAR lain yang mampu menjadikan suasana rumah bak surga yang dinanti setiap muslim.
 
Inilah keempat hal yang mesti diperhatikan oleh seorang istri dalam membantu ikhtiyar suami dalam urusan akhirat menjaga dirinya dan keluatprganya dari siksa api neraka. Fastabiqul khoirot! Wallohua'lam bisshowab. [ukhwatuna/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X