Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.542 views

Menikah Lewat Aplikasi Kencan, Nyawa Anak Melayang

 

Oleh:

Mia Kusmiati

 

DANIS Aprilia (36), ibu dari bayi yang dibunuh ayah tirinya mengungkapkan fakta mengejutkan.

Rupanya, Danis dan suami sekaligus tersangka pembunuhan, Roni Andriawan baru menikah selama 6 hari setelah berkenalan 4 hari melalui aplikasi kencan.

Perkembangan kasus penganiayaan terhadap bayi berusia lima belas bulan di Bekasi yang berujung kematian.

Danis Aprilia (36), seorang ibu di Bekasi ini harus menerima kenyataan pahit setelah beberapa hari menikah dengan pria bernama Roni Andriawan (39).

Pasalnya, anak Danis Aprilia yang masih berusia 15 bulan meninggal dunia diduga dianiaya ayah tirinya, Roni Andriawan.

Roni Andriawan tega menganiaya anak tirinya hingga meninggal dunia pada Senin (26/8/2019) di Desa Sukasari, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi.

Padahal, Roni Andriawan baru saja menikahi Danis Aprilia 20 Agustus 2019 kemarin. (Tribunnews.com, 01/09/2019).

Miris. Saat mendapat pasangan baru pasca bercerai harusnya dihujani kebahagiaan. Tetapi tidak dengan wanita yang kini sedang dirundung kemalangan karena menikah dengan seorang pria yang dikenalnya lewat aplikasi perjodohan online. Dia menjadi salah satu korban akibat menggunakan aplikasi online dengan menggunakan "nafsu" sebab tergiur oleh hadiah berupa kekasih dunia akhirat.

Pedih nasib bukan kepalang. Kekasih hati datang meminang untuk mengisi kekosongan hatinya, tetapi buah hati harus meregang nyawa di tangan ayah barunya. Seorang bayi berusia lima belas bulan belum mampu melawan ataupun menolak jika diberi tawaran sekalipun untuk memilih hidup atau mati. Pria ini bagaikan manusia tanpa hati nurani.

Hebat sekali, mendapatkan jiwa raga ibunya sekaligus nyawa anaknya. Bagaikan sekali mendayung dua tiga kali pulau terlampaui. Setelah mendapat hal yang diinginkan oleh nafsunya, kini tinggal dia menikmati hidup di dalam jeruji besi.

Bilapun kasus ini digulirkan dan pelaku mendapat sanksi yang cukup lama untuk mendekam sebagai tahanan. Tentu saja tidak akan pernah bisa mengembalikan buah hati Danis Aprilia yang sudah kembali pada Maha Pencipta. Cinta tinggal cinta. Sungguh tidak pernah disangka ternyata aplikasi perjodohan online ini mengakibatkan Danis meminang pencabut nyawa anaknya.

Memang, sangat tidak dianjurkan jika mencari jodoh lewat online yang sama sekali tidak diketahui tentang 3B nya.  Pepatah orang tua mengatakan harus memenuhi kriteria Bobot, Bibit dan Bebet nya. Pertama, sebagai seorang perempuan khususnya, dalam memilih pasangan hidup harus memperhatikan profesi atau penghasilan calon suami.

Memang tidak baik menilai seseorang dari jabatan ataupun hartanya. Tetapi, ini harus jadi syarat bahwasannya ketika sudah berumah tangga nanti tidak lagi menggantungkan hidup kepada orang tua masing-masing. Sebab, janji sehidup semati sudah termasuk dalam bertanggung jawab atas kebutuhan pangan, sandang dan papan. Setelah itu, bibit. Diperhatikan garis keturunan keluarganya yang nanti akan berpengaruh pada keturunan kita kedepannya. Terakhir, bebet atau penampilan yang menggambarkan watak orang tersebut.

Syarat 3B diatas adalah menurut pandangan orang tua. Lalu, bagaimana dengan pandangan Islam?

Tentu, Islam menyediakan dengan detail semua tentang hidup dan mati pemeluknya, termasuk perihal jodoh. Dalam Alquran termaktub ayat yang artinya :

"Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rizki yang mulia (surga).” (An-Nur ayat 26).

Lihatlah dulu seperti apa diri kita sekarang, baru kita bisa mengajukan syarat untuk calon pendamping hidup kita kelak. Selain itu, untuk perihal penyeleksian calon terbaik, Rasulullah sudah menentukan point-point penting yang harus diperhatikan.

Dalam hadits, Rasulullah bersabda : "Wanita dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya, dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang bagus agamanya (keislamannya). Kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR. Bukhari-Muslim).

Kalau lelaki saja dianjurkan sangat selektif dalam memilih wanita untuk dijadikan kekasih sejatinya. Maka, kaum hawa pun jangan sampai tergesa-gesa dalam menjadikan lelaki sebagai calonnya hingga langsung siap naik pelaminan tanpa persiapan. Fatal akibatnya jika perempuan main "asal comot". Hanya karena tampan dan kaya raya sudah langsung jatuh cinta.

Bila tidak memperhatikan bagaimana ketaatannya pada Maha Raja. Andai Maha Raja sudah diabaikan tentu kita manusia yang tak punya kuasa pun sangat mudah untuk ditinggalkan. Ujung-ujungnya mengadu nasib di pengadilan. Luka di hati akan kembali terulang. Hanya karena rayuan cintaku hanya padamu, duhai sayang. Eh, gak taunya malah ditinggalkan tanpa alasan.

Ikuti tahapan saat perkenalan hingga ijab kabul yang harus dijalani. Mintalah keluarga untuk mendampingi prosesi masa pendekatan tersebut. Sesuai yang Islam perintahkan, ada ta'aruf namanya. Ini bisa jadi bagian jalan menuju pernikahan yang sakinah, mawadah dan rahmah.

Islam mengajak kita untuk selalu mengutamakan iman ketimbang akal. Terkadang, akal mengajak kita untuk memilih jalan yang salah dan membuat keputusan tanpa pertimbangan matang. Kecerdasan yang terdapat pada akal kita seyogianya dijadikan penyokong takwa kepada Allah. Bila dibisikkan oleh nafsu untuk bersanding dengan suami atau istri yang punya segala kebutuhan untuk selama hidup dunia, tetapi tidak memikirkan akhirat ini akan menjerumuskan kita ke penyesalan paling membuat hati sekara.

Jadikan Alquran dan hadist sebagai pedoman hidup. Segala sesuatu yang terjadi zaman sekarang sudah tersedia semua sebab-akibat di dalamnya. Miris. Saat mendapat pasangan baru pasca bercerai harusnya dihujani kebahagiaan. Tetapi tidak dengan wanita yang kini sedang dirundung kemalangan. Pasalnya, ia menikahi seorang pria lewat aplikasi perjodohan online. Dia menjadi salah satu pengguna internet yang tidak hati-hati. Harapannya, doorprize berupa kekasih dunia akhirat adalah benar.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Bebas dari penjara ia taubat dan hijrah, tapi kesulitan pekerjaan. Saat ekonomi terjepit, datang tawaran bisnis haram dari sesama mantan napi. Ia butuh dana 7,5 juta rupiah untuk modal usaha...

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Latest News
Dewan Da'wah: Masa Depan Kejayaan Pendidikan Indonesia di Tangan Pesantren

Dewan Da'wah: Masa Depan Kejayaan Pendidikan Indonesia di Tangan Pesantren

Kamis, 22 Oct 2020 06:53

25 Pasukan Keamanan Afghanistan Tewas Dalam Penyergapan Taliban di Provinsi Takar

25 Pasukan Keamanan Afghanistan Tewas Dalam Penyergapan Taliban di Provinsi Takar

Rabu, 21 Oct 2020 21:15

Suriah Tuntut Keringanan Sanksi dan Penarikan Pasukan AS Untuk Pembebasan Tawanan Amerika

Suriah Tuntut Keringanan Sanksi dan Penarikan Pasukan AS Untuk Pembebasan Tawanan Amerika

Rabu, 21 Oct 2020 21:05

Islamic State Bobol Penjara di Kongo, Bebaskan Setidaknya 1300 Narapidana

Islamic State Bobol Penjara di Kongo, Bebaskan Setidaknya 1300 Narapidana

Rabu, 21 Oct 2020 19:15

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Pimpinan Ponpes Gontor KH. Abdullah Syukri Zarkasyi Wafat

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Pimpinan Ponpes Gontor KH. Abdullah Syukri Zarkasyi Wafat

Rabu, 21 Oct 2020 19:06

Turki Akan Kirim Bantuan ke Warga Sipil Azerbaijan Terdampak Pertempuran di Nagorno-Karabakh

Turki Akan Kirim Bantuan ke Warga Sipil Azerbaijan Terdampak Pertempuran di Nagorno-Karabakh

Rabu, 21 Oct 2020 18:55

Dilihat Sebagai Oposisi Terkuat, KAMI Akan Ditekan Terus

Dilihat Sebagai Oposisi Terkuat, KAMI Akan Ditekan Terus

Rabu, 21 Oct 2020 17:45

Hatice Cengiz Gugat Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman Atas Pembunuhan Jamal Khashoggi

Hatice Cengiz Gugat Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman Atas Pembunuhan Jamal Khashoggi

Rabu, 21 Oct 2020 14:05

Warga Tolak Pendirian Gereja Jemaat Allah Mojolaban Sukoharjo

Warga Tolak Pendirian Gereja Jemaat Allah Mojolaban Sukoharjo

Rabu, 21 Oct 2020 09:58

Indonesia Rekor Utang Terbanyak, DPR: Lewati Batas Aman yang Direkomendasikan IMF

Indonesia Rekor Utang Terbanyak, DPR: Lewati Batas Aman yang Direkomendasikan IMF

Rabu, 21 Oct 2020 09:29

Ulama dan Pemimpin Muslim Filipina Kecam Rencana Militer Untuk Mengawasi Madrasah

Ulama dan Pemimpin Muslim Filipina Kecam Rencana Militer Untuk Mengawasi Madrasah

Selasa, 20 Oct 2020 22:35

Kemunafikan Eropa: Kata-kata Kosong Untuk Palestina, Senjata Mematikan Untuk Israel

Kemunafikan Eropa: Kata-kata Kosong Untuk Palestina, Senjata Mematikan Untuk Israel

Selasa, 20 Oct 2020 22:15

Kepala Mossad Sebut Israel dan Arab Saudi Pelihara Hubungan Perdamaian Tidak Resmi

Kepala Mossad Sebut Israel dan Arab Saudi Pelihara Hubungan Perdamaian Tidak Resmi

Selasa, 20 Oct 2020 21:15

AS Cantumkan Pebisnis Batu Permata Di Australia Dalam Daftar Teroris yang Ditunjuk Global

AS Cantumkan Pebisnis Batu Permata Di Australia Dalam Daftar Teroris yang Ditunjuk Global

Selasa, 20 Oct 2020 20:45

Koalisi Advokat Bersiap Somasi Menteri Kesehatan

Koalisi Advokat Bersiap Somasi Menteri Kesehatan

Selasa, 20 Oct 2020 19:41

PKS: Setahun Jokowi, Semua Ambyar!

PKS: Setahun Jokowi, Semua Ambyar!

Selasa, 20 Oct 2020 17:59

Satu Tahun Pemerintahan Jokowi, Anis: Kinerja Bidang Ekonomi Belum Memuaskan

Satu Tahun Pemerintahan Jokowi, Anis: Kinerja Bidang Ekonomi Belum Memuaskan

Selasa, 20 Oct 2020 17:26

Hasil Survei: 40% Gen-Z Inginkan Jaringan Stabil

Hasil Survei: 40% Gen-Z Inginkan Jaringan Stabil

Selasa, 20 Oct 2020 09:33

Mau Tanya, Video Kawal Jogging dan Helikopter Itu Hoax Apa Tidak?

Mau Tanya, Video Kawal Jogging dan Helikopter Itu Hoax Apa Tidak?

Selasa, 20 Oct 2020 07:02

Menteri Toleransi UEA Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual Terhadap Wanita Inggris

Menteri Toleransi UEA Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual Terhadap Wanita Inggris

Senin, 19 Oct 2020 21:43


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X

Senin, 19/10/2020 12:10

Pengurus Baru Dewan Dakwah Gelar Raker