Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.744 views

Serba-Serbi Ipar adalah Maut

 

Oleh: Ameena N

Saat ini ada film yang sedang menjadi perbincangan di mana-mana. Ya, film Ipar adalah Maut sukses besar, penontonnya tembus sampai dengan 4 juta penonton. Perasaan iba, marah, sedih, kesal, haru, berkecamuk menjadi satu di hati para penontonnya. Bahkan setelah menonton film tersebut, perasaan-perasaan tersebut masih segar terasa dan kembali menjadi perbincangan di berbagai kelompok masyarakat.

Para penonton mengaku bahwa mereka sangat berterima kasih dengan kisah yang ada di film ini, yang mana memang diambil dari kisah nyata. Mereka jadi paham sekaligus menyadari tentang apa yang tidak mereka sadari selama ini. Karena memang, sebelum ini, ternyata masih banyak yang abai soal adab dan bagaimana seharusnya interaksi terhadap ipar dilakukan. Terkesan sepele, namun nyatanya, dampaknya sangat besar. Penyikapan terhadap ipar ini sSangat berpengaruh pada kacau atau berkahnya rumah tangga seseorang.

Judul “Ipar adalah Maut” sendiri diambil dari hadits Rasulullah. Sudah sejak lama sekali Rasulullah memperingatkan kita bahwa ipar adalah maut:

“Dari ‘Uqbah bin ‘Amir, bahwa Rasulullah saw. bersabda, ‘Berhati-hatilah kalian masuk menemui wanita.’ Lalu seorang laki-laki Anshar berkata, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana pendapat Anda mengenai ipar?’ Beliau menjawab, ‘Ipar adalah maut’.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Kembali ke film yang katanya diangkat dari kisah nyata ini. Kisah antara Aris, Nisa, dan Rani ini, memberikan banyak sekali hikmah dan kesadaran bagi kita. Dalam Islam, ada aturan tersendiri dan adab tersendiri ketika berhadapan dengan ipar. Satu hal yang harus dijadikan acuan bahwa ipar bukanlah mahram walau pun dia sudah menikahi saudara kita.

Kita wajib menutup aurat di hadapan ipar, tidak berkontak fisik dengannya, tidak boleh berkhalwat, tidak boleh tabarruj di hadapannya, tidak mendayu-dayukan suara di hadapannya, tidak bepergian jauh dengan ipar tanpa didampingi oleh mahram lain, dan menjaga pandangan. Namun tetap, ipar adalah keluarga yang memiliki tanggung jawab untuk berbuat baik kepada kita, melindungi kita, dan menjaga kita. Begitu pun kita kepadanya. Tetap berbuat baik, menghargai, dan sopan, namun tetap, batasan yang tadi kita sebutkan berlaku.

Karena, dalam kisah cerita “Ipar adalah Maut” tersebut, Rani (Adik ipar Aris) dan Aris (suami dari Nisa) sama sekali mengabaikan batasan-batasan tadi. Padahal, tinggal dalam satu rumah saja sudah sangat beresiko. Mulai dari Rani yang tidak memperhatikan auratnya ketika berhadapan dengan iparnya, lalu interaksi seperti kemana-mana berdua, berkhalwat di dalam rumah, dan lain sebagainya. Maka tidak heran jika bomnya pun meledak sedemikian rupa. Tak peduli seberapa alim sholehnya Aris sebelumnya, perselingkuhan, zina, dan rusaknya rumah tangga tidak bisa dihindarkan jika sudah banyak sekali percikan-percikan api yang terus-menerus diabaikan.

Kita sebagai keluarga juga seharusnya lebih perhatian akan hal tersebut. Di cerita tersebut, Ibu Rani dan Nisa menyuruh Rani agar tinggal di rumah Nisa padahal Nisa sudah menikah. Alasan tidak tega jika Rani harus tinggal di kos-kosanmenjadi awal petaka. Kejadiannya memang tidak terduga, namun, jika memperhatikan hadits Rasulullah di atas tadi, maka harusnya ini menjadi pertimbangan kembali. Walaupun juga, sang ibu sudah menasehati Rani agar berhati-hati, namun kita tidak pernah tahu dari arah mana saja setan akan mengganggu.

Sungguh, setan sangat gencar dalam mengganggu kehidupan rumah tangga manusia. Bagi pernikahan yang berhasil dibuat cerai, setan tersebut menempati kedudukan tertinggi di hadapan pimpinannya. Maka dari itu kita, manusia, berhati-hatilah, waspadalah, jangan lupa untuk berdoa dan berserah kepadaNya. Karena menjalani rumah tangga, bukanlah ibadah yang sederhana. Dan satu hal yang nyata, tetap teguh berpegang pada syariat agar selamat dunia akhirat. Wallahua’lam. (rf/voa-islam.com)

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X