Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.020 views

Partai Demokrat Berada Diujung Senja?

Voa-Islam.com - Partai Demokrat yang baru seumur jagung itu, secara alamiah akan gulung tikar. Tak mampu mempertahankan diri menghadapi tantangan kekuasaan. Kekuasaan yang digenggamnya, tidak membuat berkah bagi rakyat. Justeru membuat malapetaka bagi rakyat. Kekuasaan yang digenggam Partai Demokat itu, hanya menyisakan masa depan Indonesia yang buram.

Ada dua indikator yang menunjukkan “The rulling party” (Partai Berkuasa) itu, terus merosot populeritasnya di mata rakyat. Tokoh yang menjadi “Icon” Partai Demokrat, Presiden SBY di mata rakyat jugat terus merosot. Partai Demokrat dan SBY, keduanya di mata rakyat tidak lagi  populer. Antara Partai Demokrat dan SBY tidak dapat dipisahkan.

Polling-polling  lembaga-lembaga survey tidak menunjukkan gambaran yang menggembirakan terhadap Partai Demokrat. Tingkat dukungan rakyat dan persepsi rakyat terhadap “The rulling party”, terus menurun. Inilah yang membuat para pemimpin yang berlambang mobil Mercy itu, nampaknya menjadi galau. Mereka mencoba melihat kondisi internal partai dengan penuh kekawatiran.

Lantas Presiden SBY mengumpulkan 33 Ketua DPD Partai Demokrat di seluruh Indonesia di Puri Cikeas. Kemungkinan Presiden SBY berusaha menyelamatkan Partai Demokrat yang menghadapi “tsunami” politik, selama hampir setahun ini. Terutama masalah-masalah yang kian menghempaskan Partai Demokrat, yang terus dihadapkan masalah busuk di negeri ini, yaitu : “Korupsi”.

“Korupsi” berjamaah  terjadi dilingkaran elite Partai Demokrat. Masalah korupsi sepertinya akan menjadi tanda “lonceng” kematian Partai Demokrat. Karena, yang diduga terlibat dalam korupsi, begitu luas, dan hampir sebagian besar elite pimpinan partai.

Tersangka “mega” korupsi mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Mohammad Nazaruddin, yang sudah di vonis oleh Pengadilan Tipikor, dan dihukum hanya 4 tahun itu,  membuat Partai Demokrat, seperti sudah mengalami “koma”, dan membuat rakyat semakin muak.

Nazaruddin dengan sangat gamblang menceritakan yang menjadi hasil jarahannya itu, secara rinci di depan Pengadilan Tipikor. Kemana  uang yang dijarah itu mengalir? Semuanya diceritakan oleh Nazaruddin dengan sangat jelas.

Nazaruddin menyebutkan siapa saja yang menerima uang dari  proyek Hambalang? Nazaruddin menyebutkan uang itu diberikan kepada Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, Andi Malangranggeng, Angelina Sondakh, dan termasuk ke Banggar DPR. Begitu luasnya dampak dari korupsi, dan adanya “abuse of power” , penyalah gunaan kekuasaan.

Pertanyaannya. Apakah Presiden SBY, yang menjadi “Icon” Partai Demokrat itu, berani melakukan tindakan drastis, mengganti seluruh elite Partai Demokrat, yang terlibat dalam korupsi? Ini yang menjadi persoalan yang sangat serius. Apakah persoalan korupsi yang sekarang terjadi dikalangan elite Partai Demokkat ini hanya “by accident” atau “by design”?

Sebaliknya, jika korupsi yang sekarang dialami elite Partai Demokrat itu, “by design”, maka itu menjadi sebuah policy. Artinya, ada unsur kesengajaan dengan menggunakan kekuasaan yang ada, dan digunakn untuk mendapatkan uang, yang kemudian digunakan kepentingan partai dan elite partai.

Faktnya, yang diduga terlibat dalam korupsi itu, tokoh-tokoh puncak Partai,  dan bahkan uang hasil korupsi itupun, konon sebagian  digunakan membiaya Kongres dan memenangkan Anas Urbaningrum.

Sesungguhnya, mengapa kejatuhan Soeharto tidak dapat menjadi “ibrah”  (pelajaran), bagi partai-partai politik yang lahir sesudah reformasi? Tetapi, faktanya mereka mengulangi kembali sejarah Orde Baru, yang dipimpin oleh Soeharto, yang sarat dengan KKN (Korupsi, kolusi dan nepotisme). Mengapa rezim baru yang dibawah SBY ini, seakan menjadi “copypaste” dari rezim lama Soeharto?

Indonesia tak bisa menjadi bangsa yang maju, jika terus digerogoti penyakit akut, yang bernama korupsi. Seakan korupsi sudah tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan bangsa Indonesia.

Presiden Soeharto yang turun akibat digerogoti penyakit KKN, dan menyisakan kondisi bangsa Indonesia yang sangat sulit, dan bahkan menjadi terbelakang, tetapi sekarang rezim-rezim baru, penganti Soeharto, tidak menunjukkan sikap yang berbeda dengan rezim Soeharto.  Rezim baru yang menggantikan, tak kalah korupnya dibandingkan  dengan Soeharto. Inilah yang mengakibatkan  rakyat sengsara.

Tetapi, rakyat pun tidak dapat mengambil pelajaran berharga dari sejarah,yang sudah pernah ada. Dari rezim-rezim yang terdahulu, yang pernah berkuasa, seakan tidak  mereka fahami. Mereka seperti orang yang terkena sakit lupa ingatan, dan sangat mudah melupakan apa yang sudah pernah mereka alami. Mereka ikut kembali terlibat dalam pesta sesat yang bernama : "demokrasi dan pemilu".

Memang partai-partai dengan demokrasi tidak mungkin bakal dapat menyelamatkan bangsa Indonesia  dengan  model pemimpin yang tamak dan korup seperti sekarang ini. Mereka tidak memiliki moralitas agama yang kokoh, dan hanya berlindung dan menggunakan paradigma sistem yang bathil, hanya untuk mengeruk kekayaan negara, bagi partai dan pribadi elitenya.

Bayangkan ada partai yang baru lahir, yang merupakan pecahan dari Golkar, Nasdem menawarkan bagi calon anggota legislatif partai itu, dan dengan biaya Rp 5 – Rp 10 miliar, tiap calon. Apakah partai model seperti ini, kemudian dapat diharapkan akan dapat menyelesaikan masalah bangsa? Apakah nantinya anggota  legislatif  dari Nasdem, dijamin tidak menjalankan politik uang, dan tidak KKN?

Antony Gidden yang pernah menjadi mentor Perdana Menteri Inggris, Tony Blair, memberikan nasehat, semakin berkuasa seorang, hendaknya melakukan “diet” secara ketat. Mungkin bahasa  agamanya “zuhud”. Tidak tamak dan rakus. Jika ingin selamat kekuasaannya. Tidak apa saja dimakan.

Analogi manusia yang tamak dan rakus, memakan apa saja, ibaratnya akan terkena penyakit kolesterol, diabet, darah tinggi, dan kemudian terkena stroke, serta menjadi lumpuh seumur hidup.  Tetapi, kekuasaan selalu membuat terlena bagi orang-orang  yang berkuasa. Wallahu’alam.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Opini Redaksi lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X