Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.697 views

Voa-Islam Peduli: Aksi Sosial Membantu Korban Banjir Bekasi Utara

Bekasi Utara (voa-islam.com) - Alhamdulillah, Tim Redaksi dan para donatur telah menyalurkan bantuan #voaislamPeduli bagi korban banjir di daerah terpencil yang sulit dijangkau.

Menurut laporan PMI, Banjir di Kota dan Kabupaten Bekasi, Provinsi Jabar, cukup luas. PMI mencatat terdapat 81 titik banjir di 23 kecamatan. Di Kota Bekasi telah terdapat 1.500 rumah yang terkena banjir. "Ketinggian air berkisar 50 hingga 145 cm dan terjadi longsor di wilayah Pucung," ujar Kepala Penanggulangan Bencana PMI Letjen Purn Sumarsono setelah menghadiri rapat koordinasi di kantor pusat PMI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Minggu (19/1/2014)

Meski lokasi masih di Bekasi Utara, namun butuh waktu dua jam untuk menjangkaunya. Mobil tim redaksi pun sempat terhenti karena mogok diterjang banjir 60 cm. Namun dengan munajat kepada Allah, kami dapat melanjutkan perjalanan.

Ketiga Mobil Tim #voaislamPeduli yang berdiameter velg 20 inchi pun amblas ditelan dahsyatnya banjir di Bekasi Utara ini, malang bagi mobil CRV yang berderet paling belakang terendam paling lama dalam kubangan air dalam yang mengakibatkan perjalanan terhenti 10 menit.

Kegiatan ini bukan yang pertama, seperti tahun-tahun sebelumnya tim Voa-Islam Peduli setiap tahun melakukan aksi bersama tokoh sesepuh Voa Islam. Tahun lalu atau tepatnya 23 Januari 2013 silam dipusatkan di daerah binaan sesepuh Voa-Islam.com Dewan Syuro Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Belasi (DDII) Bapak H. Mhd Dachlan.

Bakti Sosial (baksos) dan Pengobatan Massal Voa-Islam Peduli (VOIP) yang digagas para pendiri Voa-Islam tahun ini pada 19 Januari 2014 kemarin berjalan sukses. Tim Voa Islam Peduli bereaksi cepat pada salah satu desa korban banjir binaan dakwah sesepuh Voa Islam di Kampung Sasak Taruma Jaya Bekasi Utara.

Pada tahun ini, tim Voa Islam Peduli memasak makanan siap saji sendiri dan segera bergegas mendistribusikannya pada ba'da Ashar.

Hal ini bukan tanpa maksud, karena banyak relawan yang memberikan bahan pangan pada siang hari namun luput dari perhatian karena pada malam yang gelap karena mati lampu dan kondisi begitu menusuk tulang karena kondisi cuaca yang dingin dan tak bersahabat.

Sehingga bantuan tahap pertama berupa 300 paket bantuan pangan siap saji ini dapat menjaga kondisi korban banjir yang terisolir ketika malam hari dan bertahan di lokasi penampungan korban banjir.

Setelah menempuh perjalanan selama dua jam, kami terpaksa terhenti karena jalan menuju lokasi banjir di blokir warga dan kami terhenti di samping lokasi sumber gas alam Pertamina di desa Pantai Hurip.

Tak kekurangan akal, kami lalu memutuskan komunikasi via telepon kepada perwakilan warga korban banjir yang terisolir, maka disepakati serah terima akhirnya dilaksanakan dengan perwakilan warga desa Kampung Baru Ustadz Nurali dan ustadzah Yati.

Perwakilan warga akhirnya datang setelah 30 menit menunggu, mereka menggunakan beberapa kendaraan dan satu kendaraan roda tiga (trike) memindahkan bantuan dari tiga mobil tim Voa Islam Peduli tepat di samping lokasi sumber gas alam Pertamina di desa Pantai Hurip.

Alhamdulillah serah terima bantuan bagi korban banjir terisolir pada daerah miskin ini dapat dilaksanakan ditengah minimnya pencahayaan akibat mati lampu.

Prosesi serah terima pada perwakilan warga desa Kampung Baru Ustadz Nurali.

Alhamdulillah ala kulli hal, meski terhenti namun bantuan telah diterima warga dan menjadi bekal bagi 300 kepala keluarga korban banjir di lokasi yang sangat jauh dan luput dari perhatian ormas yang kebanyakan bergulat dengan objek ditengah kota.

Atas kesempatan ini kami mewakili tim Voa Islam Peduli mengaturkan Jazakumullahu Khoiron Jaza atas bantuan semua pihak, baik para donatur, relawan, kerabat dan keluarga besar Haji Mhd Dachlan yang turut membantu memberi sedikit waktunya bagi membangkitkan kebahagiaan saudara kita yang terkena musibah banjir.

Ditengah gelapnya malam dan gangguan ular yang sempat melintas ditengah acara serah terima bantuan sosial Voa Islam Peduli, ada satu harapan besar meski dalam kegelapan malam. Semangat tetap tersulut dengan bantuan tiga cahaya, ditemani cahaya bulan, bantuan pencahayaan lampu mobil dan terang panasnya api alam desa Pantai Hurip ini sebagai tekad yang melambangkan kegigihan kami untuk terus membantu umat Islam dimanapun berada, meski tanpa atribut bendera dan seremoni bak raja.

Laporan Tim Voa islam Peduli di samping lokasi Sumber api alam Pertamina Desa Pantai Hurip.

VOA ISLAM PEDULI - TONGGAK BERDIKARI MESKI TANPA BENDERA RAJA & SEREMONI

Abu Ammar & Abu Vakha

Alhamdulillah, sebelumnya Bakti Sosial (Baksos) dan Pengobatan Massal yang digelar Infaq Dakwah Club (IDC) berjalan sukses di salah satu binaan dakwah di Kampung Sasak Taruma Jaya Bekasi Utara. IDC Kemudian melanjutkan Baksos di Kampung Sungai Niri, Bekasi Utara. - See more at: http://www.voa-islam.com/read/indonesiana/2013/01/23/22867/baksos-idc-untuk-korban-banjir-di-sungai-niri-disambut-antusias-warga/#sthash.z961mUrW.dpuf
Alhamdulillah, sebelumnya Bakti Sosial (Baksos) dan Pengobatan Massal yang digelar Infaq Dakwah Club (IDC) berjalan sukses di salah satu binaan dakwah di Kampung Sasak Taruma Jaya Bekasi Utara. IDC Kemudian melanjutkan Baksos di Kampung Sungai Niri, Bekasi Utara. - See more at: http://www.voa-islam.com/read/indonesiana/2013/01/23/22867/baksos-idc-untuk-korban-banjir-di-sungai-niri-disambut-antusias-warga/#sthash.z961mUrW.dpuf

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Opini Redaksi lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X