Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.054 views

Teror atau Sinetron, Salah ISIS(?)

Teror atau Sinetron, Salah ISIS(?)

Penulis: Robigusta Suryanto

Teror di Indonesia masih terjadi. Tepatnya Kamis, tanggal 14 Januari 2016 di pusat Ibukota Negara, dilanda dentuman keras. Yang tidak jauh dari letak Istana kepresidenan Joko Widodo. Dentuman itu berawal dari gerai kopi lalu berlanjut ke pos penjagaan polisi. Pos yang biasa ditempati aparat untuk mengatur lalulintas di perempatan-jalan Thamrin, Jakarta.

Tiga langsung tewas. Darah berceceran. Banyak lalu lalang orang sekitar, tetapi banyaknya seperti tidak melihat mayat yang bergelimpangan dan bersimbah darah. Mungkin saja masyarakat takut. Atau mungkin saja masyarakat lebih asyik menonton “adegan” terorisme. Semua serba mungkin. Bahkan polisi yang terlihat dekat dengan mayat saja hanya bersikap diam.

Bagaimana tidak, di saat pemerintahan sedang panik mengahadapi teror, tetapi rakyatnya seolah tidak mempedulikannya. Ada yang tetap di tempat dengan dagangannya. Ada pula yang lugu mengayuh sepedanya sambil berteriak menawarkan kopi. Dan siapa sangka pula ada polisi, yang seharusnya sibuk, justru terlihat santai dengan membeli minuman atau buah-buahan. Ada ada pula yang berjalan dengan santai. Demikianlah yang saya perhatikan dari hasil jepretan foto para jurnalis. Dan tentu kita sudah melihatnya.

Tidak lama aparat kepolisian, TNI, dan segenap ambulance berdatangan. Dinilai lambat layaknya polisi “India”, tapi minimal kita patut apresiasinya, begitulah kira-kira kata Wakil Presiden Jusuf Kalla bila dilihat hasil sukses penjaga Negara kita.

Lepas meninggalkan jejak ledakan, pelaku lantas ada yang acungkan senjata. Masyarakat tapi tetap tenang. Mereka mengerebunginya. Bahkan ada pula yang sempat-sempat mengabadikan gambar dengan latar belakang pelaku. Ia tidak sadar nampaknya.

Serangan pelaku dengan menodongkan senjata di kerumuman orang banyak tetap tidak membuat masyarakat menepi. Pelaku bingung. Hendak ke mana sasarannya dihempaskan. Dengan kebingungannya itu, akhirnya mau-tidak-mau ia menembak. Seketika masyarakat menepi. Berhamburan. Pelaku kabur. Aparat mengejarnya. Pelaku pun berlindungan dan lari ke tempat yang dirasa aman. Namun siapa sangka, pelarian mereka justru mempersempit ruang gerak untuk melepaskan tembakan. Namun akhirnya terjadi tembak menembak. Polisi sempat dilempar granat (demikian dugaannya). Pelaku semakin tersudut. Hilang akal. Agar “skenario” teror ini matang dan tidak amatiran, lantas mereka melakukan bom bunuh diri. Tewas. Ditemani oleh barang bawaannya. Tubuh mereka terliat hancur. (sensor). Tapi mengapa barang bawaan mereka tidak hancur?

Polisi menang? Tidak. Polisi dan aparat, serta pemerintah dapat dikatakan gagal. Jika berhasil atau menang, tidak seharusnya kejadian kelam itu terlaksana. “Itu kegagalan," demikian kata pengamat teroris, Umar Abduh di salah satu media massa. Apapun alasan “cuci tangan” pemerintah diragukan. Namun pemerintah membantahnya, “Jangan katakan kami kecolongan,” demikian kata Menko Polhukam.

Padahal sebelumnya ada pengakuan bahwa tindak dan tanduk pelaku teror sudah dibaca. Namun tetap saja kebobolan. Jika memang benar telah mengendus sejak dari jauh-jauh hari, atau sebagaimana yang tersebar di media dengan mengatakan bahwa telah terendus dari beberapa bulan, mengapa tidak dapat mengantisipasinya? Bukankah hal itu seharusnya tidak terjadi? Abaikan.

Prediksi dari pengamat pun berguliran. Atau lebih tepatnya dijadikan sandaran pemerintah untuk menjawab. Ini atas tindakan mantan ini dan itu. Tidak kalah dengan pengamat, masyarakat pun berasumsi: ini pelakunya masih sama. Demikianlah. Sama halnya datang dari pemerintah.

Pemerintah mencoba mengaitkan ini adalah perbuatan ISIS atau sejenisnya.  Dikuatkan pula dengan adanya pengakuan yang mengatasnamakan web resmi mereka, katanya. Namun benarkah ISIS nun jauh di sana yang melakukannya? Wallahu’alam. Yang pasti, sebagai seorang muslim kita tidak diminta cepat untuk menjawabnya, untuk mengiyakan dan meniadakannya.

Ingat, dunia ini sekarang dipenuhi dengan fitnah, mungkin saja ISIS atau pergerakan agama (Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan lainnya). Namun demikian, kita sebagai umat Islam, yang Beragama Islam, agama yang satu-satunya diterima oleh Allah subahana wa ta’ala wajib dan senantiasa berlindungan terhadap fitnah itu.

Terlepas dari benar atau tidaknya pergerakan itu, Indonesia, yang memiliki penganut terbesar agama Islam di dunia tetap waspada dengan mengklaim bahwa itu dan ini adalah kebenaran yang nyata. Ataupun sebaliknya.

Saya hanya mengingatkan, sebagai muslim yang mencintai Allah dan rasul-Nya pastilah mendambakan tegaknya sistem ataupun tata kehidupan yang sesuai syariah, seperi zaman nabi Muhammad dan para sahabatnya yang merealisasikan itu. Akan tetapi, kita sebagai muslim mesti melakukan tindakan sebaik-baiknya seperti saat Nabi Muhammad berdakwah. Dengan menjaga etika. Ikuti akhlaknya. Lalu tercipta apa yang diinginkan dan diperintahkan oleh Allah.

Terakhir, sebagai muslim layaknya kita harus pandai-pandai mengamati dan mengkritisi hal-hal yang datang dengan tidak dilihat oleh mata ataupun bukan datang dari kerabat yang benar-benar menjalaninya. Yang terpenting umat Islam harus tetap bersatu. Jalankan ajaran Allah melalui nabi-Nya dengan sungguh-sungguh. Saling positif secara personal, atau dengan apapun gerakan yang tengah beredar di luar sana. Sekali lagi, saya tidak membela ataupun bukan pula simpatisan yang saat ini diklaim oleh pemerintah Indonesia maupun dunia. Saya hanya ingin mengajak umat muslim dan lainnya berpikir jernih, dan juga realistis. Wallahu’alam.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Opini Redaksi lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X