Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
23.854 views

IniLah Cara Mendidik Dan mengatasi Anak Yang Suka Membantah

Sikap anak yang kerap membantah memang menjengkelkan.Tapi sikap tersebut jangan terlalu membuat Anda risau. Cukup kompromikan, karena semua anak pasti akan melewati masa ini.

“Bodo, pokoknya aku mau main komputer, jadi nyalain komputernya sekarang,” teriak Boris Luhung, 8. Tapi sang bunda sepertinya tidak mengizinkan buah hatinya untuk bermain komputer lagi. Karena merasa diabaikan, Boris pun menangis sejadi-jadinya dengan harapan sang ibu menyalakan komputer dan mempersilakan bermain komputer.
 
Boris kini doyan sekali membantah, apa yang dirasa tidak tepat untuk dirinya, dengan mudah dia membantah perintah atau larangan dari orangtuanya. Tabiat baru ini mulai muncul semenjak Boris memasuki sekolah dasar.

...Membantah memang sesuatu yang alamiah dan normal. Namun apabila anak sering membantah dan tetap membantah jika diingatkan, maka orangtua harus mewaspadainya sebagai salah satu permasalahan dalam perkembangan anak...

Jika anak doyan membantah memang membuat orangtua jengkel, seperti apa yang dilakukan oleh Boris. Namun, layaknya anak kecil yang terkadang merasa benar, jika bantahannya dilawan, pasti akan menangis atau balik melawan omongan orangtua.
 
Dikatakan psikolog anak, Roslina Verauli M Psi bahwa anak pasti mengalami masa-masa peralihan untuk menuju dewasa dan pada saat itu pula anak kerap kali mengalami perubahan. Seperti pada satu masa di mana anak suka mengatakan dan melakukan hal yang berlawanan dengan keinginan orangtua. Pada masa ini anak sering membantah atau tidak mau dilarang dengan penyebab yang beragam. Membantah bisa dilakukan saat anak mampu merangkai kata-kata, yaitu sejak umur 2 tahun.

...Bila terlalu dibatasi, tentu saja anak cenderung memberontak, menolak, yang kemudian diartikan orangtua sebagai sikap membantah. Jika anak membantah, namun tidak terlalu sering dilakukan, itu masih menjadi hal yang wajar karena menunjukkan adanya perkembangan kemandirian atau berkeinginan mengatur dirinya sendiri...

“Budaya di lingkungan juga membuat anak menjadi lebih berani, seperti mencontoh apa yang terjadi di lingkungan mereka,” ucap psikolog yang berpraktik di Empati Development Center.
 
Oleh karena itu, orangtua harus bisa menjadi contoh yang baik. Saat anak umur 8 tahun misalnya, mereka bisa membantah sebagai wujud protes, seperti pada anak yang dilarang untuk bermain terlalu banyak. Bila terlalu dibatasi, tentu saja anak cenderung memberontak, menolak, yang kemudian diartikan orangtua sebagai sikap membantah. Jika anak membantah, namun tidak terlalu sering dilakukan, itu masih menjadi hal yang wajar karena menunjukkan adanya perkembangan kemandirian atau berkeinginan mengatur dirinya sendiri.

“Ungkapan perbedaan pendapat juga bisa membuat anak membantah,” ucapnya. Memang, beda pendapat sah-sah saja terjadi, karena tidak mungkin selamanya pendapat orangtua dan anak sering sejalan. Untuk mengatasinya, ajarkan anak untuk tidak membantah dengan cara yang kasar, tetapi harus didiskusikan atau kompromi agar perbedaan pendapat ini bisa dijembatani dan tidak hancur hanya karena saling membantah.
 
“Jelaskan kepada anak bahwa perbedaan itu untuk dicari jalan tengahnya, bukan untuk membantah orangtua dan bukan juga sebagai alasan orangtua untuk marah kepada anak,” ungkapnya.


...Jelaskan kepada anak bahwa perbedaan itu untuk dicari jalan tengahnya, bukan untuk membantah orangtua dan bukan juga sebagai alasan orangtua untuk marah kepada anak...


Membantah memang sesuatu yang alamiah dan normal. Namun apabila anak sering membantah dan tetap membantah jika diingatkan, maka orangtua harus mewaspadainya sebagai salah satu permasalahan dalam perkembangan anak.
 
Seperti halnya saat anak mau bermain komputer di malam hari yang seharusnya waktu tersebut digunakan anak untuk belajar, dalam hal ini sebaiknya orangtua tidak langsung melarang karena pasti akan terjadi perbedaan pendapat dan anak membantah. Jadi, cobalah bernegosiasi dengan anak dan jelaskan bahwa anak boleh bermain dengan syarat setelah belajar dan waktu yang telah ditentukan.

Nah, apabila anak tetap melanggar, orangtua dan anak juga sudah memiliki aturan apa konsekuensi yang akan diperoleh anak, seperti tidak ada lagi jam malam bermain komputer.
 
Menurut teori perkembangan psikososial yang dikeluarkan oleh Erik Erikson, seorang psikolog Jerman yang terkenal dengan teori tentang delapan tahap perkembangan pada manusia, anak yang suka membantah memang sudah biasa dan akan terjadi. Dalam teori ini, dirinya mengemukakan beberapa tahap dan pada 2 tahapannya, anak akan mengalami yaitu tahap otonomi versus rasa malu dan ragu serta tahap inisiatif versus rasa bersalah.

...Erik Erikson, seorang psikolog Jerman yang terkenal dengan teori tentang delapan tahap perkembangan pada manusia, anak yang suka membantah memang sudah biasa dan akan terjadi...

 
Pada tahap otonomi versus rasa malu dan ragu, si kecil sudah mulai mencoba dan mandiri dalam tugas tumbuh kembangnya termasuk melatih motorik kasar dan halus. Sebaliknya, perasaan malu dan ragu akan timbul apabila anak merasa dirinya terlalu dilindungi atau tidak diberikan kemandirian atau kebebasan dan menuntut tinggi harapan anak yang menyebabkan anak doyan membantah.
 
Sementara tahap inisiatif versus rasa bersalah adalah tahap si kecil akan mulai inisiatif dalam belajar mencari pengalaman baru secara aktif dalam melakukan aktivitasnya melalui kemampuan indranya. Hasil akhir yang diperoleh adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu sebagai prestasinya. “Masa tersebut adalah alamiah terjadi,” tandas Erik. Tingkah polah si kecil yang tidak mau dilarang ini cukup beralasan dan sangat wajar.

Si kecil mencoba menumbuhkan self concept- nya. Konsep di mana si kecil membentuk sendiri sikapnya dan merupakan hasil dari proses penggabungan dari kedua tahapan masa dari teori tersebut, yang akhirnya menjadi tingkah polah.

...Anak yang selalu menurut pada orangtua, juga tidak sepenuhnya baik, karena akan berdampak negatif pada perkembangan tingkah lakunya...

Sementara pada anak yang selalu menurut pada orangtua, juga tidak sepenuhnya baik, karena akan berdampak negatif pada perkembangan tingkah lakunya. Seperti tidak bisa mengambil keputusan sendiri karena setiap pada tindakannya ditentukan orangtua.

“Selama larangan itu dapat diberlakukan dengan sebuah alasan yang masuk akal bagi kebanyakan anak, maka jelaskan dengan cara yang baik agar anak tidak hobi membantah,” kembali dituturkan Verauli. (sydh/sindo)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas???

Di sini tempatnya-Kiosherbalku.com melayani Grosir & Eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan DISKON sd 60%. Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Mukena Bordir Mewah Harga Murah

Sambut Ramadhan dengan mukena bordir berkualitas, nyaman, adem dan harga terjangkau. Reseller welcome!
http://mukenariri.com

Obat Herbal Mabruuk

Sedia obat herbal berbagai penyakit: Kolesterol, Maag,Asma, Diabetes, Darah Tinggi, Jantung, Kanker, Asam Urat, Nyeri Haid, Lemah Syahwat, Kesuburan, Jerawat, Pelangsing, dll
http://www.herbalmabruuk.com

Infaq Dakwah Center

Mari Salurkan Zakat Urgent kepada Keluarga Muallaf, Mujahidin dan Yatim Syuhada

Mari Salurkan Zakat Urgent kepada Keluarga Muallaf, Mujahidin dan Yatim Syuhada

Sempurnakan amaliah Ramadhan dengan menunaikan kewajiban Zakat. IDC siap menerima zakat fitrah untuk disalurkan dalam bentuk beras kepada keluarga mujahidin di berbagai daerah....

ZAKAT CERDAS: Cara Cerdas Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

ZAKAT CERDAS: Cara Cerdas Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Dalam harta kita ada hak orang lain. Salurkan zakat, infaq dan sedekah dalam program Infaq Cerdas untuk beasiswa Yatim & Dhuafa. Senyum mereka adalah masa depan kita di akhirat....

Ramadhan Berbagi Bersama Keluarga Yatim Syuhada dan Mujahidin Asir. Ayo Bantu!!

Ramadhan Berbagi Bersama Keluarga Yatim Syuhada dan Mujahidin Asir. Ayo Bantu!!

Ramadhan bulan berkah dan sedekah. Mari dukung program Ramadhan Berbagi: buka puasa bersama, santunan keluarga syuhada dan mujahidin asir dengan anggaran 15 juta rupiah....

SEDEKAH BARANG: Barang Tak Terpakai, Infakkan Saja Jadi Berkah dan Bernilai

SEDEKAH BARANG: Barang Tak Terpakai, Infakkan Saja Jadi Berkah dan Bernilai

Barang apapun yang tidak berguna lagi bagi Anda, bisa jadi sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi orang lain. Mari infakkan barang tak terpakai, agar menjadi sangat bernilai dunia akhirat....

Kaki Anak Shalih ini Patah Tertabrak Motor Saat Berjalan Menuju Masjid, Butuh Biaya Operasi 13 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Kaki Anak Shalih ini Patah Tertabrak Motor Saat Berjalan Menuju Masjid, Butuh Biaya Operasi 13 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Sudah 8 hari Muhamad Zulzan (5,5 th) terkapar di pembaringan. Kedua tulang kakinya patah tertabrak sepeda motor saat hendak ke masjid. Butuh biaya operasi 13 juta rupiah. Ayo Bantu.!!!...

Latest News
Haid Lama, Bikin Malas Ibadah?

Haid Lama, Bikin Malas Ibadah?

Selasa, 27 Jun 2017 23:59

Soal Film Pendek DIVHUMAS, PM: Polri Tidak Paham Makna Toleransi

Soal Film Pendek DIVHUMAS, PM: Polri Tidak Paham Makna Toleransi

Selasa, 27 Jun 2017 23:34

Presidium Alumni 212 Sikapi Pertemuan GNPF-MUI dan Jokowi

Presidium Alumni 212 Sikapi Pertemuan GNPF-MUI dan Jokowi

Selasa, 27 Jun 2017 23:28

Surat Klarifikasi MMI atas Fitnah Teroris daro Amerika Serikat

Surat Klarifikasi MMI atas Fitnah Teroris daro Amerika Serikat

Selasa, 27 Jun 2017 23:27

Kaum Homo Dibiarkan Merebak, Azab Semakin Dekat

Kaum Homo Dibiarkan Merebak, Azab Semakin Dekat

Selasa, 27 Jun 2017 22:56

Banjir Tolitoli Tim MDMC dan Lazis-Mu Evakuasi Terdampak ke Pos Muhammadiyah

Banjir Tolitoli Tim MDMC dan Lazis-Mu Evakuasi Terdampak ke Pos Muhammadiyah

Selasa, 27 Jun 2017 21:21

Sistem Full Day School, Cocok Untuk Siapa?

Sistem Full Day School, Cocok Untuk Siapa?

Selasa, 27 Jun 2017 20:52

Imam Shamsi Ali Berikan Klarifikasi Terkait Penangkapan DR.Daud Rasyid di New York

Imam Shamsi Ali Berikan Klarifikasi Terkait Penangkapan DR.Daud Rasyid di New York

Selasa, 27 Jun 2017 20:40

Film Kau Adalah Aku yang Lain Dinilai Anti Maulid

Film Kau Adalah Aku yang Lain Dinilai Anti Maulid

Selasa, 27 Jun 2017 20:34

Dinilai Pojokkan Islam, FA-UIB Desak Tarik Peredaran Film Pendek Polri

Dinilai Pojokkan Islam, FA-UIB Desak Tarik Peredaran Film Pendek Polri

Selasa, 27 Jun 2017 20:30

Lutfie Hakim: Amien Rais Setuju Pertemuan GNPF dengan Jokowi

Lutfie Hakim: Amien Rais Setuju Pertemuan GNPF dengan Jokowi

Selasa, 27 Jun 2017 20:28

TDL Melangit, Bukti Nyata Kedzoliman Penguasa

TDL Melangit, Bukti Nyata Kedzoliman Penguasa

Selasa, 27 Jun 2017 20:17

Begini Suasana Kampung Ramadhan 2017 di Bali, Di Ramaikan Lomba Kreatif dan Tablig Akbar

Begini Suasana Kampung Ramadhan 2017 di Bali, Di Ramaikan Lomba Kreatif dan Tablig Akbar

Selasa, 27 Jun 2017 20:15

Krisis Qatar, Proyek Imperialisme (Bagian-2)

Krisis Qatar, Proyek Imperialisme (Bagian-2)

Selasa, 27 Jun 2017 20:13

Ketemu Jokowi, Pendengki GNPF ?MUI Diminta Berkaca

Ketemu Jokowi, Pendengki GNPF ?MUI Diminta Berkaca

Selasa, 27 Jun 2017 20:11

GNPF di Istana, Tuduhan Menggulingkan Jokowi Terbantahkan

GNPF di Istana, Tuduhan Menggulingkan Jokowi Terbantahkan

Selasa, 27 Jun 2017 19:11

Orang Baik Punya Kesempatan Besar Pimpin Indonesia

Orang Baik Punya Kesempatan Besar Pimpin Indonesia

Selasa, 27 Jun 2017 16:27

FSB Sebut Pelaku Pemboman Metro Petersburg Gunakan Aplikasi Telegram untuk Berkomunikasi

FSB Sebut Pelaku Pemboman Metro Petersburg Gunakan Aplikasi Telegram untuk Berkomunikasi

Selasa, 27 Jun 2017 11:30

Hay'at Tahrir Al-Sham Tolak Intervensi Rusia-Turki di Idlib Suriah

Hay'at Tahrir Al-Sham Tolak Intervensi Rusia-Turki di Idlib Suriah

Selasa, 27 Jun 2017 10:46

Muslim di Beberapa Negara Asia dan Afrika Rayakan Awal Idul Fitri Hari Senin

Muslim di Beberapa Negara Asia dan Afrika Rayakan Awal Idul Fitri Hari Senin

Selasa, 27 Jun 2017 09:15


Mukena bordir mewar harga murah

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X