Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.039 views

Keputusan Majelis Syari'ah Jamaah Ansharusy Syari'ah Tentang 1 Ramadhan

Bismillahirahmanirrahim,

Keputusan Majelis Syari’ah Jama’ah Ansharusy Syari’ah

No.: 002/MS-JAS/1436

Tentang :

Penetapan 1 Ramadhan 1436 H

 

Alhamdulillaah, shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Beliau Rasulullah Shalallaahu ‘alaihi wasallam, keluarganya, para sahabat dan para pengikutnya hingga yaumil qiyamah.

Berdasarkan hadits-hadits berikut : Dari Shahabat Ibnu ‘Umar

ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ – – ﺫﻛﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻓﻘﺎﻝ : ‏« ﻻ ﺗﺼﻮﻣﻮﺍ ﺣﺘﻰ ﺗﺮﻭﺍ ﺍﻟﻬﻼﻝ، ﻭﻻ ﺗﻔﻄﺮﻭﺍ ﺣﺘﻰ ﺗﺮﻭﻩ، ﻓﺈﻥ ﻏﻢ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻓﺎﻗﺪﺭﻭﺍ ﻟﻪ ‏»

Bahwa Rasulullah menyebutkan bulan Ramadhan, maka beliau berkata : “Janganlah kalian bershaum hingga kalian melihat al hilâl, dan janganlah kalian ber’idul fitri hingga kalian melihatnya. Jika kalian terhalangi (oleh mendung, debu, atau yang lainnya) maka tentukan/perkirakanlah untuknya.”

Hadits ini diriwayatkan oleh : Al-Bukhari 1906; Muslim 1080; An-Nasâ’i no. 2121; Demikian juga Mâlik dalam Al-Muwaththa` no. 557; Ahmad (II/63)

‏« ﺍﻟﺸﻬﺮ ﺗﺴﻊ ﻭﻋﺸﺮﻭﻥ، ﻓﻼ ﺗﺼﻮﻣﻮﺍ ﺣﺘﻰ ﺗﺮﻭﺍ ﺍﻟﻬﻼﻝ ﻭﻻ ﺗﻔﻄﺮﻭﺍ ﺣﺘﻰ ﺗﺮﻭﻩ، ﻓﺈﻥ ﻏﻢ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻓﺄﻛﻤﻠﻮﺍ ﺍﻟﻌﺪﺓ ﺛﻼﺛﻴﻦ ‏»

“Satu bulan itu dua puluh sembilan hari. Maka janganlah kalian memulai ibadah shaum sampai kalian melihat Al Hilâl, dan janganlah kalian ber’idul fitri sampai kalian melihatnya. Jika terhalang atas kalian maka sempurnakanlah bilangan bulan menjadi tiga puluh hari.”

Diriwayatkan oleh Al-Imâm Al-Bukhâri 1907; Asy-Syâfi’i dalam Musnad-nya no. 435 (I/446). Dalam riwayat lain dengan lafazh :

‏« ﻓﺼﻮﻣﻮﺍ ﻟﺮﺅﻳﺘﻪ ﻭﺃﻓﻄﺮﻭﺍ ﻟﺮﺅﻳﺘﻪ ﻓﺈﻥ ﺃﻏﻤﻲ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻓﺎﻗﺪﺭﻭﺍ ﻟﻪ ﺛﻼﻟﻴﻦ ‏»

“Bershaumlah kalian berdasarkan ru`yatul hilâl dan ber’idulfitri lah kalian berdasarkan ru`yatul hilâl. Jika Al-Hilâl terhalangi atas kalian, maka tentukanlah untuk bulan tersebut menjadi tiga puluh.”

Diriwayatkan oleh Al-Imâm Muslim 1080. Diriwayatkan pula oleh Abû Dâwûd no. 2320 Dalam riwayat Ad-Daraquthni dengan lafazh :

‏« ﻻَ ﺗَﺼُﻮﻣُﻮﺍ ﺣَﺘَّﻰ ﺗَﺮَﻭُﺍ ﺍﻟْﻬِﻼَﻝَ ﻭَﻻَ ﺗُﻔْﻄِﺮُﻭﺍ ﺣَﺘَّﻰ ﺗَﺮَﻭُﺍ ﺍﻟْﻬِﻼَﻝَ ﻓَﺈِﻥْ ﻏُﻢَّ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﻓَﺼُﻮﻣُﻮﺍ ﺛَﻼَﺛِﻴﻦَ ‏»

“Janganlah kalian memulai ibadah shaum sampai kalian melihat Al Hilâl, dan janganlah kalian ber’idul fitri sampai kalian melihat Al Hilâl. Jika terhalang atas kalian maka bershaumlah kalian selama tiga puluh hari.”

Berdasarkan data dan informasi sebagai berikut :

1. Laporan tim ru'yatul hilal dari 5 wilayah : Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur yang telah melakukan ru'yatul hilal di wilayahnya masing-masing dan hasilnya hilal tidak terlihat.

2. Informasi dari beberapa media terkait hilal di Indonesia hasilnya tidak terlihat hilal di seluruh wilayah di Indonesia.

3. Pengamatan hilal di negara-negara Timur Tengah dan Afrika sampai jam 02.00 WIB dini hari sebagai wujud ketetapan jamaah yang mengambil istimbat hukum wihdatul mathla' / mathla' global dan hasilnya hilal tidak terlihat.

Maka dengan ini kami memutuskan bahwa 1 Ramadhan 1436 H jatuh pada hari Kamis, 18 Juni 2015 dengan menyempurnakan (istikmal) Sya'ban menjadi 30 hari.

Demikian ketetapan ini kami buat untuk menjadi pedoman untuk a’dho dan kaum muslimin dalam menentukan 1 Ramadhan 1436 H.

Selamat menjalankan ibadah shaum Ramadhan, semoga kita masuk ke dalam hamba-hamba Allah Subhanaahu wa Ta’ala yang bertaqwa.

 

Jakarta, 30 Sya’ban 1436 H / 17 Juni 2014

Majelis Syari’ah Jama’ah Ansharusy Syari’ah

 

Ketua Majelis Syari'ah                           Sekretaris Majelis Syari'ah

 

 

 

Ustadz. Muzayyin Marzuki                       Ustadz. Fuad Al Hazimi

 

Amir Jamaah

 

 

Ustadz Muhammad Achwan

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Pers Rilis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X