Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.159 views

Baitul Mal Aceh Salurkan Santunan Ramadhan Rp 2 Miliar Untuk 4.000

BANDA ACEH (voa-islam.com) – Baitul Mal Aceh kembali menyalurkan Bantuan Santunan Ramadhan untuk keluarga miskin se-Aceh Besar senilai Rp2 Miliar. Dana sebesar itu diberikan kepada 4.000 mustahik yang terdapat pada 200 desa di 7 kecamatan.

Bantuan berupa uang tunai tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh Gubernur Aceh dalam hal ini diwakili Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Keistimewaan, Abu Bakar SH di Masjid Al-Jihad, Montasik Aceh Besar, Kamis (02/06).

Kepala Baitul Mal Aceh, Dr Armiadi Musa MA mengatakan, bantuan ini merupakan program rutin Baitul Mal Aceh setiap tahunnya yang diperuntukkan untuk keluarga miskin melalui proses Verifikasi yang ketat.

“Setiap mustahik mendapatkan bantuan sebesar Rp 500.000. Bantuan ini diharapkan dapat digunakan untuk hal-hal yang baik, tidak dizinkan untuk membeli rokok atau barang yang tidak bermanfaat lainnya,” ujar Armiadi dalam sambutannya.

Selain bantuan ini, Baitul Mal Aceh juga memiliki banyak program pemberdayaan ekonomi lainnya seperti Zakat Produktif, yaitu pemberian modal usaha kepada keluarga miskin yang punya usaha dan mau berusaha keluar dari kemiskinan.

Armiadi menambahkan, Baitul Mal Aceh juga memiliki program Santuan Fakir Uzur Seumur Hidup yang diberikan setiap bulannya. Kemudian ada juga program Beasiswa Penuh Tahfiz Quran tingkat SLTP dan SLTA, Beasiswa Penuh Anak Muallaf dan masih banyak program Baitul Mal Aceh lainnya yang fokus terhadap pemberdayaan ekonomi dan pendidikan.

“Adanya berbagai bantuan di Baitul Mal Aceh tentu tidak lepas dari peran muzakki yang mempercayakan pemerintah untuk mengelola zakat. Sehingga kerendahan hati para muzakki untuk mengeluarkan zakat sangat penting,” tandasnya.
Oleh sebab itu, kepala Baitul Mal Aceh melalui bantuan ini berharap dapat mengembalikan peradaban Islam dan dapat menekan angka kemiskinan di Aceh. Artinya jangan selalu menjadi mustahik, akan tetapi suatu waktu harus menjadi muzakki, seperti hadits nabi, tangan di atas lebih baik daripada tangan dibawah.

Sementara itu, Gubernur Aceh dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Keistimewaan, Abu Bakar SH mengatakan Penyaluran zakat di bulan Ramadhan ini membuktikan tingginya kepedulian sosial antar sesama muslim di Aceh.

Gubernur berharap agar langkah penyaluran zakat ini dapat diikuti dan dilakukan juga oleh Baitul Mal di seluruh Aceh maupun komponen masyarakat yang diberikan rezeki berlebih oleh Allah SWT.

“Salah satu manifestasi dari bentuk hubungan dengan sesama manusia adalah kewajiban bagi setiap muslim yang diberi kecukupan untuk menyisihkan hartanya dengan mengeluarkan zakat atau berwakaf,” katanya.

Terakhir tambah gubernur, salah satu ciri khas yang melekat dari ajaran Islam adalah sebuah keyakinan bahwa Islam merupakan suatu cara hidup yang lengkap dan menyeluruh.

Kecamatan yang mendapatkan bantuan :
• Darul Imarah
• Leupung
•  Peukan Bada
• Darussalam
•  Krueng Barona Jaya
• Montasik
•  Indrapuri

Terakhir tambah gubernur, salah satu ciri khas yang melekat dari ajaran Islam adalah sebuah keyakinan bahwa Islam merupakan suatu cara hidup yang lengkap dan menyeluruh. Islam tidak hanya mengatur tentang hubungan hamba dengan tuhannya, seperti ibadah shalat, puasa dan haji semata, tetapi juga tentang hubungan dengan sesama manusia dan bahkan dengan alam.[adivammar/murdanitijue]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Pers Rilis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X