Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.003 views

Gelar Konferensi, MHTI Sadarkan Potensi Pemuda Muslim Sebagai Pelopor Perubahan Hakiki

JOGJAKARTA (voa-islam.com) - Sekitar lima ratusan peserta hadir dalam konferensi perempuan yang digelar Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia (MHTI). Bertempat di Jogja Ekspo Center Yogyakarta, konferensi mengambil tema “Pemuda Muslim: Pelopor Perubahan Hakiki”.

Ir. Pratma Julia Sujandari dalam orasi pertama ingatkan peserta tentang kegigihan para pengusung ideologi sekulerisme global dalam memalingkan kalangan pemuda muslim dari identitas keislamannya.

RAND Corporation – sebuah lembaga think tank kebijakan global yang didanai oleh pemerintah AS, pada tahun 2004 AS menerbitkan sebuah laporan berjudul, How the West Can Promote an Islamic Reformation (Bagaimana Cara Barat Mempromosikan Reformasi Islam),” terang Pratma mengungkapkan adanya agenda di berbagai negara yang tidak lain merupakan bagian dari agenda kapitalisme dan sekulerisme global.

Berlanjut orasi kedua, Hj. Nida Sa’adah SE., MEI menyampaikan tentang sekularisasi pemuda muslim melalui kurikulum pendidikan. Nida menerangkan bagaimana upaya Barat melakukan ‘penyesuaian’ kurikulum pengajaran yang sesuai dengan visi mereka.

“Barat inilah yang membuat kurikulum bukan didasarkan pada aqidah umat. Mereka memalingkan para pemuda Islam kepada budaya Barat,” tegas Nida. 

Menurut pembacaannya, para penjajah Barat telah menempatkan kebijakan pendidikan sebagai salah satu area yang paling penting yang harus mereka kendalikan.

Nida menyerukan agar kita tidak menyampaikan Islam atas dasar bahwa Islam adalah sekedar mata pelajaran atau informasi untuk sekedar mengisi kertas ujian dan mencapai sertifikasi. Sebaliknya, Nida menegaskan bahwa kita harus menanamkan konsep yang mengarah pada perubahan pemikiran dan berikutnya pada perubahan sikap dan perilaku.

Sementara itu, Ir. Ratu Erma Rachmayanti menyebutkan rumusan analisa terhadap bermunculannya sekian banyak dokumen rencana strategis untuk meliberalkan anak-anak dan pemuda Muslim.

“Rencana aksi untuk mencegah kekerasan ekstrimis, atau plan of action to prevent violent extremism, merupakan dokumen terpenting yang diadopsi PBB dan diluncurkan pada tanggal 12 Februari 2016”, ungkapnya.

Menurut Erma, terdapat dua isu kritis kepemudaan dalam dokumen strategi  tersebut. Pertama, terdapat upaya untuk menjauhkan anak-anak dan pemuda muslim dari pemahaman Islam yang benar. Kedua, terdapat upaya untuk membajak potensi anak-anak dan pemuda muslim dalam rangka mempertahankan hegemoni Negara Barat. 

Orasi keempat disampaikan oleh Azimatur Rosyida, aktivis mahasiswi dari Universitas Airlangga. Rosyida memaparkan tentang dampak media industri dan budaya online pada pemuda muslim. Menurutnya, industri dan budaya online bahkan menjadi sarana kapitalisasi dan sekulirasi global secara digital.

Sebagai bagian dari tawaran solusi, orasi kelima disampaikan Fika Komara M. Si berfokus pada upaya mengatasi krisis identitas pemuda muslim. Fika mengawali orasinya dengan berbagai pertanyaan penyadaran tentang banyaknya kekeliruan para orang tua muslim dalam mengarahkan anak-anak mereka. 

Para orang tua harus membentuk aqidah dengan keyakinan yang kokoh dalam diri  anak-anak. Para orang tua harus menjelaskan kepada anak-anak mereka tentang iming-iming  jalan hidup liberal sekuler yang menipu. Para orang tua harus memahamkan kepada anak-anak mereka bahwa islam adalah dien yang memiliki solusi untuk masalah kehidupan. Para orang tua harus membangun kebanggaan terhadap kebudayaan dan sejarah Islam. Itulah poin-poin kunci yang kemudian diserukan Fika.

Acara konferensi ini diselingi testimoni tokoh pemuda dari berbagai kalangan, penayangan video, puisi dan teatrikal. Setelah break istirahat dan sholat, acara diisi dengan diskusi tanya-jawab. Pada akhir konferensi, MHTI melalui Iffah Ainur Rohmah S.Pd.I sebagai juru bicara menyerukan pesan untuk pemuda muslim.

“Bangkitlah pada posisi sah Anda sebagai garda terdepan bagi Islam, penjaga dien Anda, dan pelindung umat Anda! Dan bangkitlah pada kewajiban besar Islam Anda untuk menyelamatkan umat manusia dari penindasan dan kegelapan yang menimpanya hari ini, yaitu dengan menegakan negara Khilafah yang mulia! Rangkullah peran sejati Anda sebagai pelopor perubahan hakiki!!”, seru Iffah disambut pekik takbir peserta. Allahu Akbar! [tma/syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Pers Rilis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X