Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.213 views

Surat Terbuka dari Mahasiswa: Pak Menteri Kita Mendustakan Semangat Reformasi

Kepada Yth.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia

Bapak Tjahyo Kumolo

 

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua

Selamat pagi Pak Menteri, semoga pak menteri selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan setiap aktivitasnya, terkhusus menjalankan amanah rakyat Indonesia sebagai Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

Sebelumnya izin memperkenalkan diri pak, saya Muhammad Fauzan Irvan, Mahasiswa Semester 8 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat. Saya dibesarkan di Kampus Pendidikan, kampus yang tidak pernah henti melahirkan para pendidik untuk mencetak generasi masa depan Indonesia. Kampus yang insyaAllah paham betul bagaimana etika, moral, dan nilai sopan santun di terapkan oleh setiap individu dalam menjalankan aktivitas keseharian nya.

Ohiya pak, Kalau bapak di \amanahkan Presiden Jokowi sebagai Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, saya alhamdulillah di kampus di amanahkan oleh Mahasiswa sebagai Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa UPI (BEM Rema UPI). Walaupun sekarang jadi Presiden di Republik Mahasiswa UPI, insyaAllah di masa depan kelak, saya akan menjadi Presiden Republik Indonesia. Mohon doanya pak Menteri.

Selain Presiden BEM Rema UPI, saya juga di amanahkan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Sebagai Kordinator Wilayah Jawa Barat BEM SI, dengan beranggotakan lebih dari 20 Kampus perwakilan dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Sebagai Kordinator Wilayah BEM SI Jawa Barat, sejujurnya saya sangat kaget ketika mendapatkan Informasi bahwa hari ini Tanggal 18 Juni 2018 di Gedung Merdeka Kota Bandung, akan dilaksanakan pelantikan Pelaksana Tugas Gubernur Jawa Barat. Lebih kaget lagi ketika yang akan di lantik sebagai PLT Gubernur adalah Komjen Pol Drs Mochamad Iriawan, seorang Perwira Tinggi Polri.

Pak Menteri YTH, saya pikir kebijakan konyol ini tidak jadi di berlakukan, karena awal tahun lalu banyak gelombang protes dari Masyarakat, Akademisi, Politisi dan Mahasiswa. Terlebih yang paling mencolok adalah Aksi Kartu Kuning Jokowi yang di lakukan oleh Ketua BEM UI Zaadit Taqwa, yang salah satu tuntutanya adalah Menolak PLT Gubernur dari Pati Polri. Ketika itu pak Wiranto selaku Menkopolhukam langsung merespon dengan membatalkan wacana tersebut dan di sepakati oleh Kapolri ( https://m.detik.com/news/berita/3882970/wiranto-batalkan-usulan-polisi-jadi-pj-gubernur-kapolri-sependapat ).

Pak Menteri yang bijaksana, alangkah runyam ]nya tata kelola pemerintahan Pak Jokowi kalau antar kementerian saling merespon sikap yang berbeda, ini kan namanya pak Mendagri membuat pak Menkopolhukam dan Kapolri menelan ludah mereka sendiri. Tentu masyarakat menilai kebijakan ini negatif dan terkesan politis.

Pak Menteri yang baik, di samping itu apa bapak lupa, bahwa dalam UU No 2 Tahun 2002 ayat 3 tentang kepolisian Republik Indonesia dijelaskan bahwa Anggota Polri dapat menduduki amanah di luar Kepolisian setelah mengundurkan diri atau pensiun dari Kepolisian. Seingat pengetahuan saya, Komjen Iriawan masih sebagai Perwira Tinggi Polri aktif. Lalu apa bapak mendustakan ini ?

Pak Menteri YTH , kemudian, di dalam UU No. 10 Tahun 2016 tentang Pilkada pasal 201 ayat 6, di jelaskan bahwa untuk mengisi kekosongan jabatan Gubernur, diangkat pejabat Gubernur yang berasal dari jabatan pimpinan tinggi madya sampai dengan pelantikan Gubernur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Persyaratan Pimpinan tinggi Madya berasal dari kementerian dalam negeri atau pemerintah provinsi sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 4 ayat (1) dan (2) Permendagri No.74 tahun 2016 menyatakan bahwa selama Gubernur menjalani cuti diluar tanggungan negara, maka ditunjuk Pelaksana Tugas Gubernur sampai selesainya masa kampanye. Pelaksana Tugas Gubernur sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berasal dari pejabat pimpinan tinggi madya Kementerian dalam Negeri atau Pemerintah daerah Provinsi.

Nomenklatur jabatan pimpinan tinggi madya tidak termasuk TNI atau Polri. Ruang lingkupnya diatur dalam penjelasan Pasal 19 ayat (1) huruf b Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara.Jabatan pimpinan tinggi madya meliputi sekretaris jenderal kementerian, sekretaris kementerian, sekretaris utama, sekretaris jenderal kesekretariatan lembaga negara, sekretaris jenderal lembaga nonstruktural, direktur jenderal, deputi, inspektur jenderal, inspektur utama, kepala badan, staf ahli menteri, Kepala Sekretariat Presiden, Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Sekretaris Militer Presiden, Kepala Sekretariat Dewan Pertimbangan Presiden, sekretaris daerah provinsi, dan jabatan lain yang setara.

Pertanyaan nya. Apa Komjen Iriawan adalah pimpinan tinggi madya kementerian atau pemerintah daerah provinsi?

Di sisi lain, dengan hadir nya Polisi sebagai PLT Gubernur, berarti menarik kembali institusi Polisi ke Ranah politik praktis. Karena Gubernur adalah jabatan politik. Tentu hal ini telah menciderai nafas Reformasi yang kita perjuangkan 20 tahun silam, yang banyak mengorbankan waktu, pikiran dan bahkan nyawa rakyat indonesia. Bukan hanya minciderai reformasi, ini juga dapat mendistorsi Demokrasi yang kita anut sebagai asas kita bernegara.

Pak Menteri yang semoga Allah Rahmati, kita ketahui bersama bahwa Tugas Pokok dan Fungsi Kepolisan tentu berbeda dengan Tugas Pokok dan Fungsi seorang Gubernur, bahkan berbeda sekali. Apa pak menteri bisa menjamin, pak Iriawan dapat melaksanakan Tupoksi sebagai PLT Gubernur dengan baik seusai tata kelola pemerintahan? Saya bukan meragukan kapasitas beliau, tetapi saya ingin menegakkan jabatan sesuai tupoksi nya, karena itu prinsip Good Governce dan juga prinsip demokasi.

Pak Menteri YTH, dengan adanya kebijakan ini, saya hawatir akan menimbulkan kegaduhan di masyarakat kita. Pasalnya hari ini masyarakat sudah terkotak-kotak-an dengan pilihan politik di pilkada Jawa Barat. Dinamika Politik kita hari ini kental dirasakan politik adu domba, politik amarah dan politik identitas. Seharus nya pak Menteri memiliki sensitifitas yang tinggi melihat dinamika ini, bukan malah menanam api . Terlebih di antara empat paslon jawa barat, terdapat satu palson yang alumni institusi polri, bahkan alumni Kapolda Jawa Barat. Tentu kekahwatiran netralitas PLT Gubernur nanti akan banyak di pertanyakan.

Pak Menteri yang baik, saya yakin bapak masih memiliki hati nurani untuk mendengar aspirasi rakyat seperti saya ini. Alangkah bijaksana dan gagah nya bapak kalau pak menteri mengumumkan di publik seraya mengatakan "Berdasarkan Aspirasi dari masyarakat, dan demi terwujudnya kondusifitas masyarakat, dan tercipatnya kesatuan dan persatuan masyarakat, dengan ini saya membatalkan melantik saudara Komjen Pol,Drs.Mohammad Iriawan, saya akan menggantikanya dari pimpinan tinggi kemendagri atau provinsi madya setingkat."

Wah pak, kalau bapak berani mengatakan demikian, kami rakyat Jawa Barat akan standing applause untuk bapak, karena berdiri dan mendengarkan aspirasi rakyat.

Di akhir surat ini, saya berdoa semoga Bapak Presiden RI, bapak mendagri dan seluruh pimpinan negeri ini di berikan kekuatan dan kesehatan, agar dapat memimpin negeri ini menjadi lebih baik lagi.

Sekian surat terbuka dari saya rakyat jawa barat, semoga dapat bermanfaat untuk semua. Hatur Nuhun.

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Pers Rilis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Hamas 'Bersiap' Hadapi Serangan Darat Zionis Israel di Rafah

Hamas 'Bersiap' Hadapi Serangan Darat Zionis Israel di Rafah

Jum'at, 29 Mar 2024 21:12

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Jum'at, 29 Mar 2024 13:12

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X