Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.653 views

Antara Jokowi dan Jusuf Kalla Beda Mulut Soal Masuknya Indonesia di TPP

JAKARTA (voa-islam.com) - Jadi antara Jokowi dan Jusuf Kalla beda "mulut" soal dukungan Indonesia tentang TPP (Trans Pacipc  Partnersihip) yang menjadi kebijakan Barack Obama sebelum meninggalkan Gedung Putih. Jokowi di depan Obama sudah "berbai'at" mendukung kebijakan Obama yang akan melakukan liberalisasi perdagangan di kawasan Pasipic.

Sementara, Jusuf Kalla menanggapi keputusan Jokowi  yang sudah menyatakan dukungna kepada kebijakan Obama yang akan melakukan liberalisasi perdagangan dan ekonomi kawasan Pasipic, sekarang justru di dalam negeri mendapatkan penolakan, termasuk Jusuf Kalla. "Kepastian Indonesia menjadi anggota Trans Pasific Partnership (TPP) ternyata belum jelas benar. Namun niatnya sudah ada", ungkap Jusuf Kalla.

"Kan baru bermaksud. Amerika pun belum tentu setujui tahun ini. Dibutuhkan waktu, kongres dan masa berlakunya bisa diatur," papar Wapres Jusuf Kalla di Istana Wapres, u, Rabu (28/10/2015).

Sebelumnya, Presiden Jokowi di Washington DC, Amerika Serikat menyampaikan bahwa Indonesia bergabung ke dalam TPP. TPP adalah perjanjian kemitraan ekonomi strategis antara beberapa negara di kawasan Pasifik seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia, Jepang, Selandia Baru, Meksiko, Cile, Peru, serta beberapa negara Asia Tenggara yaitu Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan Vietnam. 

Lebih lanjut,  Wapres mengungkapkan sejumlah manfaat yang bakal didapatkan Indonesia bila masuk Trans Pacific Partnership (TPP). Semisal, potensi pasar bagi produk Indonesia bakal melebar bila menjadi anggota TPP. "Karena sebaran pasar bertambah," kata Kalla.

Dengan melebarnya pasar, lanjut Kalla, menambah minat investor untuk menanamkan modalnya atau membangun industri di Indonesia. "Indonesia harus bisa meningkatkan efisiensi di seluruh bidang produksi, bila ingin investasi masuk dalam jumlah besar," paparnya.

Meski demikian, Kalla menyampaikan perlunya persiapan sebelum masuk menjadi anggota TPP. Agar Indonesia bisa memetik manfaat, tidak hanya dijadikan pasar seperrti dikhawatirkan banyak pihak. "Daya saing itu ya hanya efisiensi. Ya itu juga dorongan untuk kita agar lebih efisien di banding negara lain," kata JK.

Saat ini, menurut Kalla, pemerintah telah mengkaji ulang kesempatan untuk bergabung dengan TPP. Dan, keputusannya adalah perlunya bergabung dalam kerja sama itu. Tujuannya agar pasar bagi produk Indonesia menjadi lebih luas jika bergabung dengan TPP.

Masih menurut Kalla, adanya sejumlah negara Asean masuk TPP, harus disikapi. Apabila ingin terjadi keseimbangan dalam perdagangan dunia, Indonesia juga perlu masuk TPP. "Setelah kita kaji kembali, perlunya bahwa kalau kita tidak bergabung, nanti dalam persaingan-persaingan dengan negara Asean yang bergabung dalam TPP akan tidak seimbang," jelas Kalla.

Mantan Ketum Partai Golkar ini, menyinggung adanya kekhawatiran soal Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia bakal semakin bebas. Dalam artian, kapal asing bisa leluasa masuk, dinilainya tidak benar.

"TPP tidak berarti semua orang dapat mencari ikan di wilayah ZEE Indonesia. Tapi tetap saja ada aturannya. Bahwa perdagangan menjadi lebih terbuka, itu iya," papar Kalla.

Banyak kalangan dan tokoh yang menolak keterlibatan Indonesia masuk dalam TPP, dan memang sesudah Jokowi di depan Obama "berbai'at" mendukung  TPP,  Jokowi mendapatkan "hadiah" berupa investasi kalangan bisnis Amerika senilai $20 miliar dolar, mereka berencana menanamkan modalnya di Indonesia. Jokowi langsung berbinar. hhh. (sasa/dbs/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X