Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.613 views

Liput Aksi May Day di Bandung, Dua Jurnalis Foto Dianiaya Polisi

BANDUNG (voa-islam.com) - Insiden kekerasan terhadap juranlis kembali terjadi di Kota Bandung Jawa Barat.

Dua orang jurnalis foto asal kota Bandung tersebut mendapat perlakuan kekerasan dari aparat kepolisian asal polretabes kota Bandung saat meliput aksi buruh internasional atau may day pada Rabu (01/05) siang di Monumen perjuangan kota Bandung.

Kejadian bermula saat dua jurnalis foto tersebut mencoba mengabadikan kerusuhan aksi yang diduga penyusup pada aksi buruh tersebut. Namun beberapa saat kemudian polisi yang mengamankan demo tersebut menganiya dua jurnalis tersebut, salah satunya mengalami memar pada beberapa bagian tubuhnya.

Ikbal Kusuma Direza salah satu jurnalis foto yang menjadi korban penganiayaan tersebut mengatakan dirinya dianiyaa seusai mengabadikan foto polisi yang tengah menganiaya massa berpakaian hitam-hitam yang diduga penyusup pada aksi May Day di Bandung.

“Awalya saya memotret kerusuhan, gambar kesatu sampai ketiga aman, gambar keempat saya dicekek dan ditendang sampai saya jatuh keselokan,” kata Reza saat ditemui usai dirawat di salah satu Rumah Sakit di Bandung.

Selain ikbal wartawan yang mengalami kekerasan juga adalah jurnalis foto dari Tempo, namun tidak separah yang dialami oleh Reza. Reza juga menjelaskan bahawa dirinya telah menunjukan ID Card persnya namun tetap saja di aniya.

“Saya sudah menunjukan ID Card saya tapi tetap saja saya di teng,” tutur Reza.

Usai mendapat perlakuan tidak mengenakan tersebut, kameranya juga direbut oleh aparat kepolisian dari Polrestabes Bandung tersebut.

“Kamera saya direbut trus foto-fotonya dihapus termasuk foto saat penganiayaan terhadap massa tersebut, bahkan ada massa yang dianiaya hingga berdarah,” pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema mengakui bahwa yang me ganiaya dua jurnalis tersebut adalah anggotanya, jika terbukti ada pelanggaran hukum pihaknya akan siap melakukan proses hukum sesuai prosedur.

“Setelah mendapat informasi bahwa ada rekan media yang diduga dianiaya oleh anggota saya bersama Pak Dandim dan Kabid Humas Polda Jabar langsung melakukan pengecekan di rumah sakit Boromeus saat ini, kita cek sejauh mana, tadi kita sudah liat sudah dilakukan pengobatan,” kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema ditemui saat menjengkuk jurnalis foto yang menjadi korban di RS Boromeus Bandung.

Untuk proses hukum terhadap anggota yang melakukan penganiayaan Kapolrestabes Bandug mempersilahkan untuk melapor di Kasi Propam Polrestabes.

“Untuk proses hukum kami punya Kasi Propam, silahkan saja dilaporkan disitu,” lanjut Irman.

Dirinya juga mengatakan bahwa pihaknya sudah mengetahui terkait nota kesepahaman antara Dewan Pers dan Polri agar tidak ada kekerasan pada wartawan lagi, juga melakukan brifing setiap kali akan melakukan pengamanan.

“Ia kita sudah tau itu, cuman kondisi tadi memang sulit saat pengamanan tadi," lanjutnya.

Sebelumnya pada tahun 2017 Dewan Pers telah melakukan nota kesepahaman anatara beberapa pihak termasuk dengan Kepolisian Republik Indonesia agar tidak ada lagi kekerasan terhadap jurnalis dan tidak ada lagi penyalahgunaan profesi. [ifal/syahid/inanews/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Kamis, 16/05/2024 10:20

Batas Akhir Visa Umrah 23 Mei 2024