Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.428 views

Bagi-bagi Ayam Gratis di Yogyakarta Berlangsung Ricuh

YOGYAKARTA (voa-islam.com) - Bagi-bagi ayam potong gratis sebagai bentuk protes peternak ayam Daerah Istimewa Yogyakarta di Balai Kota Yogyakarta berlangsung ricuh. Warga yang tidak kebagian kupon menyerbu mobil pembawa ayam.

Tiga ratusan orang telah berkumpul sejak pukul 11.00 WIB dan menunggu proses pembagian ayam dijadwalkan mulai pukul 14.00 WIB. Meski tidak kebagian kupon, warga rela berdiri menunggu dan mulai berebut kupon sekitar jam 13.30.

“Saya dapat kabar dari grup media sosial akan ada pembagian ayam gratis di Balai Kota. Tapi prosedur untuk dapat ayamnya tidak ada,” kata Nur Prihatin, warga Timoho, Yogyakarta, di lokasi pembagian ayam, Rabu (26/6/2019).

Menurutnya, ia sempat mendengar kabar agar mengambil kupon di panitia. Namun saat menemui panitia ternyata kupon itu tidak ada. Setelah berdesak-desakan dengan warga lain, Nur akhirnya mendapat satu ayam yang rencananya akan dipelihara.

Di Yogyakarta, pembagian ayam gratis digelar di empat lokasi, yaitu di lapangan Stadion Kridosono, Balai Kota, lapangan parkir Sri Wedari, dan Alun-alun Utara.

Berbeda dengan di Balai Kota, pembagian ayam di Stadion Kridosono berlangsung tertib. Warga menunggu pembagian dengan menaruh helm atau sandal dalam barisan sebagai tanda antre mereka.

Ketua Asosiasi Peternak Ayam Yogyakarta (Apayo) Hari Wibowo mengatakan peternak membagikan ayam gratis sebagai bentuk protes para peternak atas rendahnya harga beli pedagang.

“Sejak Desember 2018 harga di peternak hanya Rp8.000-10.000 per kilogram. Padahal harga jual ke masyarakat Rp28.000-30.000 per kilogram. Daripada rugi, sisa stok ayam yang tidak kami jual kami bagikan ke masyarakat,” katanya.

Peternak berencana membagikan 5.500 ayam. Ternyata anggota Apayo menambah jumlah ayam yang dibagi gratis hingga menjadi 6.500 ayam.

Mengenai warga yang berebut kupon sampai ricuh, Hari menyatakan ia belum sempat berkordinasi dengan aparat karena aksi protes ini dilakukan secara spontan.

Secara terpisah, Dekan Fakultas Kedokterah Hewan Ali Agus mendesak pemerintah segera turun tangan mengatasi harga ayam dengan menetapkan harga acuan atas dan harga acuan bawah untuk bibit, ayam hidup, dan karkas di peternak.

“Ini harus segera dilakukan agar menghindari peternak dan pelaku industri peternakan ayam mandiri ini merugi,” ucapnya.

Ali juga meminta pemerintah perlu memfasilitasi para peternak dan pelaku usaha bisa memiliki usaha pemotongan bersama, gudang penyimpanan, dan infrastruktur perkandangan yang memadai. Pemerintah juga harus segera merestrukturisasi kebijakan di bidang industri perunggasan agar lebih efisen, berkeadilan, dan melakukan pemerataan akses usaha.[gatra/fq/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X