Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.426 views

Waspada Virus Corona, Pemerintah Diminta Perketat Jalur Masuk ke Indonesia

JAKARTA (voa-islam.com)--Baru-baru ini, dunia digemparkan dengan fenomena pneumonia yang disebabkan virus corona. Kasus yang berawal di wilayah Wuhan, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) ini mengakibatkan 17 orang meninggal dan 444 orang terinfeksi.

Sebagaimana kasus wabah penyakit yang disebabkan virus sebelumnya seperti SARS dan H5N1 atau Flu Burung, kasus virus corona ini ditemukan di kawasan lain seperti Jepang, Korea Selatan, dan Thailand sehingga harus segera diantisipasi, agar tidak menyebar ke Indonesia.

Melihat fenomena ini, Netty Prasetiyani anggota Komisi IX DPR RI yang melakukan pengawasan bidang Kesehatan menegaskan, pemerintah harus siap dengan kondisi seperti ini.

“Saya menyambut baik langkah pemerintah yang berupaya membangun kewaspadaan dini dan kesiapsiagaan sebagai upaya pencegahan. Kemenkes mempunyai pengalaman menangani SARS atau flu burung beberapa waktu silam,” ungkap Netty.

Netty menambahkan perlu adanya komunikasi yang efektif dan efisien, agar masyarakat Indonesia terhidar dari virus mematikan tersebut.

“Saya sudah berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan khususnya Dirjen Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit menanyakan langkah yang disiapkan pemerintah serta Rencana Tindak Lanjut (RTL) terkait kejadian virus corona ini," ungkap Netty.

Netty menjelaskan berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan, mereka sudah menetapkan penatalaksanaan melalui penyiapan laboratorium, tenaga medis, ruang isolasi, obat-obatan, dan fasilitas kesehatan untuk penanganan kasus virus corona.

“Saya juga menyarankan pihak Kementerian Kesehatan dapat bersinergi dengan TNI/POLRI dan Kementerian/Lembaga terkait agar penanganan kasus ini dapat komprehensif. Misalnya, memperketat pengawasan jalur pintu masuk Indonesia dari luar negeri, terutama negara terdampak virus, baik di Bandara, Pelabuhan, bahkan Pos Lintas Batas Negara," tutur Netty.

Pengawasan intensif kata Netty, berupa pemeriksaan standar ditambah pemeriksaan kesehatan setiap yang lalu lalang.

“Jika ada tanda yang muncul dapat segera dikarantina dan diobservasi oleh Balai Karantina Kesehatan yang tersebar di Tanah Air," tambah Netty.

Netty juga merespon terkait informasi yang beredar bahwa di Jakarta ada satu orang diindikasi terinfeksi virus ini.

“Adapun info ini, saya sudah mendapat kepastian dari Kementerian Kesehatan bahwa yang bersangkutan bukan terinfeksi corona, hanya ISPA," ujar Netty selepas melaksanakan agenda kunjungan kerja Komisi IX DPR RI di Mataram provinsi Nusa Tenggara Barat.

Perhatian yang besar dari legislator Fraksi PKS ini ditunjukkan juga kepada masyarakat di dapilnya.

“Saya sudah berkomunikasi dengan kepala dinas kesehatan di dapil saya, Kota/Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu untuk memastikan kesiapan di daerah. Apabila menemukan kasus dengan gejala seperti virus corona ini dapat segera ditangani,” jelas dia.

Sebagaimana diketahui, bahwa virus ini menular dari hewan ke manusia dan WHO belum mengeluarkan hasil investigasi apakah virus ini dapat ditularkan dari manusia ke manusia.

” Saya menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik, tetap tenang, dan jangan lupa membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) setiap hari sebagai pencegahan. Kalau merasakan gejala pneumonia seperti demam, batuk, dan sukar bernafas agar segera berobat ke Puskesmas dan Rumah Sakit terdekat. Pemerintah sudah menyiapkan 100 rumah sakit rujukan untuk kasus flu burung," imbau Netty

Adapun bagi masyarakat yang harus berpergian ke negara tempat berkembangnya virus corona, Netty berpesan, “Tetap waspada dan mengikuti perkembangan kesehatan dari petugas, serta hindari tempat endemik penyebaran virus ini seperti pasar ikan dan lain-lain,”  tutup Netty.* [FPKS/Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X